Kebugaran Jasmani

10 Makanan Untuk Kesehatan Tulang


Ketika Anda  ingin membentuk tulang yang kuat, ada dua nutrisi utama yang perlu Anda konsumsi yaitu  kalsium dan vitamin D. Kalsium membentuk struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Jika Anda terkena osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan adanya tulang rapuh atau keropos, maka mendapatkan banyak kalsium dan vitamin D dapat memperlambat penyakit dan mencegah patah tulang.

Orang yang berusia sampai usia 50 tahunan harus mendapatkan asupan 1.000 miligram kalsium dan 200 internasional unit (IU) vitamin D sehari. Sedangkan mereka yang berusia  di atas 50 tahunan harus mendapatkan 1.200 miligram kalsium dan 400 sampai 600 IU vitamin D.


makanan tulang sehat


Berikut ini ada beberapa makanan yang sangat cocok dalam membangun dan membentuk tulang Anda yang sehat.

Yogurt 
Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu seperti yogurt, juga merupakan sumber nutrisi tulang yang unggul. Satu cangkir yogurt bisa menjadi cara yang enak untuk mendapatkan kalsium harian Anda.

Susu 
Delapan ons susu bebas lemak bisa menyediakan  30% kebutuhan dari dosis harian kalsium. Pilih merek susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda.  Usahakan minum susu sebanyak tiga gelas sehari.

Keju
Keju memang banyak mengandung kalsium, namun bukan berarti Anda perlu memakan lebih banyak keju.  Ukuran 1,5 ons  keju cheddar ternyata mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium Anda. Kebanyakan keju juga mengandung sedikit vitamin D, sehingga belum bisa mencukupi untuk  kebutuhan sehari-hari Anda.

Sarden 
Ikan yang sering diawetkan dalam kaleng ini, memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi, disamping  memiliki rasa gurih dan lezat.

Telur
Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D dari kebutuhan harian Anda, namun makanan ini dapat dengan cepat dan mudah untuk mendapatkannya. Hanya saja, untuk mendapatkan vitamin D-nya, Anda hanya perlu mengkonsumsi kuning telurnya saja.

Ikan salmon 
Salmon dikenal karena memiliki kandungan asam lemak omega-3  yang menyehatkan jantung, tapi 3 ons  salmon mengandung lebih dari 100% vitamin D. Jadi, ikan ini cocok untuk makanan jantung dan tulang Anda.

Bayam 
Jika Anda dilarang makan produk susu, bayam bisa dijadikan cara favorit untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang telah dimasak bisa mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda, selain mengandung serat, zat besi, dan vitamin A.

Sereal 
Bila Anda tidak punya waktu untuk memasak salmon atau berjemur di bawah sinar matahari, sereal bisa menjadi cara lezat untuk mendapatkan vitamin D.

Ikan tongkol 
Tuna dan ikan berlemak lainnya, merupakan sumber yang baik dari vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda.

Jus jeruk 
Segelas jus jeruk segar dipercaya banyak mengandung nutrisi. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dalam penyerapan kalsium.



============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Makanan
Back To Top