Kebugaran Jasmani

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Jaringan Parut



Cara mengobati bekas parut - Jaringan parut selalu menjadi bahan perhatian bagi banyak orang karena berhubungan dengan kecantikan. Jaringan ini adalah jaringan yang menggantikan kulit normal ketika kulit lapisan pertama telah rusak. Kerusakan dapat terjadi karena beberapa alasan seperti luka bakar ringan, luka, goresan, jerawat, infeksi jamur, gigitan atau beberapa jenis operasi.

Secara teknis, jaringan parut adalah jenis yang sama dengan jaringan kulit yang sehat, tapi kelihatannya berbeda karena serat dalam jaringan ini disusun secara berbeda.

Jaringan parut tidak menyebabkan rasa sakit, tapi sudah pasti menjadi perhatian dalam hal kecantikan dan begitu banyak orang mencari berbagai pilihan untuk menyingkirkannya sebagai bentuk bekas luka.

Anda dapat mencoba beberapa solusi alami untuk membantu memudarkan dan meminimalkan jaringan parut. Ingatlah, hasilnya mungkin berbeda dari setiap orang, tergantung pada kedalaman dan keparahan masalah. Jaringan parut juga cenderung memudar secara alami selama periode waktu tertentu.


Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Jaringan Parut


Berikut adalah 10 cara menghilangkan bekas luka pada jaringan parut.

Minyak kelapa 
Minyak kelapa memiliki asam lemak rantai menengah yang berfungsi sebagai antioksidan, mencegah dan membalikkan kerusakan radikal bebas. Minyak ini secara efektif dapat merangsang produksi kolagen dan melembutkan kulit untuk mempercepat proses penyembuhan. Cara pembuatannya, hangatkan 1 sendok teh minyak kelapa extra-virgin dalam microwave.  Oleskan minyak hangat ini ke daerah yang terkena, pijat secara lembut dengan menggunakan gerakan melingkar kecil sampai minyak terserap. Ulangi beberapa kali setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Aloe Vera 
Lidah buaya dikenal karena kemampuannya untuk meregenerasi jaringan kulit dan dapat membantu mengurangi ukuran dan penampilan bekas luka. Kandungan nutrisinya yang bersifat menenangkan dan melembabkan, akan meningkatkan elastisitas jaringan parut dan membantu mengurangi peradangan.  Cara bikinnya, potong daun lidah buaya sebanyak dua lembar dan peras untuk diambil gelnya. Oleskan gel pada bekas luka dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan hingga kering sendiri, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali setiap hari selama 1 atau 2 bulan.

Vitamin E 
Vitamin E adalah satu lagi obat yang sangat populer untuk menyingkirkan jaringan parut. Vitamin E merupakan antioksidan yang efektif dan memiliki kandungan pelembab yang membantu merevitalisasi dan menutrisi kulit plus dapat merangsang pembentukan kolagen, yang meningkatkan tekstur kulit dan kekuatan. Bagaimana cara membuatnya ? Ekstraklah cairan dari sebuah kapsul vitamin E dan menerapkannya pada bekas luka 2 atau 3 kali sehari selama beberapa minggu. Anda juga dapat menggunakan vitamin E dalam bentuk cream ditambah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin E seperti almond, minyak safflower, hazelnut dan selai kacang.

Jus lemon
Jus lemon adalah jus yang sangat efektif untuk menangani jaringan parut. Lemon memiliki alpha hydroxy acids (AHA) yang membantu mengangkat sel kulit mati dan melakukan regenerasi serta memperbaiki kerusakan kulit. Ia juga bekerja sebagai pemutih alami untuk membantu meringankan bekas luka serta noda. Caranya, terapkan  jus lemon segar pada daerah yang terkena. Biarkan hingga kering selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih dan keringkan. Selanjutnya, terapkan pelembab kulit. Praktekkan resep ini dua kali sehari selama beberapa minggu sampai Anda puas dengan hasilnya.
Yang perlu diingat bahwa jus lemon ini dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap cahaya, sehingga sebaiknya selalu memakai tabir surya sebelum pergi ke luar.

Cuka apel
Ramuan lain yang sangat baik untuk menyingkirkan jaringan parut adalah cuka apel. Sifat asamnya akan mengelupaskan kulit yang terkena dan mengangkat kulit mati, yang pada gilirannya akan mengurangi munculnya bekas luka.  Gimana caranya ? Celupkan  kapas dalam cuka apel dan mengoleskannya pada daerah yang terkena. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian mencucinya dengan air. Selanjutnya pakai lotion pelembab. Lakukan perawatan ini beberapa kali setiap hari selama beberapa minggu. Yang perlu diingat, jika cuka apel ini menyebabkan iritasi kulit, sebaiknya encerkan dengan air sebelum menggunakannya.

Minyak Lavender 
Kandungan nutrisi pada minyak esensial lavender bersifat  meremajakan sel kulit yang dapat membantu  mengobati bekas luka jaringan dan bekas luka keloid. Hal ini membantu meningkatkan tingkat pergantian sel kulit, yang pada gilirannya mencegah bekas luka dari menjadi permanen. Cara pakainya, oleskan beberapa tetes minyak esensial lavender pada bekas luka. Pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar selama 10 sampai 15 menit sehingga minyak menembus jauh ke dalam kulit. Pilihan lain adalah untuk mencampur jumlah yang sama dari minyak lavender dan minyak zaitun, lalu menerapkannya pada daerah yang terkena dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Praktekkan salah satu dari resep ini dua kali sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang positif.

Madu
Madu adalah pelembab alami, sering digunakan untuk mengobati jaringan parut. Madu dapat merangsang regenerasi jaringan serta mencegah pertumbuhan kolagen berlebih dan akumulasi kulit mati.  Caranya, oleskan madu asli pada daerah yang terkena dan pijat selama 10 menit. Biarkan selama sekitar 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari selama beberapa minggu. Pilihan lain adalah mempersiapkan  2 sendok makan madu asli dan 1 sendok makan baking soda, lalu dicampurkan. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena, pijat selama 2 sampai 3 menit lalu tempelkan handuk yang telah diberi air hangat pada area tersebut. Ketika kain telah dingin, bersihkan area itu. Ulangi 3 atau 4 kali seminggu selama beberapa bulan.

Cocoa butter
Cocoa butter juga dapat membantu mengobati jaringan parut. Cocoa butter adalah  pelembab alami yang dapat melembabkan jauh ke dalam lapisan kulit, disamping kaya akan vitamin E yang membantu perbaikan kulit. Caranya, cukup cuci dulu kulit yang terkena lalu gosok-gosok pakai kain kasar  dan keringkan. Pijat kulit tersebut sambil memakai sesendok cocoa butter murni dengan gerakan melingkar. Ulangi hingga 3 kali sehari selama beberapa minggu.

Bubuk cendana
Bubuk cendana adalah satu  obat tradisional yang baik untuk menghilangkan jaringan parut. Cendana memiliki sifat kulit regenerasi yang dapat mengurangi dan meringankan bekas luka. Cara buatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk cendana murni dengan air mawar secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena sebelum tidur. Biarkan sampai kering sepenuhnya dan kemudian mencucinya keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan setiap hari ini selama 1 sampai 2 bulan.

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat menyembuhkan bekas luka yang kuat yang membuatnya menjadi obat ideal untuk menghilangkan jaringan parut. Karena minyak ini sangat kuat, sebaiknya encerkan dengan air sebelum menggunakannya.  Caranya, tambahkan 2 tetes minyak pohon teh dengan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Lalu menerapkannya pada daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu. Pilihan lain adalah dengan menambahkan 2 atau 3 tetes minyak pohon teh ke 1/2 cangkir air hangat. Gunakan untuk mencuci daerah yang terkena dua kali sehari selama beberapa minggu. Anda juga dapat mencuci daerah yang terkena menggunakan sabun yang dibuat dengan minyak pohon teh dua kali sehari.

Tips tambahan cara menghilangkan bekas luka pada jaringan parut
  • Anda dapat menghancurkan 2 aspirin dan tambahkan air untuk membuat pasta dan menerapkannya pada bekas luka itu dua kali sehari.
  • Anda juga dapat menerapkan pasta gigi putih untuk membantu bekas luka penyembuhan.
  • Pijat daerah dengan minyak untuk melunakkan jaringan kulit mati dan mengurangi ukuran bekas luka.
  • Menggunakan suplemen vitamin C juga dapat memfasilitasi proses penyembuhan.
  • Makan makanan yang kaya beta-karoten serta seng.
  • Minum banyak air sepanjang hari untuk mencegah kulit dehidrasi.
  • Hindari menusuk atau menggaruk jaringan dengan kuku atau alat tajam lainnya.
Perawatan alami ini mungkin memerlukan waktu untuk menunjukkan hasil, tetapi pengobatan ini kurang abrasif dan berbahaya daripada pengobatan kimia atau pembedahan. Dengan obat alami ini akan membantu mengembalikan kemampuan alami kulit Anda untuk penyembuhan.

Baca juga :
cara menghilangkan parut di muka dengan cepat


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top