Kebugaran Jasmani

Solusi Untuk Mengobati Luka Sayat dan Luka Gores


Luka minor/luka kecil dan luka gores adalah beberapa cedera yang paling umum terjadi pada kulit kita. Hal ini terjadi ketika lapisan  kulit luar kita terluka/terpotong atau tergores.

Luka biasanya menembus lebih dalam ke dalam kulit dan bisa menyebabkan perdarahan serta nyeri. Hal ini mungkin terjadi akibat dari kecelakaan saat menangani benda tajam seperti pisau atau pecahan kaca.

Luka gores adalah hasil dari gesekan pada kulit terhadap permukaan benda kasar, sehingga menyebabkan permukaan kulit luar terluka. Hal ini dapat menyakitkan dan bisa berdarah walau hanya sedikit. Biasanya, luka goresan akan mencakup area yang lebih besar daripada terkena sayatan atau luka minor.

Akhirnya penampakan keropeng akan membentuk lebih besar dari daerah yang terkena luka. Luka minor dan luka gores dapat dengan mudah diobati di rumah jika cedera tersebut tidak terlalu dalam dan tidak perlu dijahit.

Ketika kita terkena luka atau gores, pertama yang dilakukan adalah menghentikan pendarahan dengan menerapkan tekanan ke daerah tersebut dengan kain bersih, tisu atau jari-jari Anda. Setelah pendarahan berhenti, bersihkan daerah secara menyeluruh dengan sabun antiseptik dan air.

Sekarang Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan tradisional dan sederhana serta mudah untuk memfasilitasi proses penyembuhan dan mencegah infeksi.


Solusi Untuk Mengobati Luka Sayat dan Luka Gores


Berikut ini adalah 10 solusi untuk mengobati luka sayat dan luka gores.


Madu 
Madu adalah obat yang bisa dipakai sejak lama untuk mengobati  luka kecil, karena mempunyai beberapa enzim yang ramah di kulit dan mempunyai sifat antibakteri alami. Madu juga membuat daerah yang terkena luka menjadi lembap, bersih dan bebas dari infeksi untuk memfasilitasi penyembuhan.

Caranya, lumasi daerah yang terkena luka dengan madu murni, lalu balut dan biarkan selama 1 jam.
Selanjutnya copot perban dan bilas daerah luka dengan air.  Lakukan pengobatan ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.

Bawang putih
Bawang putih adalah resep zaman dulu untuk penyembuhan luka sayat dan luka gores karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi di dalamnya. Sifat ini akan memfasilitasi penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Bawang putih juga memiliki senyawa antimikroba yang disebut allicin yang membantu mencegah infeksi.

Cara bikin ramuan untuk menyembuhkannya, bubukkan satu siung bawang putih, campurkan dalam sedikit madu, dan kemudian letakkan di daerah yang terkena luka selama 5 sampai 10 menit. Selanjutnya buang ramuan tersebut dan bersihkan area dengan air hangat lalu tutupi dengan perban. Anda juga dapat mencampur 3 siung bawang putih yang dipotong-potong dalam 1 segelas anggur (wine). Diamkan selama 2 sampai 3 jam, lalu saring. Terapkan ramuan ini dengan kain bersih untuk membersihkan luka sayat. Ulangi salah satu dari resep ini 2 kali sehari sampai kulit sembuh sepenuhnya. Tapi, jika bawang putih menyebabkan iritasi kulit, berhentilah  menggunakannya.

Cuka
Cuka putih memiliki keasaman ringan, karena asam asetat yang ada didalamnya dapat membersihkan dan mensterilkan luka. Sifat zat dan antiseptiknya juga membantu dalam mencegah infeksi.

Cara bikinnya, campurkan 1 sendok makan garam dalam 2/3 gelas air hingga garam benar-benar larut.
Tambahkan 1 sendok teh cuka dan aduk sampai rata. Rendamlah sedikit kapas dalam larutan ini dan kemudian menerapkannya pada luka yang masih baru. Ulangi proses ini setiap 2 sampai 3 jam. Praktekkan selanjutnya setiap hari sampai kulit Anda terlihat lebih baik.

Lidah buaya
Anda juga dapat menggunakan lidah buaya untuk mempercepat waktu penyembuhan luka sayat dan gores. Sifatnya yang menenangkan, anti-inflamasi dan antibakteri, telah direkomendasikan oleh para ahli untuk memfasilitasi penyembuhan luka ringan.

Caranya, pilihlah batang kecil dari tanaman lidah buaya dan ekstrak gelnya. Oleskan gel pada daerah yang terkena luka dan biarkan hingga kering sendiri. Ulangi setiap beberapa jam.

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati luka ringan dan luka gores. Ramuan ini akan melawan infeksi, meningkatkan penyembuhan dan membantu menenangkan rasa sakit.

Cara membuatnya, campur sekitar 1/2 sendok makan minyak pohon teh ke dalam 1 cangkir air hangat. Lalu pakailah ramuan ini untuk membilas bekas luka kulit di sekitarnya dua kali sehari. Atau, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan minyak almond atau minyak zaitun. Terapkan ramuan ini pada daerah yang terkena luka 2 atau 3 kali sehari.


Kunyit 
Kunyit adalah salah satu herbal yang sangat berguna untuk mengobati luka kecil dan luka gores karena antiseptik, sifat anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya dapat membantu menghentikan pendarahan, mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

Untuk menghentikan aliran darah dari luka, tempatkan sedikit bubuk kunyit di atasnya dan tekan dengan lembut. Untuk membantu penyembuhan, siapkan pasta dari kunyit dan air yang cukup dan menerapkannya pada daerah yang terkena luka. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

Calendula


Calendula


Calendula juga dikenal sebagai marigold, adalah herbal antiseptik yang dapat mengurangi peradangan, memperlambat pendarahan, mengurangi rasa sakit dan mendorong penyembuhan luka dengan cepat.

Caranya, tambahkan 1 sendok makan bunga calendula kering ke dalam satu cangkir air dan didihkan selama 5 menit. Saring dan biarkan hingga dingin. Gunakan ramuan iniuntuk mencuci daerah yang terkena luka 2 atau 3 kali sehari. Anda juga dapat menerapkan krim calendula dan lotion pada daerah yang terkena beberapa kali sehari untuk meningkatkan pertumbuhan kulit baru dan penyembuhan dengan cepat.

Plantain


Plantain


Plantain adalah obat lain yang populer untuk mengobati luka ringan dan luka gores. Tanaman ini memiliki sifat pembersihan, anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi. Plantain mengandung allantoin yang dapat menyembuhkan kulit yang terluka dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Caranya, hancurkan daun plantain beberapa saja untuk mengekstrak jusnya yang ampuh. Terapkan daun yang hancur ini di daerah yang baru saja dibersihkan dari likan dan biarkan selama beberapa jam. Anda juga dapat menggunakan minyak atau salep plantain pada luka untuk memfasilitasi proses penyembuhan. Lakukan salah satu dari obat ini, 2 atau 3 kali sehari sampai luka sembuh.


Komprei


Komprei


Komprei sangat bagus untuk mengobati luka dangkal dan gores. Tanaman ini memiliki allantoin yang membantu menyembuhkan luka dan mampu mendorong pertumbuhan jaringan baru yang sehat dan mengurangi risiko jaringan parut.

Caranya, tambahkan 1 sendok makan komprei yang telah dikeringkan untuk 1 cangkir air panas. Tutup dan biarkan selama 15 menit. Lalu saring dan biarkan hingga dingin. Gunakan ramuan ini untuk membersihkan daerah yang terkena luka, 2 atau 3 kali sehari. Daun komprei segar  juga dapat digunakan dengan cara menggosokan secara langsung pada luka kecil, atau Anda dapat menerapkan salep komprei pada daerah yang terkena luka beberapa kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Bawang merah
Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba dan membantu mengobati luka kecil dengan cepat. Bawang juga memiliki bahan kimia seperti senyawa sulfur dan quercetin yang dapat mengurangi rasa sakit.

Carane, potong bawang segar menjadi potongan-potongan yang agak tebal dan gosokkan saja pada kulit yang terkena luka. Kalau pedih, ya biarin saja. Ulangi beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.

Tips atau solusi tambahan untuk mengobati luka sayat dan luka gores.
  • Menutupi area yang terkena luka dengan plester atau kasa untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi timbulnya jaringan parut. Jangan menutupinya terlalu erat, harus ada sedikit sirkulasi udara yang diperlukan untuk memfasilitasi penyembuhan. Ganti balutan setiap hari untuk mencegah infeksi.
  • Menjaga area supaya tetap lembap untuk mempercepat penyembuhan, mencegah retak dan mengurangi timbulnya jaringan parut.
  • Jika timbul keropeng, jangan mencungkilnya karena dapat menyebabkan infeksi dan mengganggu penyembuhan.
  • Melindungi daerah luka dari sinar matahari langsung untuk menghindari penggelapan kulit.
  • Makan makanan yang kaya vitamin A, C dan E untuk membantu dalam proses penyembuhan.
  • Meningkatkan asupan protein  untuk mempercepat waktu pemulihan.
  • Minum banyak air untuk menjaga tubuh dan kulit terhidrasi.
Segera ke dokter jika mengalami luka terlalu dalam, perdarahan tidak dapat dihentikan atau ada tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, nanah, demam dan rasa sakit yang hebat.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Mengobati Luka
Back To Top