Kebugaran Jasmani

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Rusak Akibat Pengaruh Cahaya


Mata merupakan salah satu dari panca indera yang wajib kita syukuri keberadaanya. Coba bandingkan nikmat melihat kita dengan orang yang dari lahir tidak atau belum bisa menikmati indahnya dunia. Sungguh sangat sayang apabila nikmat mata ini disia-siakan begitu saja, tidak disyukuri. Oleh karenanya, sudah sepatutnya kita mensyukurinya dengan cara menjaga kesehatan mata kita.

Kita tahu bahwa mata bisa melihat karena bantuan atau kehadiran adanya sumber cahaya, baik itu dari lampu alami semisal matahari ataupun lampu buatan manusia seperti cahaya dari lampu listrik. Namun sayangnya tidak semua cahaya bisa ikut menjaga kesehatan mata kita. Ada kondisi dimana cahaya justru bisa merusak kesehatan mata kita. Misalnya kita menggunakan penglihatan untuk membaca di ruangan yang redup atau kurang pencahayaannya. Ini harus dihindari, karena mata kita akan berjuang secara ekstra memelototi buku yang kurang jelas tulisan atau gambarnya.

Begitu juga ketika membaca di tempat yang cahayanya menyilaukan, misalnya membaca di tanah lapang ketika matahari sedang terang-terangnya. Ini jelas akan merusak mata kita, karena warna putih pada buku akan memantulkan sebagian besar cahaya pada mata kita sehingga membuat pandangan menjadi silau. Oleh karena itu pengaturan tata cahaya lampu pada ruangan baca atau ruangan kerja di depan komputer sangat mutlak diperlukan sehingga mata menjadi terasa nyaman ketika membaca atau menonton tv atau kerja di depan komputer. Begitu juga pengaturan pencahayaan monitornya itu sendiri mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan mata kita disamping waktu atau interval bekerja atau menonton juga harus diatur jangan sampai terlalu lama, karena mata juga butuh istirahat.


Cara Menjaga Kesehatan Mata


Bagi sobat yang pekerjaanya di lapangan di bawah pancaran sinar matahari, tentu harus punya cara untuk menjaga kesehatan mata kita. Diantaranya, dianjurkan untuk memakai kacamata anti ultra violet. Pilihlah kacamata anti UV yang setidaknya bisa memantulkan radiasi sinar UV sebesar 98 %. Tujuannya adalah agar terhindar dari kontak langsung mata dengan sinar matahari yang mengandung ultra violet yang apabila keseringan, hal ini tentu akan merusak mata kita dan bisa menimbulkan katarak dan degenerasi makula.

Begitu juga bagi sobat yang kerjanya harus melihat cahaya seperti tukang las, dianjurkan memakai kacamata anti silau khusus pengelasan agar mata kita tidak cepat rusak disamping juga sebagai pelindung percikan api. Jangan biasakan melihat sinar lasan secara langsung, karena lama kelamaan akan merusak mata kita.

Untuk sobat-sobat yang akan melakukan perjalanan umroh, jangan lupa bawa kacamata hitam untuk dipakai di sana. Karena pelataran Masjidil Haram kan warnanya putih dan cukup menyilaukan sehingga bagi yang belum terbiasa beradaptasi, coba deh pakai kacamata hitam untuk melindungi silauan atau pantulan tersebut. Kalau Saya sih langsung bisa beradaptasi, jadi nggak perlu pakai kacamata hitam, kecuali waktu melakukan kunjungan-kunjungan tempat-tempat bersejarah seperti makam Quba, lapangan Arafah dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips kesehatan khususnya  cara menjaga kesehatan mata dari pengaruh cahaya yang merusak yang bisa Saya sampaikan, disamping juga perlu ditunjang dengan suplai makanan atau minuman yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Mata
Back To Top