Obat Batuk Tradisional Untuk Anak 6 Tahun

Kalau kemarin Saya sempat ngasih info kesehatan tentang obat sakit tenggorokan alami, kali ini Saya juga akan ngasih info tentang hal yang berkaitan erat dengan dengan sakit tenggorokan yakni batuk. Awalnya sih lihat anak Saya yang bungsu mengalami batuk-batuk beberapa hari yang lalu. Mungkin karena perubahan cuaca menuju musim kemarau kali ya, banyak orang baik anak maupun dewasa yang sekarang ini sering kelihatan uhuk-uhuk, batuk melulu.

Saya sendiri sengaja nggak ngasih obat kimiawi dulu, karena anak Saya punya asma, nggak tahu kenapa kalau dikasih obat batuk atau obat flu, bukan batuknya malah berkurang, tapi asmanya malah kambuh. Makanya, Saya nyari solusi untuk menemukan obat batuk tradisional khususnya buat anak Saya yang masih berumur enam tahunan lebih.

Hasil dari pencarian berjam-jam dalam menemukan obat batuk tradisional untuk anak yang berasal dari berbagai sumber yang terpercaya, akan Saya share di bawah ini :


Obat Batuk Tradisional

Obat Batuk Tradisional

Lemon dan madu
Lemon atau jeruk nipis berguna dalam mengobati radang dan infeksi, sedangkan madu yang penuh dengan nutrisi sangat baik dalam membunuh bakteri atau virus.  Cara bikinnya, sediakan air perasan lemon sebanyak satu sendok makan, 4 sendok makan madu dan 5 sendok makan air putih. Kalau nggak punya madu, orang tua dulu biasa memakai kecap. Campurkan semuanya lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

Kencur dan madu
Kencur ini sudah dikenal bisa meringankan batuk anak. Cara bikinnya, sediakan 5 gram kencur lalu diparut dan 2 sendok makan air putih. Digabungkan dan diperas untuk diambil airnya. Tambah dengan satu sendok makan madu lalu diaduk dan diminumkan. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Madu
Kalau kebetulan di rumah tidak ada lemon atau kencur dan yang ada hanya madu saja, maka kita bisa menggunakan madu saja untuk mengobati batuk. Caranya, minumlah madu 1-2 sendok teh sebelum tidur dan pagi atau siang hari dengan dosis yang sama, niscahya bisa meredam batuk anak kita. Selain buat anak, orang dewasa yang terkena batuk pun bisa menggunakan madu sebagai obat tradisional batuk.

Kencur dan jahe
Sediakan kencur dan jahe yang telah dimemar-memar. Campur dengan air putih sebanyak satu gelas lalu rebus hingga air tersisa setengah gelas. Setelah dingin campur dengan perasan jeruk nipis dan madu masing-masing satu sendok makan. Lalu diminum, bisa juga dicampur dengan gula pasir untuk pemanis.

Kalau ditanya resep obat batuk alami mana yang paling mudah dan praktis, menurut Saya sih minum madu paling gampang, karena anak juga kayaknya senang dengan yang manis-manis. Tapi kalau mau membiasakan anak untuk minum jamu, coba deh pakai campuran kencur atau jahe agar anak terbiasa.


Tag : Obat
Back To Top