Kebugaran Jasmani

Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami


Bagaimana pun mata merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi manusia sehingga termasuk panca indera utama. Tanpa mata, hidup akan terasa lebih sempit, makanya berbahagialah dan bersyukurlah kita bisa melihat secara normal, jangan sia-siakan mata kita untuk melihat-lihat hal yang tidak disukai Tuhan dan melihat hal-hal yang justru merusak kesehatan mata kita. Makanya, wajiblah hukumnya kita yang telah dikarunai dua buah bola mata ini, harus menjaga kesehatan mata kita sekuat tenaga jangan sampai rusak secara zhahir dan juga bathin.

Rusak secara zhahir artinya, jangan sampai mata kita rusak akibat melihat benda yang terlalu banyak mengandung radiasi, semisal melihat layar monitor komputer tanpa jeda istirahat, nonton acara tv berlama-lama, main game berjam-jam, 'ngupdate' status facebook di tablet atau smartphone sampai lupa waktu makan dan shalat, berjalan di tempat berpolusi tanpa pelindung mata, naik motor tanpa helm berkaca dan lain sebagainya sehingga otomatis bisa menyebabkan mata sakit, mata lelah bahkan mata minus. Adapun rusak secara bathin maksudnya jangan sampai mata kita digunakan untuk melihat hal-hal yang dilarang dalam agama semisal melihat aurat wanita lain secara sengaja, nonton film-film berbau 'porosot nonghol', membaca buku-buku berbau 'musem', menonton pertandingan sesuatu beraroma 'judai' dan lain sebagainya. Itu semua, tentu saja akan merusak kesehatan mata dan wajib kita hindari sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas karunia mata yang telah Dia berikan. Blog info kesehatan kali ini akan berbagi bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami yang mudah dilakukan dan tanpa efek samping yang merugikan khususnya untuk kesehatan mata dan juga tubuh secara keseluruhan. Yang harus kita lakukan sebenarnya sangat sederhana, diantaranya :

Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami


  • Banyak makan wortel. Kenapa ? Karena wortel mengandung beta karoten yang berguna dalam menjaga kesehatan mata terutama dalam kemampuan akomodasi mata serta meminimalisir resiko degenerasi mata pada orang yang lanjut usia.
  • Banyak makan sayuran berwarna hijau karena mengandung karotenoid yang bisa menimalisir resiko katarak dan kekurangan penglihatan akibat gangguan retina seperti bayam, kangkung dan selada.
  • Banyak makan buah semacam bery-beryan seperti strawberry dan cery karena bisa menangkal radikal bebas yang bisa menerjang mata akibat polus udara.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, B12, C dan E atau suplemen dari vitamin tersebut.
  • Mengompres mata dengan irisan mentimun dengan tujuan agar mengurangi rasa lelah mata dan meminimalisir pembentukan kantung mata. Cukup simpan potongan mentimun di atas kelopak mata sehingga efek dinginnya terasa.
  • Tidak terlalu lama di depan laptop atau kasih jeda setiap 20 menit untuk istirahat selama 20 deti dengan mengalihkan pandangan ketempat lain yang jaraknya kira-kira 20 meter. Lebih bagus lagi kalau monitornya dikasih filter anti radiasi sehingga terasa teduh dimato, atur juga kekontrasan monitor dan pencahayaan ruangan.
  • Pakai penerangan yang cukup ketika kita membaca atau lagi nonton tv serta ambil posisi duduk tegak jangan sambil tiduran.
  • Jika sering beraktifitas di lapangan, sebaiknya pakai kacamata anti radiasi ultra violet atau kaca mata hitam untuk meminimalisir kerusakan mata akibat radiasi tersebut. Selain itu, melihat cahaya matahari secara langsung atau lampu yang terlalu terang juga bisa merusak mata kita.
  • Tidak terlalu sering menggunakan tetes mata dan juga tidak terlalu lama menggunakan lensa kontak atau lensa mata.
  • Cukup istirahat atau tidur.
Kiranya itulah beberapa point penting seputar cara menjaga kesehatan mata secara alami yang bisa Saya sampaikan, semoga bermanfaat buat sobat-sobat semua.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Mata
Back To Top