Kebugaran Jasmani

Makanan Untuk Mempercepat Perbaikan Luka Pada Kulit


Informasi tentang makanan untuk mempercepat perbaikan luka pada kulit ini Saya cari karena kebetulan istri Saya jatuh saat belajar naik motor. Tentunya disamping obat peredam nyeri dan antibiotik, kali ini Saya pun ingin berbagi tentang jenis makanan tersebut agar nantinya sobat semua yang kebetulan mengalami hal yang sama bisa segera mengantisipasinya dengan cara banyak mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini. Mengapa demikian ? Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya akan mempercepat proses penggantian sel-sel yang rusak. Nutrisi yang dibutuhkan berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang jumlahnya harus lebih banyak dari biasanya.

Makanan tinggi protein
Makanan yang kandungan proteinnya tinggi antara lain ikan terutama ikan gabus, putih telur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan kacang-kacangan terutama kacang panjang. Asam amino yang terdapat dalam protein bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Asam amino diperlukan untuk sintesis protein struktural seperti kolagen dan untuk melakukan sintesa protein yang berperan di dalam respon imun.

Makanan yang mengandung vitamin
Vitamin A membantu pembentukan jaringan yang luka. Vitamin B1 berguna dalam mensintesis kolagen. Vitamin B5 untuk mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C diperlukan untuk sintesa kolagen. Vitamin C merupakan merupakan antioksidan untuk mencegah penyakit, membantu melindungi sel dari radikal bebas dan membantu dalam penyembuhan luka. Sumber makanan yang kaya akan vitamin C adalah cabai merah, jeruk, lemon, berri-berian terutama stroberi, apel, kiwi, mangga, pepaya, pisang, sayuran hijau, brokoli, tomat, ubi-ubian dan kentang panggang. Vitamin E untuk membantu menghilangkan bekas luka.

Makanan yang mengandung mineral penting
Mineral yang dibutuhkan adalah zat besi dan seng (zinc). Zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin merupakan senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan. Oksigen ini penting dalam metabolisme sel dan proses penyembuhan luka. Makanan yang mengandung zat besi antara lain kerang, hati, bayam dan daging merah. Zinc mempunyai peranan khusus dalam metabolisme kulit dan jaringan ikat sehingga bisa mempercepat penutupan luka akibat proses operasi. Kemampuan Zinc dalam mempercepat penutupan luka ini disebabkan karena zinc mempunyai peranan yang penting dalam sintesa protein dan proses replikasi sel. Makanan yang mengandung seng antara lain ikan laut, kerang, daging merah, susu dan kacang-kacangan.

Makanan berlemak
Contoh makanan yang mengandung lemak baik diantaranya alpukat, minyak zaitun, ikan salmon dan ikan tuna.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang luka. Semoga bermanfaat.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Makanan
Back To Top