Kebugaran Jasmani

Masa Kritis Demam Berdarah


Demam berdarah dengue merupakan bentuk lanjutan dan kadang-kadang berpotensi mengancam nyawa. Penyakit tropis ini disebabkan oleh DENV arbovirus dan disebarkan oleh nyamuk dari genus aedes (aedes aegypti dan albopictus aedes). Nyamuk menjadi terinfeksi ketika menggigit manusia pembawa virus dan kemudian menginfeksi orang lain lewat gigitan. Gejala utama dari demam berdarah dengue adalah bercak darah yang muncul pada kulit (petechiae) dan platelet darah yang rendah yang menyebabkan kemungkinan adanya komplikasi termasuk shock.

Meskipun ada lebih dari 100 juta kasus baru demam berdarah setiap tahun, namun hanya sebagian kecil yang akan berkembang menjadi demam berdarah dengue (sekitar 5%). Faktor risiko diantaranya adalah infeksi sebelumnya dengan virus yang mungkin meninggalkan antibodi sisa, atau menjadi lebih muda dari 12 tahun. Hal ini juga lebih umum terjadi pada wanita dan ras Kaukasia.

Selama gejalanya kita ketahui lebih awal, sebagian besar pasien akan sembuh dari demam berdarah dengue. Jika berkembang menjadi sindrom syok dengue, maka risiko bisa meningkat secara signifikan dan setengah dari pasien yang tidak diobati tidak bisa bertahan hidup. Tidak ada vaksin atau obat untuk demam berdarah, namun ada berbagai perawatan yang dapat mengatasi gejala dan pada akhirnya meningkatkan kesembuhan.

Gejala yang timbul diantaranya demam, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot dan ruam khas serupa dengan campak (ruam terjadi sekitar 50-80% dari gejala keseluruhan). Gejala cenderung muncul setelah sekitar 4-6 hari (meskipun masa inkubasi bisa saja dari 3 sampai 14 hari) dan berlangsung sampai 10 hari. Gejala-gejala ini sering biphasic yang berarti bahwa gejala mungkin hilang dan kemudian kembali lagi dalam siklus pendek satu atau dua hari.

Meskipun disebarkan oleh nyamuk, demam berdarah tidak dinyatakan penyakit menular. Sekitar 80% dari kasus virus dengue asimtomatik, hanya akan menyajikan gejala yang sangat ringan. Kondisi itu tidak berkembang menjadi demam berdarah dengue yang mengancam jiwa.


Masa Kritis Demam Berdarah


Gejala dan Karakteristik Demam Berdarah Dengue

Sekitar 5% kasus akan berlanjut ke demam berdarah dengue. Gejala demam berdarah dengue dapat mencakup perdarahan, rendahnya tingkat trombosit darah dan kebocoran plasma darah. Hal ini terjadi dalam beberapa kasus yang akhirnya menyebabkan sindrom syok dengue di mana tekanan darah turun sangat rendah. Tingkat kematian demam berdarah adalah sekitar 1-5% tanpa perhatian medis dan 1% dengan pengobatan.

Perdarahan terlihat dengan munculnya bintik-bintik kecil darah pada kulit yang disebut 'petechiae'. Pasien yang terkena mungkin pertama-tama akan terlihat gelisah, berkeringat, nafsu makan rendah, sakit kepala, mata merah dan rasa tidak enak. Dalam kasus yang parah mereka juga mungkin mengalami pendarahan dari hidung dan gusi. Kebocoran plasma dapat mengakibatkan akumulasi cairan di dada dan rongga perut dan dapat menyebabkan pasokan darah diturunkan ke organ-organ dan kerusakan pun bisa terjadi.

Dalam beberapa kasus, demam berdarah dengue akan menyebabkan syok yang merupakan titik paling berbahaya. Ketika shock terjadi, pasien akan berkeringat dingin dengan suhu tubuh rendah dan terus berkeringat. Dalam beberapa kasus syok dapat menyebabkan kematian. Dalam kasus lain, syok akan diikuti oleh periode krisis satu hari setelah pasien akan mulai pulih. Komplikasi potensial lainnya termasuk encephalopathy, kerusakan otak, kejang dan kerusakan hati.

Diagnosa dan Pengobatan

Jika Anda berada di daerah di mana demam berdarah diketahui terjadi dan Anda melihat gejala-gejala timbul, maka Anda harus mendapat perhatian medis segera untuk diagnosis dan pengobatan. Diagnosis dapat melibatkan analisis enzim hati, gas darah arteri, elektrolit, hematokrit, tes darah (mencari jejak virus dalam darah), trombosit dan tes tourniquet (mencari petechiae di bawah tourniquet yang). Pemeriksaan leat sinar X dapat digunakan untuk menunjukkan efusi pleura.

Tidak ada obat yang tersedia untuk demam berdarah sehingga pengobatan demam berdarah dengue lebih berfokus pada mengatasi gejala, termasuk :

  • transfusi darah / trombosit untuk mencegah perdarahan
  • cairan infus dan elektrolit untuk memerangi ketidakseimbangan elektrolit
  • terapi oksigen
  • rehidrasi
  • perawatan suportif

Pencegahan dan Pengendalian

Penyakit ini endemik lebih dari 110 negara dan berisiko mencakup hampir setengah dari populasi dunia. Penyakit ini sangat umum terjadi di Amerika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat. Jumlah kasus yang dilaporkan saat ini sedang naik daun dan virus menyebar ke daerah baru.

Ketika bepergian ke daerah-daerah tersebut, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi. Pencegahan praktis hanya dengan menghindari gigitan nyamuk. Strategi yang direkomendasikan meliputi penggunaan pakaian tebal, obat nyamuk (yang mengandung DEET) dan jaring atau kelambu tidur. 

Tidak ada vaksin untuk demam berdarah, namun infeksi sebelumnya oleh serotipe tertentu dari virus akan memberikan kekebalan seumur hidup berikutnya melawan serotipe spesifik. Infeksi oleh masing-masing serotipe juga memberikan kekebalan sementara terhadap jenis lain (cross-kekebalan), meskipun setelah ini infeksi periode dengan bentuk-bentuk lain dari virus akan datang dengan peningkatan kemungkinan berkembang menjadi demam berdarah dengue (karena antibodi yang tersisa).

Berbagai inisiatif sedang diusahakan untuk meredakan kehadiran nyamuk, termasuk penggunaan guppy pemangsa larva nyamuk serta upaya untuk menginfeksi nyamuk dengan bakteri Wolbachia agar mereka tahan terhadap virus. Penelitian juga sedang dilakukan ke dalam pengembangan vaksin, meskipun ada kekhawatiran bahwa vaksin mungkin meningkatkan risiko lebih parah dari penyakit. Obat antivirus adalah alternatif yang mungkin sedang dikembangkan untuk mengobati demam berdarah dan mudah-mudahan mencegah berkembang menjadi demam berdarah dengue.

Untuk saat ini, saran terbaik adalah menghindari paparan nyamuk di daerah berisiko dan mencari perhatian medis dengan segera jika Anda melihat gejala demam berdarah.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Demam Berdarah
Back To Top