Artikel Kesehatan Terbaru Hari Ini

Pola Hidup Bersih dan Sehat di Rumah


Tempo hari Blog Info Sehat telah menjelaskan bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, kali ini Saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengatur pola hidup bersih dan sehat di rumah.

Hal ini sangat penting sekali diutarakan karena suatu negara yang sehat berawal dari diri sendiri dan keluarga yang sehat juga. Namun sayangnya banyak orang yang menafsirkan bahwa sehat itu mesti memiliki peralatan penunjang kesehatan yang lengkap dan memadai dan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Padahal ada langkah yang sangat sederhana dan murah dalam menjaga kesehatan yakni melakukan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Mungkin kita masih bingung dengan perilaku mana yang bis menunjang hal itu. Sebetulnya jumlahnya sangat banyak, contoh kecilnya adalah mengkonsumsi multi vitamin, istirahat yang cukup, membuang sampah pada tempatnya dan mengontrol emosi diri.

Karena pola hidup bersih dan sehat ini khusus di dalam keluarga, maka orang mengatakannya sebagai PHBS rumah tangga. Sebagai contoh penting, ada 10 indikator PHBS di dalam rumah tangga, yang bisa kita infokan buat sobat semua yakni :


Pola Hidup Bersih dan Sehat di Rumah


  1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan seperti dokter, bidan dan tenaga paramedis lainnya. Mengingat masih banyak juga masyarakat yang masih mengandalkan tenaga non medis dalam membantu persalinan karena tidak aman dan penanganannya pun tidak steril sehingga berisiko besar dapat menyebabkan kematian ibu dan bayi.
  2. Memberikan bayi ASI Eksklusif yakni pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi mulai usia nol hingga enam bulan.
  3. Menimbang balita setiap bulan dengan tujuan untuk memantau pertumbuhannya yang dicatat hasilnya di buku KMS.
  4. Menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, hingga untuk kebutuhan air minum.
  5. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir untuk menghilangkan berbagai macam kuman dan kotoran yang menempel di tangan. Lakukan setiap kali sebelum makan dan melakukan aktifitas yang menggunakan tangan.
  6. Menggunakan mck sehat yakni tidak mencemari sumber air minum, tidak berbau, tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus, tidak mencemari tanah sekitarnya, mudah dibersihkan dan aman digunakan, dilengkapi dinding dan atap pelindung, penerangan dan ventilasi udara yang cukup, lantai kedap air, tersedia air, sabun, dan alat pembersih.
  7. Memberantas jentik di rumah minimal sekali seminggu dengan cara membersihkan atau menguras bak mandi, WC, vas bunga, tatakan kulkas, talang air dan lainnya.
  8. Makan buah dan sayur setiap hari karena banyak mengandung berbagai macam vitamin, serat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari berupa olahraga maupun kegiatan lain yang mengeluarkan tenaga untuk pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup yakni berjalan kaki, berkebun, mencuci pakaian, dan lainnya.
  10. Tidak merokok di dalam rumah karena mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya yang membahayakan perokok itu sendiri dan juga orang-orang disekitarnya.

Dengan menjalankan 10 point utama di atas, maka sedikit demi sedikit perilaku hidup sehat di dalam keluarga akan tercipta. Memang butuh waktu dan tahapan untuk membiasakannya dengan memulainya dengan poiny yang paling mudah.

Sumber :
http://dinkes.bantenprov.go.id/read/pengumuman/8/Terapkan-10-Indikator-PHBS-Dalam-Lingkungan-Keluarga.html


Tag : Kesehatan Keluarga
Back To Top