Penyebab Flu Singapura Pada Anak

Flu Singapura atau biasa dikenal juga dengan penyakit kaki, tangan, dan mulut merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Kelompok virus bernama Enterovirus A-lah yang menjadi penyebab flu Singapura ini. Virus Coxsackie A16, A6, A10, dan Enterovirus 71. Enterovirus 71 adalah jenis-jenis dari Enterovirus A yang paling sering jadi biang kerok munculnya flu Singapura yang agak parah, sedangkan virus lainnya termasuk jenis virus umum.

Virus jenis ini biasa menyebar ke jaringan di mulut, amandel, dan masuk ke dalam sistem pencernaan. Kalau sudah begini, mereka akhirnya bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Begitu masuk ke dalam tubuh, virus berkembang biak di dinding tenggorokan dan dinding usus lalu menyebar ke organ yang disasar. Virus Coxsackie dan enterovirus tertentu memilih kulit dan selaput lendir mulut sehingga biasanya tangan, kaki, dan mulut yang diserang.

Namun sumber utama dari penyebaran virus ini adalah melalui mulut. Penyebaran flu Singapura dari satu anak ke anak yang lainnya adalah melalui kontak langsung dengan penderita. Kontak penderita tersebut bisa saja melalui :

  • Cairan dari hidung maupun tenggorokan yang keluar di saat anak bersin.
  • Air liur yang terlempar ke udara saat batuk atau bersin.
  • Cairan yang berasal dari luka kulit yang melepuh.
  • Permukaan benda apa saja yang sudah terkontaminasi oleh kotoran atau cairan dari si penderita, misalnya handuk, baju, meja, peralatan makan dan lainnya.

Penyebab Flu Singapura Pada Anak



Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka flu singapura ini bisa terjadi secara berulang pada anak yang telah terkena flu singapura. Mengapa demikian ? Karena jumlah virus penyebab Flu Singapura ini tidak hanya satu macam tapi sangat banyak. Jika si anak sudah kebal dengan 1 jenis virus, maka dia bisa saja terkena jenis virus yang lainnya. Oleh karena itu, cara terbaik dalam menjaga kesehatan anak adalah dengan meningkatkan daya kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terjangkit penyakit ini lagi.


Sumber :
http://www.alodokter.com/flu-singapura
http://www.nurulsefty.com/2014/04/gejala-penyebab-pengobatan-flu-singapura.html
https://teknologitinggi.wordpress.com/cara-mengatasi-virus-coxsackie-atau-flu-singapura-penyebab-penyakit-kaki-tangan-mulut/

Tag : flu singapura
Back To Top