Kebugaran Jasmani

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Secara Alami


Gigi berlubang atau disebut juga karies gigi, bisa lebih dalam dan lebih besar jika tidak diperbaiki lebih awal. Hal ini akan mengakibatkan partikel makanan kecil bisa bersarang di dalamnya sehingga menyebabkan sakit gigi yang menyiksa. Pembusukan yang terjadi dalam gigi berlubang terjadi ketika partikel makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, permen, buah-buahan yang tersisa atau tertinggal pada lubang gigi.

Bakteri di mulut, akan memakan sisa makanan ini dan mengubahnya menjadi asam. Bakteri, sisa-sisa makanan, asam dan air liur bersama-sama akan membentuk plak dan ketika plak menempel pada gigi, dia akan menggerogoti lapisan terluar dari gigi yang dikenal sebagai enamel dan membentuk sebuah lubang yang dikenal sebagai lubang gigi atau karies. Sensitivitas gigi dan rasa nyeri yang meningkat setelah mengkonsumsi minuman dingin atau panas serta permen adalah indikasi sudah terjadinya kerusakan gigi.

Melakukan perawatan yang tepat pada gigi Anda dapat membantu mencegah gigi berlubang. Kebersihan mulut, pola makan yang baik, makanan sehat, menyikat gigi dan flossing gigi sehabis makan atau setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur, serta menyikat dengan pasta gigi fluoride dapat membantu Anda menghindari gigi berlubang. Selain itu, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi dua kali dalam setahun.

Pengobatan alami gigi berlubang 
Anak-anak dan orang dewasa dapat mengalami gigi berlubang. Jika lubang lebih dalam, maka perawatan yang intensif dari dokter mutlak diperlukan. Tapi jika lubang masih lebih kecil, maka dapat diobati di rumah. Ada pengobatan alami yang sangat baik yang dapat membantu Anda menyingkirkan rasa sakit pada gigi berlubang. Berikut ini ulasannya yang Saya ambil dari laman Find Home Remedy.

Cengkeh atau minyak cengkeh
Cengkeh dan minyak cengkeh mengandung sifat antiseptik. Caranya dengan menekan cengkeh pada gigi yang terkena dampak atau mengoleskan minyak cengkeh dengan bantuan bola kapas. Cara ini dapat membantu meringankan dari rasa sakit.

Cara lain yang efektif untuk menyingkirkan rasa sakit pada gigi berlubang adalah mencampur bubuk merica dan beberapa tetes minyak cengkeh dan menerapkannya pada lubang gigi. Minyak kamper juga dapat digunakan untuk tujuan ini karena juga bekerja bagus untuk mengurangi rasa sakit.

Berkumur dengan air garam
Gunakan air hangat saat menggosok gigi karena bisa mencegah pembentukan bakteri. Bersihkan setiap sudut gigi Anda, termasuk di daerah di mana Anda mengalami rasa sakit. Kebersihan mulut yang tepat diperlukan untuk menghindari rasa sakit, jadi berkumurlah setiap pagii dan malam dengan air asin hangat.

Berkumur akan membunuh kuman dan bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan. Berkumur juga akan membantu menyingkirkan bau busuk dan bau mulut yang biasanya keluar dari mulut orang yang memiliki gigi berlubang.

Bawang putih dan bawang merah
Kedua jenis bawang tersebut memiliki senyawa anti jamur dan anti bakteri. Mereka yang suka mengkonsumsi bawang mentah secara teratur dengan makanan mereka, umumnya tidak mempunyai gigi berlubang. Jika Anda memiliki rasa sakit di lubang gigi, tempatkan irisan bawang langsung pada gigi yang sakit. Rasa sakit yang Anda rasakan bisa berkurang dengan cara itu.

Bisa juga dengan membuat pasta dari siung bawang putih dan oleskan pada gigi yang terkena setelah menambahkan sedikit garam. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit. Tambahkan juga bawang putih dalam menu makan Anda karena mengandung allicin yang memiliki sifat antibiotik. Menambahkan bawang putih dalam menu makan,  akan membuat gigi Anda kuat dan sehat.

Keju
Makan keju seperti cheddar dapat mencegah kerusakan gigi. Keju mengandung kalsium dan fosfat yang bertindak sebagai pelindung dan penjaga enamel gigi. Makanan asam dapat menyebabkan kerusakan gigi dan membuat berlubang karena menghancurkan kalsium dan fosfat. Mengunyah cheddar setelah makan akan melindungi gigi Anda.

Permen karet
Permen karet bebas gula  yang dibuat dari xylitol, dapat mencegah timbulnya mikro-organisme dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Kunyahlah permen karet bebas gula selama 15-20 menit setelah makan, maka cara ini akan membatasi pertumbuhan bakteri dan mencegah gigi berlubang.

Mengunyahnya juga membantu merangsang air liur dan mengeluarkan sisa makanan serta bisa menarik makanan yang terjebak di antara gigi untuk mencegah berkembangnya gigi berlubang.

Selain itu, Saya mencatat beberapa tips dalam mengobati sakit gigi berlubang yang Saya ambil dari laman Kulamama, yaitu :

  • Meningkatkan lemak larut dalam vitamin A dan D dengan cara mengkonsumsi 1 sendok teh minyak ikan cod setiap hari. 
  • Menikmati  1-2 cangkir kaldu tulang setiap hari.
  • Berkumur setiap pagi dengan minyak kelapa selama 20 menit.
  • Berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan kacang-kacangan karena mengandung asam fitat yang mencegah penyerapan mineral yang dibutuhkan gigi.
  • Beralih pada pasta gigi untuk remineralisasi yakni pasta gigi yang mengandung fluoride dan xylitol. Contoh pasta gigi yang mengandung fluoride dan xylithol adalah pasta gigi Winz produk CNI, Ciptadent MAXI 12 Spearmint, dan Enzim Toothpaste 40 Plus.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi seperti susu murni, daging, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, keju, mentega, buah dan makanan tinggi lemak sehat seperti minyak kelapa, alpukat, zaitun, dan ikan atau fermentasi minyak ikan cod.

Itulah yang bisa Saya sampaikan tentang bagaimana cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan cara alami. Mudah-mudahan bermanfaat.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : sakit gigi
Back To Top