Kebugaran Jasmani

Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Secara Alami


Sudah beberapa kali, saat ini ketika Saya buang air besar, rasanya agak susah tidak seperti biasanya. Saya nggak tahu apa penyebabnya. Begitu pula, kedua anak Saya punya penyakit susah buang air besar, sampai-sampai Saya kasihan kalau mau bab, dia mengeluarkan tenaga dalamnya sampai kepayahan. Tak ingin terjadi sesuatu yang lebih serius dengan kesehatan anak Saya, akhirnya Saya nyari solusi bagaimana cara mengobati susah buang air besar secara alami. Mengapa Saya nyari cara yang alami ? Pastinya efek sampingnya nggak akan ada kalau pakai cara alami, dibandingkan harus pakai obat pencahar. Barulah nanti kalau memang terpaksa harus pakai obat pencahar, ya tentu saja Saya konsultasi dulu dengan dokter.

Berdasarkan hasil penelusuran Saya dari laman Everyday RootsReaders Digest dan Draxe, berikut ini beberapa cara sederhana dan alami dalam mengobati susah buang air besar, tentunya dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah.

Minyak zaitun
Minyak zaitun murni mengandung lemak yang sehat dan bisa membantu mengobati gejala susah buang air besar. Minyak zaitun akan membantu melumasi dinding usus agar bisa mempermudah keluarnya fases dari usus. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan meminumnya secara teratur tiap hari sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong sebanyak 1 sendok makan.

Jeruk lemon
Kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk lemon, bisa bertindak sebagai stimulan (merangsang sistem saraf) untuk sistem pencernaan dan juga dapat membantu membersihkan racun dan bahan tercerna yang mungkin terbentuk sepanjang dinding usus besar. Anda hanya perlu menyediakan satu buah jeruk lemon segar dan satu cangkir air hangat. Cara membuatnya, potong dahulu jeruk lemon tersebut lalu peras dan masukkan ke dalam cangkir yang sudah diisi air hangat. Selanjutnya minumlah sampai habis.

Gula tetes
Gula tetes merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu atau gula bit yang masih mengandung gula dan asam-asam organik. Gula tetes bisa membantu mengobati susah buang air besar, karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral, khususnya magnesium yang bisa membantu meringankan sembelit. Jadi kalau kebetulan di rumah ada tetes tebu atau gula tetes, manfaatkanlah untuk mengobati susah bab. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok teh gula tetes dan air hangat. Caranya cukup mudah, masukkan gula tetes tersebut pada secangkir air putih hangat atau air teh hangat. Jika dengan satu sendok teh gula tetes, terasa belum ada perubahan, maka boleh ditambah menjadi 2 sendok makan.

Kopi
Mungkin baru sebagian kecil yang tahu kalau kopi yang biasa Anda bikin di rumah bisa dipakai untuk meringankan sembelit. Kafein yang terkandung di dalam kopi merupakan stimulan alami untuk sistem pencernaan Anda supaya lebih lancar. Namun pastikan Anda hanya meminum sebanyak 1-2 cangkir saja, karena jika berlebihan akan memiliki efek sebaliknya. Kopi adalah senyawa diuretik dan membuat buang air kecil lebih sering sehingga jika Anda meminumnya berlebihan, justru dapat menyebabkan sembelit karena dehidrasi tubuh akibat pengeluaran cairan secara berlebihan.

Minyak biji rami
Sama halnya dengan minyak zaitun, minyak ini juga berfungsi untuk melumasi dinding usus agar feses bisa dengan mudah turun. Anda cukup menyediakan 1 sendok makan minyak biji rami dan kalau mau bisa ditambah dengan satu gelas jus jeruk. Cara buatnya, campurkan 1 sendok makan minyak biji rami dengan 1 gelas jus jeruk lalu minum. Anda akan merasakan khasiatnya setelah 5 jam dari waktu minum.

Lidah buaya
Disamping untuk mengatasi luka bakar atau luka ringan lainnya, lidah buaya juga sangat baik dalam mengatasi sembelit. Anda cukup memetik lidah buaya dan mengamil gelnya sebanyak 2 sendok makan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Jika kurang berkenan, bisa membuat jus lidah buaya seukuran satu cangkir. Satu cangkir jus lidah buaya sama efektifnya dengan 2 sendok makan sel lidah buaya murni.

Garam Inggris
Garam Inggris atau garam Epsom bisa membantu mengatasi susah bab karena garam ini seperti spons bisa menarik air dari sekitarnya, sehingga membuat feses menjadi lunak.  Selain itu, garam ini mengandung magnesium yang membantu dalam kontraksi otot usus sehingga membuat feses mudah keluar. Yang Anda perlukan cuma 2 sendok teh garam Epsom untuk orang dewasa atau ½ sendok teh untuk anak-anak serta satu cangkir air atau jus buah. Cara pembuatannya, larutkan garam Epsom dalam satu cangkir air atau jus buah lalu diaduk dan langsung diminum. Jika dalam waktu 4 jam tidak ada tanda-tanda ingin buang air besar, untuk dewasa bisa menambah satu dosis lagi.

Prun
Prun adalah buah plum yang dikeringkan. Seperti yang telah Saya singgung di atas, bahwa buah ini bekerja sebagai pencahar alami karena memiliki jumlah serat yang tinggi dan mengandung sorbitol. Sorbitol bisa melembutkan tinja karena merupakan karbohidrat alami yang tidak mudah dicerna, sehingga bisa menarik banyak air saat melewati usus. Namun tetap harus hati-hati karena jika terlalu banyak, sorbitol dapat menyebabkan gas dan membuat tinja terlalu lembut. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan 2 gelas jus prun. Minum satu gelas jus prune di pagi hari dan satu gelas di malam hari untuk meringankan sembelit. Biasanya ramuan ini mulai bekerja dalam beberapa jam dan sebaiknya Anda jangan minum apa-apa dulu setelah minum jus prun ini karena berisiko diare. Jika Anda tidak suka jusnya, Anda bisa memakan langsung buahnya.

Yoghurt
Secangkir yoghurt sangat bermanfaat dalam mengatasi maalah sembelit karena yoghurt mengandung banyak probiotik atau bakteri bagus. Anda bisa mengkonsumsinya pada waktu sarapan dan siang hari. Cukup sediakan 1-3 cangkir yoghurt plain untuk dikonsumsi saat sarapan, dan sisanya bisa dikonsumsi siang sampai sore sambil mencemil makanan ringan.

Biji wijen
Biji wijen mengandung rminyak yang bekerja untuk melembabkan usus yang dapat membantu permasalahan tinja kering. Caranya dengan menambahkan biji wijen pada makanan favorit Anda. Biji wijen merupakan salah satu obat tradisional favorit rakyat Cina.

Mint atau teh jahe
Mint dan jahe keduanya terbukti membantu meringankan masalah pencernaan. Peppermint mengandung mentol, yang memiliki efek antispasmodik yang melemaskan otot-otot saluran pencernaan. Jahe adalah ramuan yang menyebabkan bagian dalam tubuh bisa menghasilkan panas dan mempercepat pencernaan lamban. Dalam teh, air panas juga akan membantu merangsang pencernaan dan mengurangi sembelit. Teh dandelion merupakan salah satu pencahar yang lembut dan racun.

Lemak sehat
Minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat merupakan makanan yang mengandung lemak sehat, yang dapat membantu melumasi usus Anda sehingga mempermudah sembelit. Salad dengan sayuran hijau yang kaya serat dan saus sederhana dari minyak zaitun, kacang, atau satu sendok makan mentega kacang alami pada roti panggang atau buah adalah pilihan yang baik. Lemak sehat diperlukan untuk fungsi dasar tubuh sehingga sangat mengenyangkan.

Kismis
Kismis sangat tinggi kandungan seratnya. Kismis juga mengandung asam tartarat yang memiliki efek pencahar. Dalam sebuah studi yang dilakukan, seorang dokter yang melakukan eksperimen terhadap panelis yang mengkonsumsi 4,5 ons kismis per hari, maka makanannya bisa dicerna dalam jalur pencernaan hanya memerlukan waktu setengahnya dari waktu yang dibutuhkan seperti biasanya.

Minyak jarak
Obat natural ini telah diwariskan dari generasi ke generasi. Salah satu kegunaan minyak jarak adalah sebagai pencahar. Coba ambil dan minum 1 hingga 2 sendok teh pada saat perut kosong dan Anda akan melihat hasil dalam waktu sekitar 8 jam. Sebuah komponen dalam minyak jarak bisa terurai menjadi zat yang merangsang usus besar dan kecil.

Sayuran hijau
Sayuran hijau tidak hanya mengandung serat, tapi juga merupakan sumber magnesium yang dapat membantu mengatasi sembelit. Sayuran juga sangat rendah kalori, memiliki kandungan air yang tinggi dan padat nutrisi, sehingga idealnya harus dikonsumsi setiap hari.

Minyak ikan
Minyak ikan cod merupakan obat alami yang digunakan untuk mengatasi susah bab. Caranya cukup ambil 1 sendok makan minyak ikan cod yang dicampur dengan 1 gelas jus wortel segar.

Selain memilih salah satu pengobatan natural di atas, Anda sebaiknya melaksanakan tips lainnya untuk mendukung pengobatan tersebut yaitu :

Banyak beraktifitas
Jika Anda ingin agar feses di dalam usus bergerak maka Anda juga harus sering menggerakan tubuh Anda. Gaya hidup akibat sering duduk terlalu lama dan kurang olahraga bisa jadi menjadi penyebab sembelit. Namun harus diketahui juga jika Anda akan berolahraga setelah makan, maka Anda harus menunggu satu jam setelah makan, barulah bisa berolahraga.

Banyak makan makanan berserat
Makanan yang dimaksud adalah buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Serat merupakan bahan yang tidak dapat dicerna, namun serat ibarat spons. Dia akan menarik air dari tempat sekitarnya sehingga jadi membesar dan melunakkan tinja yang pada gilirannya akan membantu proses pembuangan dengan mudah. Seperti halnya kopi, beberapa jenis makanan berserat seperti kacang, dapat menyebabkan sembelit jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi disamping makanan berserat, maka imbangi juga dengan banyak minum air. Beberapa makanan yang penuh serat diantaranya kacang buncis, aprikot, roti gandum, buah beri-berian, brokoli, plum atau prem, pir, apel, kacang tanah, ceri, ubi jalar dan kentang. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserta dengan ukuran 20-35 gram per hari.

Menjadwalkan bab
Jika Anda sulit bab, maka lakukan atau jadwalkan mengambil posisi jongkok mau bab di toilet setiap hari sebanyak 1-3 kali selama 15 menit sekali jongkok. Sekali lagi, harus posisi jongkok, bukan posisi duduk seperti halnya pada toilet duduk. Tujuannya untuk mengatur pergerakan usus dan memancing keinginan untuk buang air besar. Jika dilatih terus, maka nanti akan terbiasa juga dan akhirnya buang air besar bisa normal kembali.

Memperbanyak minum
Minum air maksudnya, supaya membantu penyerapan oleh tinja sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Biasakan minum minimal segelas air dalam selang waktu 2 jam setiap hari.

Itulah beberapa cara mengatasi susah buang air besar atau bab yang Saya ambil dari sumber yang terpercaya. Semoga membantu bagi para pembaca blog Info Kesehatan ini.


Baca juga :
garam inggris beli dimana

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : buang air besar
Back To Top