Makanan dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Setelah bunda menghabiskan sembilan bulan terakhir dengan kekhawatiran dengan apa yang bunda makan dan minum karena bayi sedang dalam proses perkembangan, maka setelah bunda menyusui, bunda juga harus berjaga-jaga terhadap reaksi yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Maka sangat penting bagi bunda untuk memperhatikan makanan ketika menyusui untuk mendapatkan nutrisi penting dan juga untuk meningkatkan kandungan ASI serta menghindari beberapa makanan atau minuman yang bisa memberikan reaksi kurang baik terhadap bayi.

Bersumber dari laman Mom365, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh/dilarang dikonsumsi ibu menyusui, diantaranya :

Kafein
Kitaa tahu bahwa minum kopi bisa membuat begadang, karena adanya kafein. Jika bunda meminum kopi, maka kandungan kafein yang masuk ke tubuh bayi lewat ASI akan membuat bayi susah tidur lebih lama. Kenapa ? Karena tubuh bayi tidak siap untuk memproses kafein secepat tubuh orang dewasa, Jadi jika Anda berharap supaya bayi Anda bisa tidur siang segera, maka jangan minum kopi dulu kecuali setelah bayi tidur dahulu.

Ikan
Bunda tidak harus menghindari makan semua jenis ikan, tetapi harus selektif dengan ikan jenis seafood karena jenis ikan tertentu mengandung merkuri yang juga bisa masuk melalui ASI. Ikuti aturan yang sama ketika makan ikan seperti yang dilakukan ketika sedang hamil.

Coklat
Bunda tidak harus berhenti makan coklat secara total, tapi lihat efek yang ditimbulkan pada bayi jika makan coklat dalam ukuran tertentu. Coklat sama dengan kopi sebagai sumber kafein. Beberapa ibu menyusui juga pernah mengalami jika makan cokelat akan menyebabkan mencret pada bayi. Perhatikan perilaku bayi, lihat popok bayi, jika dia rewel atau buang fases berair setelah ibu makan cokelat, itu berarti saatnya untuk tidak makan coklat.

Pepermint atau Peterseli
Jika ibu mengkonsumsi daun Peterseli dan peppermint yang dijadikan teh, maka berisiko mengurangi pasokan air susu. Memang jika digunakan dalam jumlah kecil tidak menimbulkan masalah, tetapi apabila anak kita sedang dalam masa pertumbuhan, sebaiknya ibu menghindari minuman teh atau makanan yang mengandung daun tersebut.


Makanan dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui


Susu
Susu adalah salah satu minuman yang bisa menimbulkan masalah untuk bayi ASI. Jika bayi menjadi rewel setelah menyusui, atau timbulnya alergi kulit atau menyebabkan gangguan tidur, sebaiknya susu harus dihindari selama beberapa minggu. Kasihan bayi ibu akan menderita jika ibunya tidak mau mengalah.

Jeruk
Saluran pencernaan bayi ibu masih belum matang, dan beberapa senyawa dalam buah jeruk bisa sangat membahayakan saluran cerna bayi. Jeruk dapat menyebabkan muntah, rewel, atau bahkan ruam popok. Jika Anda berhasrat ingin mengkonsumsi vitamin C dari buah, cobalah ganti dengan buah nanas atau mangga.

Kacang tanah
Jika ibu punya riwayat alergi kacang, pastikan untuk menghindari makan kacang sampai bayi Anda disapih. Senyawa alergi pada kacang tanah dapat ditularkan melalui ASI. Jika Anda tidak yakin apakah bayi Anda memiliki alergi kacang, maka lihatlah dampaknya setelah Anda makan kacang. Jika bayi menjadi mengi, ruam, atau gatal-gatal, maka ini menjadi tanda-tanda reaksi alergi tersebut.

Bawang putih
Aroma dari bau bawang putih bisa masuk ke air susu. Jika Anda tiba-tiba menemukan kalau si bayi jadi enggan menyusui, coba pikir dahulu ibu habis makan apa tadi, mungkin mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang putih. Walaupun kebanyakan dari kita berpikir bahwa bawang putih sangat baik untuk kesehatan, namun baunya akan membuat selera makan bayi jadi berkurang dan bayi belum cukup matang untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Gandum
Intoleransi gluten mungkin yang disalahkan jika bayi Anda mengalami tinja berdarah. Rewel dan sakit perut menjadi tanda timbulnya masalah akibat mengkonsumsi gandum.

Solusinya sekarang adalah hindari semua makanan yang menjadi penyebab umum dan nantinya secara perlahan-lahan kita bisa memperkenalkan kembali satu per satu.  

Tag : Ibu Menyusui
Back To Top