Pengertian Interval Training dalam Kebugaran Jasmani

Dalam kebugarann jasmani pasti kita akan menemukan istilah interval training. Tentunya blog info kesehatan terbaru akan ngasih tahu Anda apa sih definisi atau pengertian interval training dalam kebugaran jasmani.

Interval training merupakan bagian dari bentuk latihan kebugaran jasmani dari unsur atau komponen latihan daya tahan atau endurance training. Banyak contoh yang bisa kita lakukan dalam endurance training, diantaranya interval training.

Interval training adalah suatu bentuk latihan daya tahan tubuh dengan cara berlari pada jarak tertentu dan dengan waktu tertentu pula, dengan masa pemulihan di antara pengulangan-pengulangan jarak itu.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan latihan interval adalah :
- Jarak yang ditempuh
- Kecepatan lari untuk menempuh jarak tersebut
- Pengulangan atau berapa kali jarak itu akan ditempuh
- Lamanya waktu istirahat diantara repetisipengulangan

Selain interval training, janis latihan daya tahan lainnya adalah :
- latihan aerobic
- latihan lari lintas alam
- latihan fartlek

Latihan aerobic biasanya dilakukan dengan waktu yang ditentukan yaitu kurang lebih selama 10 menit. Tujuan latihan ini bertujuan agar tubuh bisa berusaha dapat mencapai titik jarak yang paling jauh.

Adapun latihan lari lintas alam dilakukan sebagai perbandingan dari latihan-latihan daya tahan yang lainnya. Latihan ini memang sering dilakukan dalam masa persiapan untuk lomba.

Sedangkan latihan fertlek adalah variasi dalam berlari dengan cara mengatur ketepatan waktu lari yang diinginkan sesuai dengan kondisi atau kemampuan atlet.

Gimana sudah jelas dengan apa yang dimaksud interval training ?

Tag : kebugaran jasmani
Back To Top