Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Bersantan ?

Banyak yang bertanya kepada Saya, bolehkah ibu menyusui makan makanan bersantan ? Makanan bersantan untuk ibu menyusui memang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu perncernaan ibu. Lho kok lalu apa hubungannya dengan bayi kalau memang tidak menggangu pencernaan bayi.

Gini Bu, makanan bersantan atau makanan pedas biasanya bisa menyebabkan gangguan pada ibu menyusui. Akibatnya tidak jarang si ibu malah menderita sakit perut lalu sering juga memunculkan resiko diare atau mencret. Kalau ibu sudah diare atu mencret-mencret, itu bisa menyebabkan kerkurangan cairan atau dehidrasi jika tidak diimbangi dengan banyak minum. Jika si ibu sudah mengalami dehidrasi, maka otomatis ini akan mengganggu kualitas ASI yang dihasilkan. Si bayi akan merasakan ASI yang agak beda dari biasanya. Akibatnya si bayi rewel nggak mau menyusui karena ASInya nggak enak. Kalau sudah gitu, kasihan kan si bayi.


Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Bersantan ?


Selain itu, makanan yang bersantan dapat membuat bayi gumoh, perutnya menjadi kembung sehingga bayi rewel terus menerus menagis karena merasa tubuhnya tidak nyaman. Jadi hindari makanan santan karena makanan bersantan sangat tajam dan bersifat mengiritasi lambung bayi terutama bayi yang usianya dibawah 6 bulan.

Sebenarnya bukan hanya ibu  menyusui saja yang tidak boleh banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan. Orang biasa pun baik pria maupun wanita, berdasarkan anjuran para ahli kesehatan, tidak boleh terlalu banyak makan makanan bersantan. Mengapa demikian ? Karena di dalam santan itu banyak mengandung minyak dan lemak yang tinggi.

Nggak percaya ? Coba deh sekali-kali buat eksperimen memasukan santan dan air, maka santannya akan terpisah dari air, akan mengumpul dibawah dan tidak bisa menyatu. Begitu pun kalau santan itu masuk ketubuh kita, maka ketika minyak santan tadi bercampur dengan darah kita, maka terjadilah penggumpalan sehingga peredaran darah kita tidak berjalan dengan lancar.

Jika bunda sedang menyusui, maka minyak santan pun akan terhisap oleh bayi sehingga darah bayi pun bisa menggumpal dan ini tentu tidak baik buat kesehatan bayi.  


Tag : Ibu Menyusui
Back To Top