Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih


Jika Anda pernah mengalami sariawan, maka pasti Anda akan merasa tersiksa karena nggak bisa makan dan minum enak. Sedikit ngunyah, bagian dalam mulut langsung terasa perih dan pinginnya sih nggak usah makan saja.

Tidak ada jalan lain untuk menyembuhkan sariawan parah kecuali dengan menggunakan obat sariawan. Namun biasanya obat sariawan itu sangat membuat perih jika dioleskan pada bagian yang sakit. Obat sariawan yang bermutu, biasanya akan terasa perih di awal, dan akhirnya daerah yang terkena sariawan akan langsung segera sembuh beberapa saat kemudian dalam hitungan menit saja.

Memang, bagi orang dewasa, obat semacam itu tidak jadi masalah karena rasa sakitnya bisa ditahan. Namun apabila yang diobatinya adalah anak kecil, tentu hal ini akan susah, sehingga diperlukan
cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih.

Ada banyak bahan yang bisa dipakai untuk dijadikan obat sariawan. Oleh karena itu Saya akan melist bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai solusi cara cepat mengobati sariawan, diantaranya adalah :

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih


Minyak kelapa
Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke bagian  yang terkena sariawan. Kalau ada buah kelapa di rumah, bisa juga kelapa kering dimakan untuk mengurangi peradangan akibat sariawan.

Air garam
Sediakan air segelas dan setengah sdt garam, campur dan aduk lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Biarkan sejenak saja agar bakteri penyebab sariawan bisa mati. Lakukan 3-4 kali sehari.

Baking soda
Jika di rumah tidak ada garam, tapi adanya baking soda, gunakan 1 sdt baking soda yang dicampur dengan setengah gelas air hangat untuk dipakai berkumur.

Kunyit
Parutlah kunyit secukupnya. Tambah sedikit air sehingga menjadi pasta. Oleskan pada daerah yang terkena sariawan. Kandungan antiseptik di dalam kunyit bisa mempercepat membunuh bakteri.

Bawang putih
Caranya bawang putih diiris atau dihaluskan seperti akan memasak. Setelah haluskan, dioleskan pada area sakit seperti halnya mengoleskan kunyit. Setelah itu silahkan bersihkan.

Vitamin
Perbanyak makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B, C, za besi dan asam folat karena akan membantu mengobati sariawan dengan cepat.

Buah
Biasanya yang sariawan suli ngunyah makanan, jadi Anda bisa memperbanyak buah dengan cara dijus karena mengandung banyak vitamin C yang bisa menyembuhjan sariawan.

Yoghurt
Konsumsilah yoghurt tanpa pemanis, karena bisa memperbanyak bakteri bagus yang bisa mengalahkan bakteri penyakit.

Tips lainnya untuk mempercepat pengobatan sariawan adalah :
  • rajin gosok gigi dengan sikat gigi lembut dan pasta gigi tanpa detergen
  • hindari makanan pedas atau asam karena hanya menambah iritasi
  • banyak minum air putih
  • mengkonsumsi makanan lunak dan kecil atu yang dipotong-potong
  • hindari makanan asin, kopi, biskuit, coklat, kacang, soda, alkohol, rokok, minuman manis, minuman terlalu panas/dingin.
  • jangan menyentuh sariawan karena akan mengganggu penyembuhan dan menambah penyebaran infeksi
Jika berbagai cara sudah tak mempan, silahkan Anda segera datang saja ke dokter, agar masalahnya segera tertangani. 


Tag : cara mengobati sariawan
Back To Top