Manfaat Daun Binahong untuk Kulit Gatal

Walaupun zaman sudah modern dengan berbagai peralatan canggih, namun masih banyak pula di antara kita yang menggunakan obat tradisional sebagai media untuk pengobatan. Mereka yang memilih herbal sebagai obat beralasan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk obat tradisional lebih alami sehingga lebih ramah pada tubuh dan tidak menimbulkan masalah lain.

Salah satu contohnya adalah mengambil manfaat daun binahong untuk kulit gatal atau semacamnya. Memang, daun binahong bukan saja bermanfaat untuk organ kulit saja, namun juga sangat bermanfaat buat mengobati berbagai penyakit.

Berikut ini penelusuran Saya tentang manfaat daun binahong untuk kulit khususnya yang berhasil Saya himpun dari berbagai blog.

Jika kebetulan Anda punya alergi baik karena makanan atau apa saja sehingga menimbulkan gatal-gatal pada kulit, maka siapkan daun binahong sebanyak 15-20 lembar. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja. Setelah itu silahkan diminum secara rutin sekali dalam sehari.

Selain gatal karena alergi, ramuan di atas juga sangat bermanfaat bagi mereka yang punya masalah jerawat terutama di kulit wajah. Dengan rutin meminum ramuan di atas, maka jerawat yang ada di kulit akan habis terlibas.

Begitu juga jika Anda punya masalah borok yang sudah lama tidak hilang-hilang, maka bisa membuat ramuan di atas, maka insya Allah borok dan gatal akbiat infeksi tersebut akan hilang dan sembuh kalau Anda rutin meminum ramuan tersebut.

Masalah luka bakar yang menimbulkan gatal-gatal setelahnya juga bisa diatasi dengan ramuan di atas. Tentu saja penyembuhan dengan air rebusan binahong sangat praktis karena membantu penyembuhan dari dalam yang tidak membuat pedih di kulit.

Selain diminum, dan binahong juga bisa dipakai sebagai obat luar yakni dengan cara ditumbuk halus lalu dioleskan ke kulit. Bahan ini bisa digunakan untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.

Oleh karena itu, agar kita bisa menggunakan daun binahong sebagai obat, maka jika kebetulan punya lahan kosong yang tersisa di halaman rumah, maka sangat bijak jika dipakai untuk menanam tanaman obat termasuk daun binahong, sehingga kita tidak perlu susah nyari-nyari ke tempat lain atau beli.

Walaupun banyak manfaatnya, namun Anda harus tetap berhati-hati karena mengkonsumsi air rebusan binahong terlalu banyak justru akan menimbulkan masalah seperti pusing, mual, insomnia, jantung berdebar dan lainnya. Jika setelah meminum mengalami gejala di atas, lebih baik berhenti dulu, itu tandanya Anda terlalu banyak minum ramuan ini. Anda hanya disarankan minum segelas sehari saja.

Untuk cara minumnya, jangan minum berdekatan dengan minum kopi atau minuman sejenis yang mengandung kafein, karena efeknya kurang baik. Begitu juga buat ibu-ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya jangan meminum ramuan ini.



Tag : manfaat daun binahong
Back To Top