Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil Muda

Informasi tentang manfaat buah naga merah untuk ibu hamil muda, sangat dinanti-nantikan oleh para calon bunda yang datang ke blog ini. Manfaat dari buah naga merah, tentu agak berbeda dengan buah naga putih. Kita tahu bahwa buah naga atau Pitaya kalau di Spanyol dan Amerika Latin, memiliki popularitas yang cukup populer saat ini. Buah ini disebut buah naga karena bentuk tubuhnya yang mungkin mirip tubuh ular naga dengan kulitnya berwarna merah. Memiliki rasa manis dan juga sedikit rasa asam sehingga orang suka mengkonsumsinya sebagai hidangan penutupa atau cuci mulut.

Buah naga merah atau nama ilmiahnya Polyrhizus Hylocereus termasuk dalam subfamili Cactoideae dari suku Cacteae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika. Ada sekitar 16 spesies Hylocereus yang tersebar di seluruh Amerika Tengah dan Meksiko dan menyebar ke negara-negara Eropa setelah didatangi para pelayar Amerika serta sebagian negara Asia.

Buah naga merah memiliki daging yang berwarna merah dengan kulit merah muda. Daging buah naga merah sangat halus dan berair dengan beberapa jumlah biji kecil yang lembut. Satu buah naga merah bisa mempunyai bobot sampai dengan 1 kg dan tentunya sangat kaya nutrisi.

Buah naga dapat tumbuh di ruang terbuka di daerah tropis dan dapat tumbuh baik juga di daerah subtropis. Buah ini sedang dibudidayakan dalam skala besar di beberapa negara seperti Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Nikaragua, Columbia, Vietnam, Israel, dan Indonesia. Di beberapa negara orang juga menggunakan buah naga merah sebagai bahan untuk membuat berbagai aneka kue, jus dan es krim.

Nah sebelum Saya bahas manfaat buah naga merah, Saya akan kasih info tentang kandungan nutrisinya. Nutrisi dalam buah naga merah hampir sama dengan buah naga putih tetapi buah naga merah memiliki tingkat antioksidan dan pigmen yang lebih tinggi. Dalam 100 gram buah naga merah terdapat :
- Kalori: 35-50
- Air 80-90 g
- Vitamin C 4-25 mg
- Kalsium 6-10 mg
- Karoten (vitamin A)
- Karbohidrat 9-14 g
- Fiber 0,3-0,9 g
- Besi 0,3-0,7 mg
- Lemak 0,1-0,6 g
- Vitamin B3 0,2-0,45 mg
- Fosfor 16-36 mg
- Protein 0,15-0,5 g
- Thiamine (vitamin B1)
- Riboflavin (Vitamin B2)

Belum ada kasus negatif yang dilaporkan setelah mengkonsumsi buah naga merah, artinya bahwa kita aman mengkonsumsi buah naga merah bahkan untuk anak-anak dan wanita hamil sekalipun. Jadi karena manfaat buah naga bisa dinikmati oleh seluruh kalangan tanpa melihat kondisi sedang hamil atu tidaknya, maka berikut ini Saya sampaikan beberapa manfaat buah naga merah untuk Anda termasuk ibu hamil muda.

Meningkatkan kesehatan pencernaan 
Buah naga merah mengandung sejumlah serat yang dapat memberikan manfaat bagi pencernaan. Memang, umunya buah akan memberikan manfaat dalam menyehatkan pencernaan, tapi buah naga merah selain menjaga kesehatan pencernaan juga dapat mencegah peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan.

Mencegah sembelit
Serat tidak hanya membuat sistem pencernaan menjadi sehat tetapi juga meningkatkan gerakan usus dan memfasilitasi tinja agar mudah keluar dari usus besar. Serat dalam buah naga merah bekerja dalam menambah massal pada tinja sehingga mencegah sembelit.

Mencegah kanker
Buah naga merah mengandung banyak antioksidan dan pigmen. Buah naga merah mengandung Vitamin C dan lycopene yang dapat mencegah penyakit tertentu seperti kanker terutama kanker prostat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention melaporkan bahwa mengkonsumsi sejumlah likopen dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Anda tidak bisa meremehkan tingkat vitamin C dalam buah naga merah. Buah naga merah mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi  yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah naga merah sama saja dengan memberi asupan Vitamin C dan  fitonutrien lainnya serta antioksidan yang berpengaruh dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh terutama dari serangan berbagai penyakit dan radikal bebas.

Mencegah diabetes
Kandungan serat dalam buah naga merah dapat menstabilkan tingkat gula darah dalam darah. Buah naga juga dianggap sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah. Mengkonsumsi makanan dengan GI rendah atau indeks glikemik (<55) dapat membuat insulin bekerja dengan baik, sementara GI tinggi seperti pada makanan kaleng justru akan meningkantan resistensi insulin dan memicu perkembangan diabetes.

Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung adalah penyakit nomor satu yang harus disadari oleh semua orang karena menjadi penyebab utama pertama kematian, berdasarkan  data Organisasi Kesehatan Dunia. Buah naga merah mengandung serat yang dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah dan melindungi lapisan pembuluh darah dari efek kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam buah naga merah juga memainkan peran penting dalam menjaga jantung dari stres oksidatif yang disebabkan oleh kerusakan radikal bebas.

Memperlambat proses penuaan 
Semua orang tentu ingin selalu hidup sehat dan awet muda dan dengan mengkonsumsi buah naga merah, maka hal itu bisa Anda raih. Buah naga merah dengan antioksidan-nya dapat memperlambat efek penuaan pada tubuh. Penuaan yang terjadi dalam tubuh manusia sebagian besar disebabkan oleh efek radikal bebas yang bisa ditangkis dengan antioksidan.

Menjaga kadar kolesterol
Kolesterol atau juga dikenal sebagai Low Density Lipoprotein (LDL) adalah jenis lemak yang dianggap sebagai lemak buruk. Jumlah kolesterol yang berlebihan akan menyebabkan beberapa masalah seperti aterosklerosis atau penebalan dinding arteri. Kolesterol akan memasuki lapisan pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ketika arteri menebal, darah akan mengalir dalam tekanan tinggi dan hal inilah yang dapat menyebabkan stroke serta penyakit jantung. Buah naga merah mengandung serat dalam jumlah yang tinggi yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Serat akan mengikat kolesterol dan menyingkirkannya dari tubuh.

Membantu menghilangkan berat badan
Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan ringan tetapi khawatir menaikkan lebih berat badan, maka Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah naga merah. Buah naga merah mengandung serat tinggi yang akan membuat perut Anda cepat merasa kenyang. Hal ini akan mencegah Anda dari cepat lapar dan mengurangi sel lemak dalam tubuh.

Baca juga : Minuman penurun berat badan


Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil Muda


Meningkatkan kesehatan rambut
Jus buah naga merah dapat meningkatkan kecantikan rambut Anda. Cukup dengan menerapkan jus buah naga merah pada kulit kepala dan rambut atau menggunakannya sebagai masker rambut. Buah naga merah mengandung antioksidan yang tinggi dan banyak nutrisi yang dapat meningkatkan warna rambut dan membuatnya halus.

Mencegah jerawat
Jerawat adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan yang bisa dialami oleh banyak orang terutama remaja. Jerawat terjadi terutama pada wajah dan hal itu disebabkan oleh infeksi bakteri dan penyumbatan pori-pori oleh kotoran. Daging buah naga merah bisa ditumbuk atau dihaluskan kemudian digunakan sebagai masker wajah untuk mencegah dan mengobati jerawat. Buah naga merah mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melawan infeksi bakteri dan membersihkan pori-pori tersumbat.

Menjaga kesehatan kulit
Minum jus buah naga merah tidak hanya akan membuat Anda sehat tetapi akan membuat kulit Anda bersinar. Tingginya kandungan antioksidan dalam buah naga merah dapat mencegah efek radikal bebas pada kulit yang dapat menyebabkan kerut dan kusam. Vitamin C dalam buah naga merah juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menyingkirkan kulit kusam.

Mencegah kulit terbakar
Buah naga merah mengandung vitamin B3 yang dapat membantu melembabkan kulit dan melepaskan panas yang disebabkan oleh sengatan matahari. Jika Anda merasakan kulit terbakar dan merasa sakit, coba campurkan jus buah naga merah dengan beberapa mentimun atau lidah buaya. Campuran ini pasti akan membuat kulit Anda merasa lebih baik.

Memperbaiki sel tubuh
Buah naga merah juga mengandung protein yang dapat membantu dalam  meregenerasi dan memperbaiki sel tubuh. Protein adalah nutrisi utama pembangun hampir semua organ tubuh dan kurangnya protein dapat menyebabkan beberapa masalah seperti lambatnya proses penyembuhan.

Mencegah anemia
Besi adalah mineral penting yang diperlukan dalam menjaga sel darah merah dalam jumlah normal. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan itu akan membuat Anda lemah sepanjang hari. Dengan mengkonsumsi beberapa potong buah naga merah akan menyediakan zat besi sehingga mencegah tubuh dari anemia.

Menguatkan tulang 
Buah naga merah mengandung sejumlah kalsium yang dapat membantu melindungi massa tulang dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis biasanya terjadi pada orang tua terutama perempuan, dan itulah mengapa wanita yang sudah menopause disarankan harus mengkonsumsi buah naga merah secara teratur.

Mengurangi sakit akibat arthritis
Arthritis adalah gejala umum dari penyakit autoimun yang mempengaruhi sendi. Penyakit autoimun adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki sel-sel kekebalan tubuh dalam jumlah banyak sehingga sel-sel kekebalan tubuh memakan sel-sel sehat dalam tubuh. Buah naga merah mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala arthritis dan mengurangi rasa sakit.

Mengobati sakit perut
Diyakini bahwa buah naga merah dapat mengobati sakit perut dan menyingkirkan ketidaknyamanan dalam perut disamping juga meningkatkan nafsu makan.

Meningkatkan daya lihat mata
Buah naga merah mengandung beta karoten dan pigmen yang dapat melindungi mata dari efek radikal bebas dan mencegah mata dari terkena penyakit tertentu seperti katarak dan degenerasi makula.

Mempercepat proses penyembuhan luka
Jika Anda terkena luka di kulit, cukup dengan menggosokkan jus naga merah pada kulit maka dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Meminum buah naga merah juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat dari dalam.

Itulah manfaat buah naga merah yang bisa Anda peroleh buat Anda, baik untuk ibu hamil muda, hamil tua maupun yang tidak hamil.

Tag : manfaat buah naga merah
Back To Top