Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia


Artikel kesehatan kali ini akan membahas masalah bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal manusia. Anda harus mengambil langkah-langkah yang sekiranya mesti dilakukan untuk menjaga ginjal Anda supaya tetap sehat karena akan menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk Anda lakukan.

Jika Anda berada pada risiko terkena penyakit ginjal, maka langkah yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ginjal Anda supaya tetap sehat adalah:
  • Mencek darah dan urin.
  • Mengelola penyakit terkait dengan ginjal seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Beberapa tips untuk membantu menjaga ginjal Anda tetap sehat yang Saya ambil dari laman Niddk NIH :
  • Menjaga tekanan darah Anda pada angka normal sesuai yang ditetapkan oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan. Bagi kebanyakan orang, nilai tekanan darah yang normal adalah kurang dari 140/90 mm Hg. Nilai ini bisa menunda atau mencegah gagal ginjal.
  • Jika Anda memiliki diabetes, usahakan untuk mengontrol kadar glukosa darah Anda.
  • Menjaga kadar kolesterol Anda dalam kisaran angka normal.
  • Minum obat sesuai dengan resep dokter, jangan sembarangan. Obat tekanan darah tertentu yang disebut inhibitor ACE dan ARB dapat melindungi ginjal Anda. Tanyakan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.
  • Mengurangi garam dengan nilai kurang dari 2.300 miligram sodium setiap hari.
  • Memilih makanan yang sehat untuk jantung Anda seperti buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan makanan susu rendah lemak.
  • Batasi asupan alkohol Anda dan lebih bagus lagi jauhi karena sangat merusak.
  • Lebih aktif secara fisik.
  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.
  • Jika Anda merokok, segera ambil langkah-langkah untuk berhenti karena merokok dapat membuat kerusakan ginjal lebih parah.
Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia


Sementara itu, menurut laman Health Celevland Clinic, ada 7 rahasia yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memperjelas point-point di atas, untuk menjaga ginjal Anda supaya berfungsi dengan baik dan sehat pada setiap fase kehidupan.

Banyak minum tapi jangan berlebihan 
Memang belum ada penelitian yang telah terbukti bahwa minum banyak air bisa cukup efektif dalam meningkatkan fungsi ginjal. Namun saat ini hal tersebut masih dipercaya mengobati ginjal dan merupakan ide yang baik untuk selalu minum antara 4-6 gelas sehari. Mudah-mudahan bisa membantu ginjal Anda melakukan fungsinya dengan lebih baik.

Makan makanan yang sehat 
Ginjal Anda sebetulnya dapat mentolerir berbagai makanan yang biasa Anda makan, karena sebagian besar masalah ginjal timbul dari kondisi medis lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah. Dengan mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi, maka akan membantu menjaga ginjal supaya tetap dalam kondisi yang baik.

Berolahraga secara teratur
Jika Anda sedang sehat, maka berolahraga Anda adalah ide yang baik,  karena seperti halnya pola makan yang sehat, maka aktivitas fisik secara teratur pun dapat mencegah penambahan berat badan dan tekanan darah tinggi. Tapi tetap Anda harus menjaga diri, jangan sampai latihan secara berlebihan, tetap semuanya harus dikondisikan. Berlebihan olahraga ketika Anda kurang sehat atau fit justru dapat menambah beban pada ginjal. Selain itu, jika Anda berolahraga terlalu banyak maka bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan otot.

Hati-hati dengan suplemen dan obat herbal 
Berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen vitamin tertentu dan beberapa obat ekstrak herbal, dapat membahayakan ginjal Anda. Konsultasikan dahulu dengan dokter Anda tentang vitamin dan herbal yang rencananya akan Anda konsumsi.

Berhenti merokok
Merokok dapat merusak pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke ginjal. Ketika ginjal tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, maka ginjal tidak bisa berfungsi secara optimal. Merokok juga meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi serta kanker ginjal.

Jangan berlebihan saat mengkonsumsi obat apotek
Obatl non resep yang umum seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi selama jangka waktu yang lama. Jika Anda memiliki ginjal yang sehat dan menggunakan obat-obatan ini untuk pereda nyeri yang timbul sesekali, maka mungkin tidak menimbulkan risiko. Tapi jika Anda mengkonsumsinya untuk pereda nyeri kronis atau arthritis, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter tentang pengaruhnya terhadap fungsi ginjal atau menemukan cara alternatif lain untuk mengontrol rasa sakit.

Melakukan USG fungsi ginjal secara teratur
Jika Anda memiliki diabetes atau tekanan darah tinggi, maka sebaiknya lakukan USG secara teratur untuk mengetahui kemungkinan adanya disfungsi ginjal sebagai bagian dari perawatan rutin.

Sementara itu laman NHS menambahkan, untuk membantu ginjal supaya dalam kondisi sehat, Anda harus selalu bertubuh ramping karena mempunyai berat badan terlalu berlebih akan meningkatkan tekanan darah Anda, yang mana kondisi ini bisa memperburuk ginjal Anda. Cobalah untuk menjaga diri agar berada pada nilai berat badan yang sehat dengan cara selalu aktif berolahraga dan tidak makan berlebihan.

Perhatikan indeks massa tubuh Anda (BMI) yang membantu mengetahui apakah Anda adalah seorang yang punya berat badan ideal atau tidak. Atau Anda juga bisa menggunakan kalkulator berat badan yang banyak dijumpai di website-website tentang diet. Jika memang berat badan Anda berlebih, cobalah melakukan aktifitas atau latihan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang, minimal 150 menit dalam seminggu atau 20 menit sehari. 

Lebih lanjut, laman Amoils menambahkan beberapa tips lagi umtuk menjaga kesehatan ginjal manusia yaitu :
  • Hindari kontak dengan semua item yang beracun dan berbahaya. Yang dimaksud beracun diantaranya adalah obat-obatan seperti OAINS dan statin, aspirin dan Tylenol. Selain itu, kandungan fluoride dalam air, menggunakan peralatan masak sejenis teflon, penggunaan pestisida dan deterjen, pemanis buatan, fruktosa, soda dan permen juga bisa membahayakan ginjal Anda.
  • Jauhi gula, soda dan pemanis buatan, makanan asinan dan makanan berlemak jahat. Sebaliknya, ganti dengan garam dan lemak alami yang baik seperti mentega dari krim baku, minyak zaitun dan minyak kelapa organik.
  • Memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Jika tekanan darah lebih tinggi dari seharusnya, segera turunkan dengan solusi alami, jangan menggunakan obat kimia yang justru dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Lakukan hal-hal yang membantu Anda lebih rileks dan mengurangi tingkat stres.
  • Spirulina bisa membantu melindungi ginjal. Ginjal adalah salah satu organ pertama yang akan menderita kerusakan setelah paparan radiasi tertentu yang signifikan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa spirulina membantu melindungi dari nefrotoksisitas dari pengobatan kanker, antibiotik dan analgesik.
  • Perlu diketahui bahwa saat ini banyak orang yang tidak toleran terhadap gluten dan dengan demikian menderita gluten bisa disebabkan karena kerusakan ginjal. Jika Anda tidak yakin atau curiga bahwa Anda mengalami intolerann gluten, lakukan tes secara genetik untuk mengetahui sensitivitas gluten. Jika Anda telah benar-benar memiliki penyakit ginjal, pastikan dokter Anda memeriksa nilai vitamin D. Selain itu, pastikan untuk mengukur nilai kekurangan gizi. Malabsorpsi merupakan penyebab umum dari penyakit sekunder untuk orang-orang dengan intoleransi atau sensitivitas terhadap gluten.
Itulah sedikit informasi tentang menjaga kesehatan ginjal manusia, semoga artikel kesehatan ini bermanfaat buat Anda.


Tag : kesehatan ginjal
Back To Top