Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Kulit

Kali ini blog Artikel Kesehatan ingin berbagi seputar manfaat daun kelor bagi kesehatan kulit. Tanaman kelor ini punya nama latin Moringa Oleifera, adalah sejenis tanaman yang berasal dari tanaman perdu, di mana masyarakat Jawa pada umumnya memanfaatkan tanaman tersebut sebagai tanaman pagar dan obat-obatan, bahkan tak jarang juga dijadikan sebagai sayuran dalam hidangan makan sehari-hari.   

Di beberapa daerah menyebutnya dengan nama yang berlainan, seperti kerol, moltong, keloro, ongge, dan lainnya. Tanaman kelor ini pun dapat tumbuh dengan subur dan sangat berlimpah di wilayah Afrika, Amerika selatan, Amerika tengah, dan Asia.

Ciri-ciri daun kelor sangat mirip dengan daun bidara. Bedanya pada warna bunganya yaitu putih kekuningan dengan aroma semerbak. Sedangkan bentuk buahnya mirip segitiga memanjang.

Dalam pengobatan tradisional ala India, daun kelor diyakini mampu mengatasi sekitar 300 jenis penyakit. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun kelor bisa juga digunakan sebagai bahan kecantikan yang baik untuk kesehatan wajah dan kulit tubuh. Kandungan vitamin C-nya yang lebih tinggi daripada buah jeruk dan sayuran adalah salah satu alasannya.

Para pemerhati dan peneliti kesehatan telah memberikan julukan kepadan tanaman kelor dengan julukan “The Miracle tree” dan “The Elixir of Long Life”, karena mengetahui kemampuan ajaibnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Adapun kandungan yang terdapat di dalam daun kelor meliputi pterigospermin, minyak atsiri, alkaloid, morigin, moringinin, minyak lem, klorofil, vitamin C, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan vitamin  E; serta mineral termasuk magnesium, seng, tembaga, silika, zat besi, dan juga mangan.

Dengan banyaknya kandungan tersebut, wajar apabila daun kelor juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal yang terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan tubuh, seperti rematik, nyeri sendi, rabun ayam, dan sakit kuning.

WHO menyarankan supaya daun kelor dikonsumsi oleh anak-anak di masa pertumbuhan, karena daun ini kaya akan nutrisi gizi. Seperti telah disebutkan di atas bahwa daun kelor mengandung vitamin C, tepatnya sekitar 7 kali lipatnya lebih banyak dari jeruk. Kalsium di dalamnya 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu.

Kelor juga mengandung potassium, 3 kali lipat lebih banyak daripada pisang. Asam amino essensial di dalamnya lebih banyak daripada protein dalam susu. Sedangkan Vitamin A yang terdapat dalam kelor, jumlahnya bisa sampai 4 kali lebih baik dari pada pada wortel. 

Khusus bagi wanita, selain untuk kecantikan, daun kelor juga bisa membantu untuk meredakan kram perut yang kadang terjadi ketika sedang mengalami menstruasi, infeksi saluran kencing, membantu memperlancar proses persalinan, dan juga sebagai faktor kesuburan.

Namun kali ini yang akan dibahas ialah manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit yang bisa dicoba oleh para kaum wanita. Adapun beberapa manfaat tersebut antara lain :

Daun kelor untuk flek hitam

1. Menghilangkan noda hitam pada wajah
Kandungan vitamain C yang terdapat di dalam daun kelor merupakan nutrisi yang mampu untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Flek tersebut timbul akibat darah yang kotor sehingga akan merusak kecantikan kulit. Darah kotor akan menyebabkan muncul bintik-bintik merah, flek hitam atau noda lainnya pada kulit, sehingga kulit menjadi kotor dan tidak menarik lagi.

Jika anda ingin darah yang bersih dan kulit yang bersih pula, anda bisa mengkonsumsi daun kelor secara teratur. Daun kelor memiliki kemampuan untuk membersihkan darah kita, caranya sangat mudah sekali, anda siapkan daun kelor secukupnya lalu bersihkan, anda haluskan dengan cara diblender hingga halus, campur dengan susu dan anda minum. Ramuan itu pun bisa mendetoksifikasi tubuh yang pada akhirmnya tubuh pun menjadi lebih sehat.

Cara lainnya ialah dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C selain sebagai penguat sistem kekebalan tubuh, juga terkenal sebagai kandungan yang mampu mencerahkan kulit sehingga flek-flek di wajah bisa hilang.


Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan


Cara membuat masker daun kelor pun terbilang mudah, yaitu :

  1. Cuci beberapa lembar daun kelor hingga bersih, kemudian tumbuklah daun kelor tersebut hingga halus dan lembut.
  2. Hasil tumbukan bisa juga dicampurkan dengan bedak bayi secukupnya. Kalaupun tidak dicampurkan juga tidak jadi masalah.
  3. Aplikasikan hasil tumbukan tersebut ke permukaan wajah hingga merata dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Tapi jangan lupa, sebelum wajah diaplikasikan masker, maka harus dibersihkan dulu dengan air.
  4. Bilaslah dengan menggunakan air. Lakukanlah kebiasaan ini setidaknya 2 hari sekali atau paling tidak sebanyak 2 kali dalam seminggu dalam satu bulan. Nantinya si flek hitam yang ada pada wajah, maka akan berangsur-angsur memudar pasti dan akhirnya lenyap dengan sendirinya.

Apakah masker daun kelor bisa untuk menghilangkan jerawat ?

2. Menghilangkan jerawat pada wajah
Kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Caranya pun hampir sama dengan menghilangkan noda hitam yaitu:

  1. Cuci beberapa lembar daun kelor hingga bersih, kemudian tumbuklah hingga halus dan lembut.
  2. Bersihkan wajah dengan menggunakan air. Oleskanlah saja tumbukan tersebut pada bagian wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jerawat yang muncul hingga menutupinya.
  3. Selanjutnya diamkan saja kurang lebih 20 menit sampai terasa kering, lalu dibilas dan juga bersihkan dengan memakai air hingga bersih. Lakukanlah cara perawatan ini secara rutin dan teratur sebelum tidur malam apabila menginginkan jerawat cepat hilang. Sehingga wajah kembali bersih dan cerah.

3. Menyehatkan kulit wajah
Daun kelor yang dapat menyehatkan kulit karena memang kandungan vitamin C pada daun kelor sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Di samping itu, mengkonsumsi daun kelor sebagai masakan juga diyakini mampu memperhalus kulit dan mencegah munculnya jerawat sehingga wajah dan kulit akan terlihat semakin sehat, bersih, dan cantik.

4. Sebagai antioksidan
Kandungan vitamin C yang tinggi, juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Dalam kasus kecantikan sendiri, antioksidan akan mampu menjaga kulit supaya tetap segar, bersih, dan berkilau secara alami. Hal ini disebabkan bahwa vitamin C pun berperan dalam pembuangan segala macam racun yang dikeluarkan dari jaringan tubuh.

Daun  kelor mengandung sekitar 30 jenis antioksidan yang semuanya berperan besar terhadap kesehatan kulit. Minyak moringa yang terdapat dalam daun kelor pun sangat mudah diserap kulit sehingga membantu memberikan antioksidan dalam melindungi sel-sel kulit. 

5. Membersihkan kulit secara menyeluruh
Manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit juga bisa digunakan untuk membuat kulit bersih secara menyeluruh sehingga tampak cerah dan bersinar. Caranya itu tidak ada perbedaanayng tinggi dengan pembuatan masker tadi, hanya saja untuk kesempatan kali ini dicampur dengan beras dan minyak zaitun, yaitu:

  1. Cuci daun kelor secukupnya hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus.
  2. Campurkan hasil tumbukan daun kelor tersebut dengan beras yang juga sudah ditumbuk dengan kondisi yang masih agak kasar.
  3. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar terasa lebih harum. Kemudian gunakanlah campuran tersebut sebagai scrub atau lulur daun kelor dan balurkan secara merata ke seluruh tubuh seraya memberikan pijatan-pijatan lembut dan perlahan.
  4. Jika sudah dirasa cukup, selanjutnya bersihkanlah dengan cara melakukan mandi seperti biasanya. Dengan kata lain, cara ini merupakan cara mandi yang memakai daun kelor, beras, dan minyak zaitun sebagai lulurnya.

6. Menghilangkan Keriput
Dampak radikal bebas pada kulit  menyebabkan munculnya keriput dan membuat kulit menjadi cepat keriput dan muncul flek hitam. Kelor dengan kapasitas antioksidannya yang tinggi bisa membantu membersihkan kerusakan sel-sel kulit dari efak radikal bebas dan memulihkannya menjadi muda kembali. Gunakanlah masker daun kelor seperti cara pada nomor 1 setidaknya 3 kali dalam seminggu agar didapatkan hasil yang maksimal.

7. Melembutkan kulit
Kulit kering dan kusam dapat diatasi dengan rutin makan daun kelor yang diolah sebagai masakan. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B2 di dalamnya, dimana vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit.

Selain itu daun kelor mengandung sulfur yang tinggi. Sulfur terdapat dalam setiap sel tubuh dan merupakan bahan utama untuk pembentukan kolagen dan keratin. Kolagen adalah zat elastis yang memberikan kelembutan dan flesibilitas pada kulit. Sementara keratin adalah zat yang kaku yang memberikan kekuatan untuk kulit. Kedua zat ini akan membentuk  sebagian besar jaringan kulit, yang terdiri dari protein yang dibangun dari sulfur.

8. Mengangkat sel kulit mati
Caranya dengan menggunakan pasta daun kelor. Dengan perawatan menggunakan pasta daun kelor, anda juga dapat mengatasi masalah sel kulit mati. Sel kulit mati yang membuat kulit wajah anda gelap serta kusam dapat terangkat dengan rajin menggunakan daun kelor sebagai pasta kecantikan kulit anda.

9. Menghilangkan bekas luka
Belas luka merupakan tumbukan sel kulit mati yang berada ditempat sama, nah sperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya dimana daun kelor mampu mengangkat sel kulit mati, itu artinya daun kelor juga dapat mengatasi atau menghilangkan bekas luka. Caranya cukup anda jadikan daun kelor sebagai pasta, kemudian anda oleskan pada bekas luka.

7. Mencegah penuaan dini
Manfaat daun kelor yang berikutnya yaitu untuk mengatasi masalah kerutan dan mencegah penuaan dini. Seperti yang kita ketahui tanda penuaan seperti kerutan merupakan momok yang sangat menakutkan sekali bagi wanita.

Namun anda tak perlu cemas, masalah kerutan atau tanda penuaan lainnya dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor yang murah meriah. Daun kelor akan melindungi kulit dari berbagai serangan radikal bebas yang menyebabkan kulit cepat menua dan keriput. Untuk mengaplikasikanya anda bisa menjadikan daun kelor sebagai masker atau pasta untuk kulit wajah anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari daun kelor dalam hal dunia kecantikan dan erat kaitannya dengan kesehatan kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh secara keseluruhan. Fungsi dan manfaat tambahan lainnya dari daun kelor selain untuk kecantikan ialah sebagai obat-obatan. Diantara obat-obatan yang bisa dibuat dari daun kelor akan mampu meredakan, menghilangkan dan juga mencegah beberapa masalah kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana cara mengambil manfaat daun kelor untuk mata, cara memutihkan wajah dengan daun kelor dan cara mengolah daun kelor buat obat ? Nantikan pada artikel selanjutnya.

Back To Top