Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Artikel Kesehatan kali ini akan membahas seputar manfaat jahe untuk kesehatan dan cara menggunakannya serta hal-hal yang berkaitan dengannya.

Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Senyawa keton bernama zingeron yang menyebabkan rasa pedas yang amat sangat khas pada jahe.

Manfaat jahe dapat digunakan untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh terlebih pada cuaca yang dingin atau sedang hujan terus menerus sehingga sangat cocok dikonsumsi supaya tubuh menjadi lebih hangat. Tanaman ini pun sering kali dibuat sebagai minuman yang kita kenal sebagai wedang jahe yang bisa bermanfaat dalam menghangatkan tubuh.

Agar lebih lengkap, berikut ini Saya tuliskan beberapa manfaat jahe untuk kesehatan.

Khasiat jahe untuk kesehatan

Melancarkan peredaran darah
Jahe kita ketahui mengandung Gingerol dan senyawa ini bersifat antikoagulan yakni berfungsi dalam mencegah terjadinya proses penggumpalan darah. Tidak adanya penggumpalan darah bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

Mengatasi stroke 
Untuk ramuan anti stroke, siapkan 20 gram jahe merah, 40 gram mengkudu, 20 gram 'pule pandak', 30 gram Daun 'dewa' , 20 gram daun cermai dan 4 gelas air. Cara membuatnya, cuci bahan tersebut, rajang dengan ukuran tipis, rebus sampai air tinggal 1,5 gelas, lalu saring. Minum 3 kali dalam sehari sebanyak setengah gelas

Perut kembung
Ekstrak dari tanaman jahe ini sangat berkhasiat terutama untuk orang-orang yang sering mengalami gejala perut kembung dan juga perut nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus. Alice Mackintosh, yang merupakan salah seorang pakari nutrisi asal United Kingdom menyatakan bahwa jahe bisa membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Air hangat yang dicampur dengan potongan lemon dan juga irisan jahe merupakan ramuan yang cukup ampuh untuk dapat meredakan masalah pada pencernaan, seperti terlalu sering buang air dan juga maag. Beliau menyimpulkan bahwa tanaman jahe mempunyai kandungan antioksidan tinggi serta mengandung gingerol yang sangat bermanfaat dalam membersihkan lambung dari asam yang selalu diproduksi tubuh saat seseorang sedang dalam keadaan stres. Jadi, secara tidak langsung, jahe dapat juga meredakan stres.

Melawan infeksi jamur di kaki 
Cara melakukannya, rendamlah kaki anda selama kurang lebih 10 menit ke dalam air hangat yang sudah diberi jahe.

Menurunkan tekanan darah
Jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur
Manfaat jahe salah satunya dapat bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Sebagai contoh di negara Tirai Bambu misalnya, ramuan jahe yang dicampur dengan gula merah dalam teh, selalu dikonsumsi untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan.

Membuat tubuh perkasa
Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

Bersifat anti alergi
Jika jahe dicampur dengan ekstrak biji anggur, maka hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi demam dan masalah yang berhubungan dengan alergi.

Mengobati morning sickness
Rasa mual, perut kembung dan rasa ingin muntah pada pagi hari pada wanita yang sedang hamil dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan minuman jahe. Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran jahe merupakan cara paling efektif untuk mengatasi gangguan ini.

Mengangkal radikal bebas
Jahe mengandung antioksidan yang mampu mengatasi efek radikal bebas dalam tubuh yang merusak.

Peradangan
Senyawa gingerol yang beraroma menyengat, berkhasiat sebagai anti-inflamasi atau obat anti peradangan.

Membersihkan kotoran atau racun dalam tubuh
Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh, maka cara ini dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Melalui keringat itulah, dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh. Selain diminum, bisa juga dengan cara berikut ini. Tambahkan dua ratus gram bubuk jahe pada air hangat. Berendamlah selama sekitar 20 hingga 30 menit. Disaat Anda berendam, jangan lupa untuk mensuplai kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak minum arput alias air putih. Anda perlu mengembalikan mineral dan cairan yang hilang melalui keringat.

Memerangi sel kanker
Senyawa atau nutrisi yang terkandung dalam jahe sangat berkhasiat dalam meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pada sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat memerangi beragam jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker usus.

Menurunkan kolesterol
Pada sejumlah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe, maka efektif untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati. Selain itu, kandungan pada jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah.

Pereda nyeri dan sendi kaku
Berdasarkan hasil tes uji klinis para ilmuwan di bidangnya dinyatakan bahwa rimpang yang satu ini amatlah bermanfaat dalam menghilangkan rasa sakit pada sendi, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan rheumatoid arthritis dan membantu meredakan nyeri pada punggung.

Mengatasi mual perut
Untuk membuatnya sangat mudah. Siapkan jahe dan cuci bersih, lalu jemur selama satu hari. Kemudian, jahe dikupas sedikit kulitnya dan digeprek. Lalu, seduh dengan air panas sambil ditutup hingga hangat. Ramuan tersebut kemudian dicampurkan dengan air gula sesuai selera. Minumlah satu kali sehari.

Mengatasi masuk angin 
Cara membuat ramuannya, ambil jahe tua berukuran kecil, cuci hingga bersih, tumbuk lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Masukkan gula merah secukupnya, dinginkan selama seperempat jam, lalu minum dalam keadaan hangat.

Mengatasi bercak putih pada kulit
Cara membuatnya, ambil 30 gram jahe, cuci sampai bersih lalu haluskan dengan blender. Balurkan jus tersebut pada kulit yang terkena vitiligo tersebut.

Manfaat air jahe

Melancarkan nifas
Seduhan air jahe biasanya diberikan kepada para ibu dalam waktu selama 30 hari setelah mereka melahirkan agar membantu untuk menghangatkan tubuh dan juga melancarkan nifas.

Khasiat wedang jahe

Meredakan rasa sakit
Cara menggunakannya adalah dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan seperti soto, semur, atau pun rendang.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Manfaat jahe sebagai obat

Mengobati keseleo 
Cara bikinnya, siapkan jahe sebanyak 2 rimpang saja lalu cuci dulu sampai terlihat bersih. Selanjutnya jahe diparut semuanya lalu tambahkan sedikit garam, balurkan pada anggota tubuh yang keseleo. Lakukan hal ini 2 kali dalam sehari.

Mengobati luka bakar
Jahe juga mampu membantu dalam meredakan luka bakar sekaligus mengurangi rasa nyerinya.

Mengobati nyeri haid
Cara menggunakannya, sobat bisa mengompres bagian perut yang sedang sakit dengan menggunakan sebuah handuk kecil yang telah direndam sebelumya dalam air teh jahe hangat untuk dapat membantu meredakan nyeri haid.

Mengobati panas dalam
Untuk mengobati panas dalam, siapkan 15 gram jahe, 10 gram bawang putih dan 30 gram akar tumbuhan tekorak, direbus dengan air 600 cc hingga tersisa setangahnya, lalu disaring dan diminum hangat-hangat.

Mengobati luka gigitan ular
Cara membuat obat tradisional dari jahe untuk mengobati luka akibat gigitan ular ialah dengan cara menumbuk rimpang jahe lalu diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya digunakan sebagai pertolongan awal. Nah, untuk penanganan yang lebih serius takutnya bisa menjalar lebih baik si penderita dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Sebagai obat jerawat
Dalan sebuah eksperimen yang dilakukan di perguruna tinggi bernama Universitas Maryland Medical Center, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Atau bisa juga dengan cara berikut ini. Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil. Bersihkan hingga bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe hingga ketebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Selanjutnya, terapkan jahe yang sudah diris-iris tersebut ke seluruh zona wajah dengan diberikan pijatan secara perlahan. Putar-putar hingga jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.

Obat mabuk perjalanan
Bagi mereka yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan, sebaiknya mengkonsumsi minuman jahe. Rempah-rempah yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa mual juga menyembuhkan jet lag.

Mengobati sakit gigi
Bagi sobat yang lagi sakit gigi dan juga nyeri gusi, maka penyakit ini bisa juga dicegah dengan mengkonsumsi minuman air jahe. Hal ini karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri. Bisa juga dengan cara menggosokkan jahe mentah pada gigi yang nyeri, jika perlu ratakan pada seluruh bagian dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit.

Mengobati migrain
Dalam sebuah studi atau eksperimen dinyatakan bahwa jahe itu bisa menghentikan prostaglandin, yaitu salah satu penyebab timbulnya sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah. Untuk membuat obat sakit kepala dari jahe, siapkan 15 gram jahe dan gula merah secukupnya lalu rebus dengan air 400cc hingga tersisa setengahnya, lalu disaring dan diminum hangat-hangat. Atau bisa juga dengan cara ke dua, ambil jahe berukuran kecil lalu bakar dengan api, lalu ditumbuk. Masukkan sedikit gula merah, lalu seduh dengan segelas air. Minum 3 kali dalam sehari.

Mengobati asma
Untuk membuat ramuan obat asma dari jahe, siapkan 10 gram jahe dan 10 kuntum bunga kenop, direbus dengan 400 cc air, hingga tersisa setangahnya, lalu disaring dan diminum selagi hangat. Bisa juga dengan resep yang kedua berikut ini. Siapkan 20 gram jahe merah segar, 30 gram daun sambiloto segar, 30 gram daun randu, 20 gram daun lampes serta 4 gelas air. Cara membuatnya, cuci sampai bersih bahan tersebut dan diiris. Rebus sampai air tersisa 2 gelas, lalu saring. Cobalah untuk selalu meminumnya dengan rutin di saat pagi dan juga sore hari sebanyak satu gelas. Bisa ditambahkan dengan madu.

Khasiat jahe dan madu

Menumpas cacing gelang 
Cara membuatnya, ambil 60 gram jahe segar kemudian cuci sampai bersih. Lumatkan, campur dengan segelas air. Saring dan tambahkan 1 sendok madu. Minum ramuan tersebut tiga kali dalam sehari.

Mengatasi rematik 
Bahan yang disiapkan adalah 20 gram jahe merah, 20 gram temulawak, 20 gram cabe kecil, 30 gram daun 'kumis kucing', 30 gram daun 'komfrey', 4 gelas air minum. Cara membuatnya, cuci sampai bersih semua bahan tersebut. Irislah sampai tipis Rebus sampai sisa air tinggal 2 gelas lalu saring. Minumlah satu gelas ramuan tersebut secara teratur di saat pagi hari dan sore hari. Anda bisa menambahkan madu atau jeruk untuk membuat rasa menjadi segar. Atau bisa juga dengan resep berikut, siapkan dua rimpang jahe, panaskan di atas bara api lalu tumbuk. Tempelkan tumbukan jahe tersebut pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Menghilangkan rasa lelah atau lemas
Untuk keperluan ini, siapkan 10 gram jahe yang di parut, tambahkan 200cc air lalu disaring. Air saringan tersebut ditambah merica setengah sendok teh dan madu secukupnya, diaduk lalu diminum.

Demam dan batuk
Kandungan gingerol pada jahe juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Membuat ramuan jahe sebagai obat batuk ada 3 cara, silahkan pilih salah satu.
Pertama, ambil kira-kira 15 gram jahe, kemudian dihaluskan dan direbus dengan 400cc air hingga tersisa setengah, lalu disaring dan diminum hangat-hangat.
Kedua, siapkan 15 gram jahe, 10 gram sirih dan 5 gram pinang, dikunyah-kunyah lalu airnya ditelan.
Ketiga, bersihkan 10 gram, potong-potong dan remukkan. Rebuslah dengan air sebanyak 4 cangkir dalam kurun waktu sekitar 20 menitan. Saring dan tunggu sampai hangat. Silahkan menambahkan madu sesuai selera anda.

Arthritis
Ekstrak jahe juga bermanfaat bagi penderita arthritis dan osteoarthritis. Kandungan yang terdapat di dalam jahe, ternyata ada sebuah komponen yang fungsinya bisa menghambat COX, yaitu salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan. Obat resep penghambat COX ini biasanya memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh. Namun penggunaan jahe sebagai salah satu obat herbal alami, ternyata memiliki khasiat yang serupa dan tanpa efek samping.

Untuk membuat ramuannya, siapkan 20 gram jahe merah segar, 30 gram kacang hijau, 10 gram kapulaga, 15 gram merica, 20 gram kayu manis dan 4 gelas air. Cara membuatnya, cuci sampai bersih bahan tersebut, lalu lumatkan. Rebus bahan tersebut ke dalam air, hingga air tersisa 2 gelas saja, lalu saring. Minumlah sebanyak 1 gelas di saat sore hari dan pagi hari setelah makan. Boleh ditambahkan madu agar lebih nikmat.

Manfaat jahe untuk diet

Menurunkan berat badan
Karena jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh dan jahe hanya mengandung sedikit kalori, maka hal ini tidak berkontribusi pada menaikan berat badan. Meminum ramuan jahe dengan cara bikin wedang jahe setiap hari tenyata bisa menjaga kesehatan dan proses metabolisme tubuh.

Mencegah perut buncit
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin sebelum makan, maka hal ini dapat mencegah terjadinya perut buncit. Mengapa demikian ? Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Peningkatan metabolisme tersebut ujungnya berdampak dalam mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Yang perlu diperhatikan adalah dosis ramuan jahe yang dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu untuk minuman, seduh satu sendok jahe dalam sekitar 150 ml air mendidih. Kemudian ambil 3 cangkir sehari untuk diminum. Sobat pun dapat menambahkan 10 sampai 20 tetes minyak jahe pada makanan. Sedangkan untuk pemakaian luar, Anda dapat menggosokkan minyak jahe kepada bagian tubuh yang terasa sakit.

Itulah sedikit info yang bisa Saya sampaikan perihal manfaat jahe untuk kesehatan. nantikan pula artikel kesehatan lainnya tentang efek samping jahe dan juga khasiat jahe putih pada postingan selanjutnya.

Back To Top