Kebugaran Jasmani

Mengapa Asap Rokok Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh ?


Ini dia beberapa alasan mengapa asap rokok berbahaya bagi kesehatan tubuh. Simak baik-baik, Anda pasti akan segera menjauhinya jika Anda sudah mengetahui informasi ini.

  • Asap rokok mengandung sekitar 4000 bahan kimia, 200 yang beracun dan 43 jenis lainnya bisa menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya adalah tar, nikotin, karbon monoksida, dll. Tar adalah zat hidrokarbon lengket dan menempel pada paru-paru. Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi saraf dan sirkulasi darah. Zat ini bersifat karsinogenik, dan bisa memicu kanker paru-paru yang mematikan. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
  • Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga macam zat pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung pengiritasi mata dan pernafasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi tingkat racun yang siap melayang ke udara. Sebuah tempat yang penuh dengan polusi asap rokok, maka lebih berbahaya daripada polusi di jalan-jalan di area kemacetan lalu lintas. Efek toksik dari rokok ini membuat perokok merokok cenderung merokok (dibandingkan mereka yang tidak merokok) 14x dengan kanker paru-paru, mulut dan tenggorokan; 4x menderita kanker kerongkongan; 2x kanker kandung kemih dan 2x serangan jantung. Rokok juga meningkatkan risiko kematian bagi orang dengan pneumonia dan gagal jantung, dan tekanan darah tinggi. 
  • Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok adalah opium yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Perokok berat akan memilih untuk merokok daripada makan jika uangnya terbatas.
  • Harga rokok mahal akan sangat memberatkan orang yang miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarga mereka sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merek terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dikeluarkan oleh beberapa perokok akan berjalan ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak pekerja tidak akan dapat memperbaiki standar hidup karyawan mereka, sehingga ketika pabrik rokok dimatikan, pekerja dapat dipekerjakan di tempat lain yang lebih kreatif dan meningkatkan penghasilan.
  • Beberapa perokok biasanya akan mengundang orang lain yang belum merokok untuk merasakan penderitaan yang sama dengan itu, yang terjebak dalam keinginan akan asap rokok yang buruk. Beberapa perokok juga sengaja merokok di tempat umum sehingga asapnya bisa dihirup oleh yang lain, sehingga orang lain akan terkena kanker.
  • Aktivitas yang merusak tubuh itu berdosa, sehingga rokok bisa dikategorikan sebagai objek atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.
Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif, perokok cenderung menghisap asap rokok lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.


Konsekuensi negatif dari rokok, sebenarnya mulai terasa saat orang baru mulai merokok. Pada tembakau yang terbakar, proses pembakaran tembakau kurang sempurna, mengakibatkan CO (carbon mono oxide), yang selain asapnya sendiri, tar dan nikotin (yang juga terjadi akibat pembakaran tembakau) dihirup ke jalan napas.

CO, Tar, dan Nikotin mempengaruhi saraf yang menyebabkan:
- Tangan yang gelisah dan gemetar (tremor)
- Rasa / nafsu makan menurun
- Ibu hamil yang suka merokok bisa mengalami keguguran

Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar yang terkubur di dalamnya menyebabkan:
- Batuk atau sesak nafas
- Tar yang menempel di jalan napas bisa menyebabkan kanker di jalan napas, lidah atau bibir

Nikotin merangsang munculnya hormon adrenal dari anak-anak ginjal yang menyebabkan:
- jantung berdebar
- Meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, yang erat dengan terjadinya serangan jantung

Gas CO (Karbon Mono Oksida) juga berdampak negatif pada jalan nafas pembuluh darah. Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen. Oleh karena itu, darah orang yang memiliki banyak CO, akan menurunkan daya dukung oksigen mereka dan orang bisa mati karena keracunan karbon monoksida. Pada perokok tidak akan ada keracunan CO, namun efek CO terhirup oleh perokok secara bertahap, perlahan tapi pasti akan berdampak negatif pada jalan napas dan pembuluh darah.

Saya berkesimpulan bahwa bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh manusia menyebabkan berbagai penyakit, yaitu:
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Kanker paru-paru
  • Penyakit jantung
  • Kanker, seperti lidah, tenggorokan, esofagus, pankreas, kandung kemih, leher rahim, darah (leukemia), dan kanker ginjal.
  • dapat merusak "pembuluh darah" dan "mempengaruhi jumlah lemak dalam aliran darah". Hal ini meningkatkan risiko penyakit "ATEROMA" atau pengerasan pembuluh darah.
  • Perokok lebih cenderung mengalami gangguan pada organ reproduksi laki-laki seperti disfungsi ereksi atau impotensi atau mengalami kesulitan dalam mempertahankan ereksi dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok. Hal ini diduga karena adanya kerusakan pembuluh darah yang berhubungan dengan penis.
  • Merokok menyebabkan Rheumatoid Arthritis, sebuah kondisi "autoimun" yang ditandai dengan peradangan sendi dan kerusakan jaringan ikat. Organ lain, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, dan kulit bisa terpengaruh karena bahaya merokok.
  • Perokok cenderung memiliki lebih banyak garis atau keriput pada wajah yang membuat wajahnya terlihat lebih tua dari usianya.
  • Bahaya rokok untuk kesehatan bisa mengurangi kesuburan (ketidaksuburan) baik untuk pria maupun wanita.
  • Pada beberapa wanita yang merokok biasanya mengalami menopause dua tahun lebih awal dari non-perokok.
Selain beberapa penyakit yang disebabkan oleh asap rokok yang disebutkan di atas, merokok juga sering menimbulkan gejala beberapa penyakit, seperti; asma, pilek, flu, infeksi dada, tuberkulosis, rinitis kronis, hipertiroidisme, multiple sclerosis, dan retinopati diabetik.

Selain itu, merokok dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan tubuh, seperti; katarak, degenerasi makula, fibrosis paru, psoriasis, demensia, penyakit gusi, kehilangan gigi, osteoporosis, dan neuropati optik.

Jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok mulai sekarang, Anda dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan tubuh Anda. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Tidak hanya itu, berhenti merokok akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit berbahaya atau risiko kematian akibat merokok. Anda bisa meminta bantuan seseorang jika Anda tidak dapat menghentikan diri Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa asap rokok berbahaya bagi kesehatan tubuh dan pernapasan kita baik bagi perokok pasif maupun aktif serta bagi lingkungan

Sumber :

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Asap Rokok
Back To Top