Kebugaran Jasmani

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami



Pernahkah Anda mengalami nyeri pada persendian, terutama pada ibu jari disertai juga dengan pembengkakan? Jika pernah, Anda mungkin terjangkit asam urat atau sering disebut kiral.

Asam urat merupakan penyakit limbah metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purine sendiri merupakan zat yang terkandung dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, di tubuh makhluk hidup ada purin ini, maka karena kita makan makhluk hidup tersebut, maka zat purin masuk juga ke tubuh kita.

Berbagai sayuran dan buah juga mengandung purin. Purin juga dihasilkan dari penghancuran sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya serangan asam urat pada orang tua, akibat akumulasi bahan purin ini.

Penyakit ini timbul karena kristalisasi natrium vena baik di dalam maupun di luar persendian. Asam urat hanyalah satu dari dua ratus jenis radang sendi yang sering menyerang manusia.

Secara umum, rasa nyeri dampak dari asam urat ini bisa muncul dalm kurun 3 - 10 hari, dan rasa nyeri mengalami puncaknya di antara 6 - 24 hari setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga sampai sepuluh hari kemudian, rasa sakit dari asam urat biasanya hilang dengan sendirinya, bahkan seperti biasa.


Meski bisa sembuh, namun penyakit asam urat bisa kambuh kapan saja tanpa gejala pasti. Penanganan penyakit asam urat bisa dilakukan melalui dua sasaran utama, yaitu meringankan gejala dan mencegah kambuh.

Dalam meringankan gejala asam urat yang muncul, Anda bisa menggunakan es batu dengan menempelkan ke sendi yang sakit. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti obat antiinflamasi non steroid (NSAIDS). Tapi jika tidak mengurangi rasa sakit, obat-obatan seperti colchicine atau kortikosteroid terkadang diperlukan.

Sementara untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat lagi, Anda bisa memperbaiki gaya hidup sehat seperti menurunkan berat badan, manajemen stres, diet sehat, dan masih banyak lagi. Jangan lupa gabungkan juga dengan konsumsi asam urat dari dokter untuk hasil maksimal.

Mengobati asam urat tidak hanya bisa dilakukan melalui perawatan dokter saja, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara mengobati penyakit asam urat secara alami antara lain:

Makan makanan bersifat basa
Dengan kita rajin mengonsumsi makanan pokok seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat. Asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal, nah ini makanan pokok yang membantu melarutkan asam urat dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

Makan jus cerry
Buah ceri memiliki senyawa asam yang cukup kental yang mampu menstabilkan kadar asam urat dalam urine dan darah. Selain kandungan asam yang tinggi, buah cerry juga mengandung kalium dan nutrisi yang bisa membantu meredakan nyeri di persendian. Cerry memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Kandungan anti-inflamasi mencegah munculnya peradangan, sementara antioksidan membantu mencegah radikal bebas berbahaya.

Mengkonsumsi jus lemon
Berbicara tentang buah asam, lemon juga salah satunya. Keasaman yang tinggi inilah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asamnya bisa membantu tubuh menghasilkan kalsium karbonat yang akan menetralisir asam urat.

Meningkatkan konsumsi vitamin C
Jenis vitamin ini cukup efektif untuk mengatasi radang sendi yang tiba-tiba. Bahkan kandungan antioksidannya juga terbukti bisa menghilangkan rasa sakit dan mencegah efek buruk radikal bebas. Sejauh ini sumber vitamin C tertinggi dipegang oleh jambu biji. Karena itu, jangan lewatkan jus jambu secara teratur di pagi hari. Tapi kalau tidak, Anda tetap bisa makan buah sitrus dan kiwi, karena keduanya juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tinggi.


Konsumsilah cuka madu
Propolis adalah nama lain dari cuka madu. Biasanya propolis ini sering dijual oleh para pedagang obat herbal. Propolis adalah kumpulan resin lebah yang bisa membantu memberikan sifat dasar dalam tubuh, sehingga cukup efektif untuk menetralkan asam urat tinggi.

Tingkatkan konsumsi air
Penyembuhan asam urat sebenarnya mudah, Anda bisa mengonsumsi air putih secara teratur minimal 8-10 gelas dalam sehari. Air adalah jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat di ginjal. Nilai level asam urat di dalam tubuh tidak akan terkonsentrasi, jika Anda mengkonsumsinya secara rutin. Dengan demikian, kemungkinan mengkristal pada sendi sangatlah kecil.

Mengkonsumsi ramuan cengkeh dan ubi jalar
Kedua bahan tradisional ini adalah obat asam urat alami yang telah digunakan oleh nenek moyang. Keduanya bisa membantu menetralisir kadar purin dan asam urat dalam tubuh. Cara mengobati asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar, pertama siapkan ramuan dulu seperti:
- 5 butir cengkeh
- 5 butir kapulaga
- 1 jari kayu manis
- 5 gram pala
- 15 gram jahe merah
- 1000 ml air
- 200 gram ubi jalar.
Selanjutnya cuci bahan yang sudah disiapkan. Kemudian rebus dengan 1000 ml air sampai mendidih dan sisa hingga setengahnya. Saring airnya, lalu konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, Anda bisa makan langsung terpisah.

Mengkonsumsi ramuan daun salam
Salam biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga saat memasak. Daunnya mampu memberikan aroma masakan khas dan lezat. Selain bermanfaat bagi masakan, ternyata kandungan potassium di daun salam terbukti bisa mengurangi kadar asam urat dengan cepat. Cara mengobati asam urat dengan daun salam, persiapkan dulu:
- 10 daun salam
- 2 gelas air.
Setelah dibersihkan, rebus daun salam dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan biarkan hingga tinggal 1 gelas air. Konsumsilah air matang ramuan ini secara teratur maksimal sehari dua kali. Lakukan selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

Mengkonsumsi ramuan daun sosor bebek
Ramuan herbal ini terbukti efektif turun-temurun dalam mengatasi asam urat. Jika dikonsumsi secara teratur, maka ramuan ini sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Cara menyembuhkan asam urat tradisional, siapkan dulu bahannya seperti:
- 5 siung cengkeh
- 5 butir kapulaga
- 4 daun sosor bebek
- 1 jari kayu manis
- 5 gram biji pala
- 10 gram jahe
- 600 ml air
Rebus ramuannya dengan 600 ml air sampai tersisa setengahnya. Bagi menjadi tiga atau per gelas 100 ml, kemudian konsumsi rutin sebanyak 3x sehari. Umumnya hanya dalam seminggu saja, rasa sakit di persendian akibat penyakit akan sembuh.

Jika setelah melakukan serangkaian perawatan asam urat diatas belum sembuh juga, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat. Sehingga akan mendapatkan penanganan terbaik di masa depan.


Artikel di atas sama dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh sobat tentang :
- cara menyembuhkan asam urat tanpa obat
- cara menurunkan asam urat tinggi secara alami

Nantikan pula artikel lainnya tentang :
- cara menyembuhkan asam urat secara total
- cara menurunkan asam urat dengan cepat
- cara mengatasi asam urat dan kolesterol
- cara mengobati asam urat dan rematik
- asam urat bisa sembuh total
- cara mengobati asam urat dengan daun salam

Sumber :
http://www.cantikitu.com/2016/01/cara-mengobati-asam-urat-tinggi.html

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top