Kebugaran Jasmani

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan


Artikel tentang kesehatan kali ini akan menjelaskan beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan. Dilansir dari laman Khasiat, Buahan Sehat dan Cara Khasiat Manfaat, inilah beberapa manfaat tersebut.

Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah
Zat-zat kimia yang terkandung di dalam buah ini memiliki manfaat yang sangatlah baik mampu mengontrol kadar kolesterol darah. Zat-zat itulah yang menyebabkan buah bengkuang mampu mengontrol kadar kolesterol darah.

Mengatasi diabetes
Yang membuat bengkoang terasa manis adalah karena adanya kandungan inulin. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

Memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi
Buah bengkuang sangat bagus untuk pencernaan, dikarenakan kaya akan serat. Saat tubuh kekurangan serat tentu akan mengakibatkan susah pada saat membuang air besar yang dapat berakibat konstipasi.

Menyehatkan tulang dan gigi
Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik utnuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Mengobati batu ginjal dan empedu
Di dalam buah ini telah terkandung postasium dan fosfor zat tersebut sangatlah bagus bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu, saat anda memiliki masalah batu ginjal atau empedu Salah satu cara pengobatan tradisional yang dapat kita lakukan untuk mengobatinya yaitu cukup dengan mengkonsumsi buah ini.

Mengobati beri-beri
Kandungan vitamin B1 pada bengkoang dapat mencegah penyakti Beri-beri.

Sebagai sumber fitoestrogen alami
Kandungan estrogen yang terdapat pada bengkoang banyak sekali. Oleh sebab itu dianjurkan bagi wanita yang telah memasuki masa menopause untuk mengkonsumsi buah bengkuang dikarenakan mengandung estrogen yang sangat tinggi. Dengan demikian keluhan yang umum pada menopause dapat di hindari, sehingga tubuh akan menjadi lebih segar dan menarik tentunya.

Menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah
Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam / flek pada wajah anda.  Untuk penggunaannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan masker.

Menjadikan kulit sehat
Kandungan vitamin B1, vitamin C pada buah ini bisa menjadikan kulit anda lebih segar dan sehat. Mengkonsumsi buah bengkuang segar secara teratur bisa mendapatkan kulit yang segar bercahaya alami.

Memperlancar ASI
Manfaat terbaru dari Bengkoang yang di temukan oleh pemuda dari daerah Nganjuk pada saat salah salah satu keponakannya yang seusai melahirkan, namun  ASI tidak dapat keluar. Dia mencoba memberikan Bengkong kepada keponakanya dan seketika itu ASI dari keponakanya itu keluar ibarat air keran yang mengucur deras.

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Membantu mengobati sariawan
Kandungan vitamin C di dalam buah ini bisa membantu proses penyembuhan sariawan. Manfaat vitamin C yang ada pada buah berfungsi sebagai antioksida tentu bisa membantu anda dalam proses penyembuhan. Penyebab terjadinya sariawan terjadi disebabkan kurangnya vitamin C.

Membantu mengobati wasir 
Serat dalam bengkuang bisa membantu untuk mengatasi wasir. Ini karena manfaat serat adalah untuk membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan lebih mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan ini. Untuk mengatasi wasir, buatlah dalam bentuk jus dan minum setiap bangun di pagi hari.

Mengobati Demam 
Bengkuang mengandung senyawa kimia bergizi untuk mendinginkan dan mengurangi demam. Umbi bengkuang bisa dimakan langsung atau dijadikan jus dan minuman di pagi dan sore hari.

Menghentikan diare
Mengobati diare adalah salah satu manfaat buah ini karena serat yang terkandung dalam ubi dinyatakan mampu mengatasi masalah ini. Mengkonsumsi buah ini berguna untuk menghentikan diare dan dapat di konsumsi secara langsung.

Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
Di dalam kandungan bengkuang telah terdapat beberapa fitonutrien.  Kandungan yang terdapat pada buah ini di percaya memberikan nutrisi untuk tubuh. Sehingga dapat menyebabkan tubuh terhindar dari virus, Bakteri dan mikroorganisme lainnya. Oleh karena itu dianjurkan mengkonsumsi buah ini secara rutin selama seminggu satu atau dua kali untuk menyehatkan tubuh.

Membantu mengurangi produksi asam lambung
Buah ini memiliki sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan sangat cepat. Maag di sebabkan naiknya asam lambung yang sangat tinggi. Dianjurkan mengkonsumsi bengkuang dalam keadaan segar. Karena Sifat alkali dan umbi yang dingin, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih.

Itulah informasi seputar manfaat bengkoang untuk kesehatan bila dimakan termasuk untuk lambung, bagi ibu hamil. Baca juga artukel lain tentang :
- manfaat bengkoang untuk diet
- efek samping bengkoang
- bahaya bengkoang
- akibat terlalu banyak makan bengkoang
- kandungan bengkoang

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : manfaat bengkoang
Back To Top