Kebugaran Jasmani

Penyebab Penyakit Trypophobia


Apa penyebab penyakit trypophobia - Coba lihat gambar lambung perahu yang ditutupi dengan teritip, bibit biji teratai kering, gelembung susu di atas latte, atau sarang lebah. Gambar benda-benda ini tidak berbahaya kecuali Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang menderita trypophobia. Gambar ini cenderung menimbulkan rasa jijik, mual, dan ketakutan yang hebat, dan membuat kulit Anda merinding.

Penyakit Trypophobia

TRYPOPHOBIA adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan irasional terhadap kelompok lubang kecil atau benjolan. Diyakini oleh beberapa ilmuwan bahwa ini terdapat dalam gen kita yakni tidak menyukai bentuk yang rapat, sementara para ahli lain mengklaim bahwa itu adalah perilaku terpelajar. Beberapa ahli percaya bahwa manusia secara naluriah mengaitkan sutu yang berkelompok dengan hal yang berbahaya.

Istilah trypophobia diciptakan pada tahun 2005 oleh pengguna internet yang menggabungkan kata-kata Yunani yang berarti lubang dan ketakutan. Meskipun belum ditetapkan secara resmi sebagai sebuah kondisi, sebuah studi di Psychological Science memperkirakan bahwa trypophobia telah dialami pada 16 persen orang. Sementara beberapa ahli menemukan bahwa kelompok lubang itu menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, yang lainnya mengklaim bahwa dengan melihat gambar seperti itu, bisa membuat mereka terguncang ketakutan.

Kata ini diciptakan baru-baru ini dan istilah trypophobia menggambarkan ketakutan akan kelompok lubang. Fobia ini tidak dikenali oleh Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, namun visibilitasnya di internet menunjukkan bahwa bagi banyak orang, hal ini sangat nyata. Sekarang, para ilmuwan di Inggris berpikir bahwa mereka telah menunjukkan mekanisme evolusioner di balik reaksi tersebut.

Tom Kupfer dari University of Kent dan An T. D. Le dari University of Essex berbagi temuan mereka di jurnal Cognition and Emotion. Menurut penelitian mereka, trypophobia berkembang sebagai cara untuk menghindari penyakit menular. Ribuan tahun yang lalu, jika Anda melihat seseorang yang tertutup bisul atau tubuh tertutup lalat, keengganan alami terhadap penglihatan akan membantu Anda menghindari penangkapan apa pun yang mereka miliki.

Tapi merasa jijik dengan kulit yang penuh dengan patogen atau parasit saja tidak berarti Anda mengalami trypophobic. Bagaimanapun, menjaga jarak Anda dari infeksi potensial merupakan sikap cerdas. Tapi trypophobia tampaknya salah ditafsirkan dengan reaksi itu, karena para penulis menulis: "Trypophobia mungkin merupakan versi respons adaptif yang berlebihan dan terlalu umum."

Penjelasan ini tidak sepenuhnya baru, tapi sampai sekarang sedikit penelitian telah dilakukan terhadap apakah itu akurat atau tidak. Untuk menguji hipotesis mereka, para ilmuwan merekrut 376 trypophobes yang digambarkan sendiri dari forum online, dan 304 mahasiswa lainnya yang tidak mengklaim memiliki gejala. Kedua kelompok diperlihatkan dua set gambar: Kumpulan pertama dari tanda berbentuk lingkaran pada hewan dan bagian tubuh manusia ("gambar kluster penyakit yang relevan"); yang kedua menunjukkan kelompok lubang pada benda mati seperti batu bata dan polong bunga ("gambar kawin tidak relevan"). Sementara kedua kelompok melaporkan perasaan jijik dengan koleksi foto pertama, hanya trypophobes yang merasakan hal yang sama tentang gambar yang tidak ada hubungannya dengan infeksi.

Kesimpulan lain dari penelitian ini adalah bahwa trypophobia lebih terkait dengan sensasi jijik daripada rasa takut. Ini membedakannya dari fobia yang lebih umum seperti arachnophobia (takut laba-laba) atau acrophobia (takut ketinggian). Dan Anda tidak perlu menjadi trypophobic untuk merasa jijik dengan video dari kapal induk Suriname yang memperlihatkan lubang di punggung kapal.

Penyebab Penyakit Trypophobia

Penyebab Penyakit Trypophobia

Sementara penelitian mengenai kondisi ini masih dalam masa pengembangan, beberapa ahli percaya bahwa DNA manusia memang merasa ditolak oleh pola yang berulang. Wilkins dan Cole mengemukakan teori mereka dalam sebuah studi dari tahun 2013. Mereka berpendapat bahwa instingtual biasanya mengasosiasikan bentuk dengan bahaya, karena otak secara alami menghubungkannya dengan penyakit atau luka. Profesor Matthews telah mendorong teori lain, mengklaim bahwa kemungkinan orang takut pada gambar karena priming dan conditioning.

Sama seperti mengobati fobia lainnya, menyembuhkan ketakutan irasional seringkali tidak mudah. Terapi perilaku kognitif dapat digunakan untuk membantu penderita mengubah pola pikir mereka yang tidak produktif. Hal ini memungkinkan mereka untuk membedakan bahwa ketakutan mereka yang kuat ada dalam imajinasi mereka. Pengobatan lain yang dilakukan oleh trypophobics mencakup terapi perilaku, konseling dan hipnosis.

Sumber :
http://mentalfloss.com/article/503056/scientists-think-they-know-what-causes-trypophobia
https://www.thesun.co.uk/fabulous/2646035/phobias-trypophobia-symptoms-cures-kendall-jenner/

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Trypophobia
Back To Top