Kebugaran Jasmani

Menyembuhkan Batuk Anak


Bagaimana cara menyembuhkan batuk pada anak ? Hasil penelitian Saya dari beberapa blog yang menulis tema yang sama, didapat beberapa cara dalam menyembuhkan berbagai macam batuk yang diderita oleh anak kita.

Diantaranya dilansir dari laman The Asian Parent, setidaknya ada 4 obat alternatif yang ditawarkan untuk mengatasi batuk pada si kecil yakni :

Madu
Sebetulnya, madu jauh lebih efektif dalam menyembuhkan batuk pada anak Anda daripada memakai obat batuk yang banyak dijumpai di apotek atau minimarket. Madu mengandung zat antimikroba dan antioksidan alami yang memperkuat tubuh untuk melawan bibit penyakit. Madu juga merangsang keluarya air liur sehingga mengurangi kekeringan di tenggorokan.

Aturan pemberian madu untuk anak-anak adalah sebagai berikut:
- Setengah sendok teh madu untuk anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun
- 1 sendok teh madu untuk anak usia 6 hingga 11 tahun
- 2 sendok teh madu untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas.

Tapi harus Anda ketahui, hindarilah ngasih madu kepada nnak Anda yang masih bayi, yang berumur kurang dari 1 tahun, sebab sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung dalam madu.

Obat gosok
Oleskan obat gosok pada telapak kaki lalu kenakan kaus kaki agar hangat. Pilih jenis obat gosok yang tepat sesuai dengan usia anak. Hindari memakai balsem panas yang dipakai buat orang dewasa, soalnya si anak pasti malah nambah rewel karena kulitnya pasti kepanasan.

Uap
Masaklah air sampai mendidih lalu tuangkan air panas ke mangkuk. Simpan mangkuk di depan anak dan memintanya untuk menghirup uap dari air panas itu. Campur beberapa tetes minyak esensial mentol di dalamnya untuk hasil terbaik.

Sup ayam
Menurut pakar kesehatan, sup ayam mengandung sejenis zat yang memperlambat pergerakan sel yang menyebabkan masalah kesehatan di tubuh. Sup ayam juga meningkatkan gerakan lendir yang dapat meningkatkan pencernaan. Sediakan sup ayam hangat untuk mengatasi batuk pada anak, tetapi jangan memaksanya jika dia nggak mau.

Jika kebetulan yang batuknya dialami oleh anak yang masih bayi, maka menurut website Hamil, ada beberapa solusi yang bisa Bunda lakukan untuk menyembuhkannya yakni :

Dijemur di bawah matahari
Menjemur bayi yang sedang terkena batuk sangat baik untuk mengurangi batuk sehingga bayi menjadi lebih nyaman. Anda bisa menjemur bayi setelah mandi di pagi hari. Jemur dengan posisi perut ke bawah lalu pijat bagian punggung bayi dengan lembut. Mungkin ada bayi yang memuntahkan dan mengeluarkan dahaknya dari mulut. Jika dahak bisa keluar maka bisa menyembuhkan batuknya namun jangan dijemur terlalu lama, karena panas sinar matahari dapat merusak kulit bayi.

Memijat bayi 
Kalau di sekitar rumah Anda, ada tanaman kemangi, maka Anda bisa memanfaatkan daun kemangi tersebut untuk memijat bayi. Aroma dan senyawa dalam daun kemangi akan melonggarkan batuk dan membantu menghilangkan dahak. Triknya sebagai berikut:
- Ambil beberapa daun kemangi segar yang baru dipetik dan kemudian cuci secara menyeluruh.
- Hancurkan daundengan tangan Anda.
- Pijat dada dan punggung bayi dengan lembut dengan menggunakan ramuan tadi.
- Jangan membubuhkan ramuan terlalu banyak sebab menimbulkan efek panas pada kulit.
- Segera bersihkan dengan handuk hangat yang bersih.

Jika tidak ada daun kemangi, bahan lain yang dapat membantu mengurangi batuk bayi adalah minyak bawang putih. Anda bisa membuat minyak bawang putih sendiri sebab jauh lebih alami. Caranya adalah dengan memanggang beberapa siung bawang putih tanpa minyak. Jika sudah tercium aroma  harum, maka angkat dan lumatkan dengan tangan Anda. Bawang putih akan mengeluarkan minyak dan digunakan untuk memijat dada atau punggung bayi. Metode ini dapat membantu menyembuhkan batuk secara alami.

Memberikan ASI yang banyak
Bayi yang batuk biasanya akan sangat rewel. Untuk mengatasi batuk alami sebenarnya ASI adalah obat yang paling efektif untuk bayi. Hanya saja si Ibu yang merawat bayi sebaiknya mengonsumsi banyak bahan yang dapat menyembuhkan batuk. Beberapa makanan yang wajib menghasilkan susu berkualitas tinggi adalah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, daun pepaya dan daun singkong, kembang kol, kacang-kacangan dan biji-bijian serta harus banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin.

Memakai baju hangat
Batuk pada bayi biasanya disertai dengan berbagai gejala lain seperti flu dan tubuh yang lelah. Untuk mengatasi agar bayi cepat sembuh, maka berikan baju hangat untuk bayi Anda. Setelah mandi pagi dan mandi sore, segera kenakan pakaian hangat yang menyelimuti tubuh bayi. Jangan biarkan bayi terkena udara luar lebih sering karena tubuh bayi rentan terhadap virus.

Itulah beberapa cara menyembuhkan batuk khususnya pada anak dan juga bayi. Baca pula artikel lainnya tentang :
- cara mengatasi batuk pada anak saat tidur
- batuk pada anak di malam hari
- cara mengatasi batuk pada anak 2 tahun
- batuk pada anak yang tak kunjung sembuh 

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top