Kebugaran Jasmani

Sayuran Penurun Berat Badan


Ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan, dimulai dengan berolahraga, hindari makanan berkalori tinggi dan mengonsumsi berbagai makanan bergizi. Walaupun sekarang ada banyak makanan instan yang menjanjikan penurunan berat badan lebih cepat, tetapi Anda juga masih membutuhkan asupan nutrisi secara alami dan Anda bisa dapatkan dari sayuran.

Saat ini ada banyak jenis sayuran penurun berat badan yang bisa Anda dapatkan di berbagai tempat, terutama di supermarket atau pasar tradsional. Tetapi yang paling penting dalam hal ini adalah memilih sayuran mana yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Walaupun semua sayuran itu baik untuk kesehatan, bukan berarti Anda harus mengkonsumsinya semua. Nah, agar program diet Anda maksimal, Anda tidak harus meninggalkan mengkonsumsi sayuran berikut ini :

Selada
Terlepas dari rasanya yang lezat, sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin, magnesium, mineral, dan serat yang cukup tinggi untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, selada juga efektif untuk stres ketika Anda melakukan diet. Itulah sebabnya sayuran ini bagus dikonsumsi terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Saat menjalani program diet, tentu saja Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dikeluarkan. Nah, Anda bisa mengandalkan selada untuk membantu ini, karena selada mengandung kalori yang sangat rendah.

Secara alami, jika Anda melakukan diet Anda akan merasa lapar terus menerus, tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi rasa lapar dengan mengonsumsi selada. Kadar air dan serat dalam selada terbukti efektif dalam menurunkan berat badan tanpa merasa lapar. Selain itu, Anda bisa memakannya mentah atau diolah menjadi hidangan lezat.

Sayuran yang kaya akan mineral ini juga penting dalam membantu proses diet. Selain selalu dibuat salad, selada juga bisa dijadikan berbagai menu sehat untuk diet, antara lain tumis selada, jus selada, isi sandwich, rujak, lalapan dan lainnya.

Bawang Merah
Sayuran dan bumbu masak ini memang terkenal karena manfaatnya. Bawang merah merupakan penyadap makanan, tetapi juga baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena bawang merah kaya akan serat, nutrisi dan antioksidan yang juga disebut quercetin.

Kandungan antioksidan dalam bawang merah tidak hanya baik untuk mengobati perut kembung, tetapi juga bisa meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan banyak serat hanya dengan menambahkan bawang merah ke makanan Anda, karena serat adalah bagian yang mudah dicerna dari tanaman.

Serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda bisa mengendalikan berat badan. Makan bawang merah juga bisa menangkal kadar gula darah. Itulah sebabnya bawang merah menjadi bahan yang sangat penting baik di dunia kesehatan maupun masakan.

Meskipun digolongkan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Selain itu, bawang merah juga dapat digunakan sebagai campuran menu makanan lezat termasuk, seperti digunakan sebagai bawang goreng, acar bawang, saus bawang, tumis bawang dan lainnya.

Mentimun
Sayuran hijau ini sudah terkenal dengan manfaatnya untuk kecantikan, tetapi yang tak kalah penting adalah timun juga bisa menurunkan berat badan. Selain kaya nutrisi, mentimun mengandung vitamin C dan K yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bisa dibilang mentimun mengandung hingga 95% air dan 5% serat. Tentu saja, kedua nutrisi ini sangat efektif untuk membersihkan racun yang dihasilkan oleh sistem pencernaan, sehingga mentimun terbukti efektif dalam detoksifikasi tubuh.

Sayuran yang sering dijadikan pelengkap ini juga sangat rendah kalori. Bahkan 1 iris mentimun saja, hanya mengandung sekitar 13,52 kalori. Sedangkan kandungan nutrisi dan airnya cukup sehingga bisa membuat Anda kenyang tanpa kelebihan kalori.

Serat dalam mentimun tidak hanya membersihkan saluran pencernaan, bahkan seluruh tubuh. Selain itu serat dalam mentimun juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh Anda dapat memiliki banyak energi untuk membakar kalori.

Tidak hanya sebagai sayuran makanan pelengkap, Anda juga dapat mengolahnya menjadi hidangan lezat dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Olahan itu antara lain jus timun, mentimun rebus, salad mentimun, acar mentimun, manisan, mentimun tumis, sup mentimun dan lainnya.

Brokoli
Sayuran penurun berat badan berikutnya adalah brokoli. Si Hijau ini tidak hanya enak ketika diolah menjadi sayur capcai, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan, terutama nutrisi mikro, antioksidan, vitamin C, karoten dan vitamin K serta serat yang tinggi serat.

Brokoli juga mengandung kalium yang berguna untuk pertumbuhan otot dan fungsi otak. Selain itu, brokoli juga mengandung magnesium dan kalsium yang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan kesehatan tulang.

Kandungan vitamin K dalam brokoli juga bisa melawan peradangan dan mengandung asam lemak omega 3 yang berdampak pada penurunan berat badan dan kolesterol. Anda dapat menggunakan brokoli sebagai asupan nutrisi setiap hari, tetapi jangan lupa memperlakukan brokoli setengah matang agar kandungan sehat di dalamnya tidak hilang.

Banyak menu olahan untuk sayuran brokoli yang dapat Anda buat di rumah dan dapat Anda nikmati untuk sarapan, makan siang atau makan malam diantaranya salad rrokoli, tumis brokoli, jus brokoli, sup brokoli, isi sandwich, saus keju brokoli, brokoli rebus, es krim brokoli dan lainnya.

Sayuran penurun berat badan di atas umumnya dapat memfasilitasi sistem pencernaan sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang sembelit atau kesulitan buang air besar. Tidak hanya menurunkan berat badan, beragam sayuran juga dapat menyehatkan kulit Anda seperti mentimun, selada, dan brokoli yang selalu digunakan sebagai bahan kecantikan. Itu sebabnya Anda harus mengonsumsi beragam sayuran.

Sumber :
https://www.wrp-diet.com/everyday/blog/sayuran-penurun-berat-badan.html

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : penurun berat badan
Back To Top