Kebugaran Jasmani

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet


Tentu, Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Ada banyak program diet yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat, tentunya sambil Anda merasakan lapar dan kekurangan makan. Padahal masih ada cara menurunkan berat badan tanpa diet.

Untuk menjaga berat badan turun secara permanen, yang terbaik adalah menurunkan berat badan secara perlahan. Dan banyak ahli mengatakan Anda bisa melakukan itu tanpa melakukan diet. Sebagai gantinya, kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda.

Satu pon lemak itu sama dengan 3.500 kalori. Dengan memotong 500 kalori sehari melalui modifikasi pola makan dan olahraga, Anda bisa kehilangan sekitar satu pon seminggu. Jika Anda hanya perlu mempertahankan berat badan Anda saat ini, memotong 100 kalori sehari sudah cukup untuk menghindari 1-2 pound berat tambahan yang diperoleh kebanyakan orang dewasa setiap tahun.

Gunakan satu atau lebih dari beberapa strategi sederhana dan tidak menyakitkan ini di bawah ini untuk membantu menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

Sarapan Setiap Hari
Salah satu kebiasaan umum yang bagus bagi mereka yang sedang melakukan penurunan berat badan dan mempertahankannya adalah sarapan setiap hari. Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan sarapan, memiliki BMI lebih rendah daripada tanpa sarapan dan berkinerja lebih baik, baik di sekolah atau di ruang kerja. Cobalah semangkuk sereal gandum yang dilengkapi dengan buah dan susu rendah lemak untuk memulai hari yang penuh gizi.

Sarapan Sehat
Jika Anda melewatkan makan pagi, Anda mungkin menjadi korban nafsu makan sore yang tidak terkendali, porsi besar, pilihan makanan yang buruk, dan makan berlebihan, bahkan sampai malam. Jika Anda tidak bisa sarapan di pagi hari, camilan sehat di pagi hari adalah ide yang bagus.

Jika Anda tidak lapar di pagi hari, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Tetapkan waktu batas maksimal untuk makan malam, seperti jam 7 malam, dan akan lebih baik jika makan di sore hari.

Jangan ke Dapur di Malam Hari
Batasi waktu Anda menuju ke dapur di malam hari sehingga Anda tidak ngambil kudapan di larut malam atau ngemil sembarangan saat menonton televisi. Cukup nikmati secangkir teh, mengisap sepotong permen keras atau menikmati semangkuk kecil es krim atau yogurt beku jika Anda menginginkan sesuatu yang manis setelah makan malam, tetapi kemudian segera gosok gigi sehingga Anda akan cenderung tidak mau makan atau minum apa pun selain itu.

Pilih Kalori Cair dengan Bijak
Minuman manis akan menambah kalori, tetapi jangan mengurangi rasa lapar dengan itu seperti halnya memakan makanan padat. Puaskan dahaga Anda dengan air, air soda dengan jeruk, skim atau susu rendah lemak, atau jus buah 100% dalam porsi kecil.

Cobalah segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menangkal lapar di antara waktu makan. Hati-hati dengan kalori dalam alkohol. Jika Anda cenderung minum satu atau dua gelas anggur atau koktail, maka membatasi alkohol hingga akhir pekan, bisa menjadi penghemat kalori yang sangat besar.

Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur
Makan banyak buah dan sayuran rendah kalori dan bervolume tinggi bisa menggantikan makanan lain yang lebih tinggi lemak dan kalori. Pindahkan daging dari tengah piring Anda dan ganti dengan tumpukan sayuran.

Atau cobalah memulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk sup berbasis kaldu. Pedoman diet 2005 AS menyarankan bahwa orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 7-13 cangkir sayur dan buah setiap hari.

Jadi cukupi persediaan dapur Anda dengan banyak buah-buahan dan sayuran. Diet Anda akan diperkaya dengan vitamin, mineral, fitonutrien, serat, dan jika Anda mengisi perut dengan produk yang sangat bergizi, Anda tidak akan meraih toples kue.

Membatasi kue
Kalau mau memanggang kue, sebaiknya lakukan setelah makan sehingga Anda tidak akan terlalu banyak mencicipinya. Kunyah permen karet beraroma seperti peppermint atau spearmint sehingga mulut Anda akan terisi. Permen karet bisa jadi pengganti kue yang lebih sehat membantu mengurangi lemak dan kalori.

Mengkonsumsi biji-bijian
Dengan mengganti biji-bijian utuh dengan biji-bijian olahan seperti roti putih, kue dan pretzel, Anda menambahkan serat yang sangat dibutuhkan dan akan terisi lebih cepat sehingga Anda cenderung memakan porsi yang masuk akal. Pilih roti gandum dan pasta, nasi merah, serpihan dedak, popcorn, dan kerupuk gandum hitam.

Memilih Makanan Beku Sehat
Makanan beku yang rendah kalori dapat digunakan sebagai makanan cadangan untuk malam hari ketika Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan dan memasak makanan sehat. Cobalah untuk memilih makanan yang mengandung 300 hingga 350 kalori.

Mungkin beberapa pilihan makanan beku yang sehat tidak banyak mengandung sayuran, jadi pastikan untuk menambahkan salad kemasan atau sayuran beku yang disajikan dalam microwave ke dalam "makanan instan" Anda untuk membuatnya lebih bergizi.

Mengontrol Sekeliling Anda
Strategi sederhana lain untuk membantu mengurangi kalori adalah dengan cara mengendalikan lingkungan Anda, mulai dari memenuhi ruangan dapur Anda dengan banyak pilihan makanan sehat hingga memilih restoran yang tepat.

Dan ketika datang ke pesta, makanlah camilan sehat sebelumnya sehingga Anda tidak akan kelaparan begitu nyampai di tenpat pesta, dan selektiflah ketika Anda mengisi piring Anda di prasmanan. Sebelum kembali untuk makan lebih banyak, tunggu setidaknya 15 menit dan minum air segelas besar.

Mengurangi Porsi Makan
Jika Anda tidak melakukan apa pun selain mengurangi porsi Anda hingga 10% -20%, Anda akan kehilangan berat badan. Sebagian besar porsi yang disajikan di restoran dan di rumah lebih besar dari yang Anda butuhkan.

Ambil gelas pengukur untuk mendapatkan batasan ukuran porsi Anda yang biasa, dan cobalah menguranginya. Lakukan kontrol porsi secara instan dengan menggunakan mangkuk kecil, piring, dan cangkir. Anda tidak akan merasa kekurangan karena makanan akan terlihat berlimpah di piring kecil.

Tetap terhidrasi
Anda sering mendengar anjuran ini sepanjang waktu, Anda disarankan minum sebanyak enam hingga delapan gelas setiap hari. Rasa haus dapat dengan mudah disalahartikan sebagai rasa lapar, sehingga Anda bisa mengambil makanan ketika Anda benar-benar haus.

Memakan makanan kaya air seperti buah akan membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik juga. Jangan menunggu sampai Anda haus minum; cobalah menyesap air sepanjang hari dan Anda mungkin akan terkejut menemukan bahwa nafsu makan Anda tampak lebih jinak.


Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet


Pilih Makanan yang Membantu Merasa Kenyang Lebih Lama
Protein dan lemak membantu Anda merasa kenyang lebih lama dari karbohidrat sederhana. Protein secara alami mengandung lebih sedikit kalori per ons daripada lemak. Telur, daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang ideal.

Camilan seperti yogurt, telur rebus, keju tali, atau irisan kalkun akan memberi Anda dorongan energi dan menekan rasa lapar. Biji-bijian utuh juga mengandung protein, jadi Anda mungkin menemukan gabungan protein hewani atau susu dengan karbohidrat kompleks seperti kerupuk gandum atau roti gandum menjadi lebih efektif untuk menjaga energi Anda naik. Jika Anda tidak makan daging atau susu, ada juga beberapa sumber protein lain seperti kacang-kacangan.

Cukup Tidur
Tahukah Anda bahwa cukup istirahat dapat berdampak langsung pada kemampuan Anda menurunkan berat badan? Tidak cukup tidur itu justru dapat menyebabkan Anda makan lebih sering sehingga malah menambah berat badan.

Dalam upaya untuk mengkompensasi perasaan grogi, kita cenderung secara alami malah meraih makanan tinggi kalori dan tinggi lemak. Tidur yang cukup juga memastikan Anda akan merasa cukup berenergi untuk berolahraga sesuai kemampuan Anda.

Jika Anda tidak dapat menambahkan jam tidur tambahan, luangkanlah waktu untuk tidak melakukan apa-apa, berlatih pernapasan dalam, membaca, atau mendengarkan musik yang menenangkan setiap hari. Membuat lebih rileks, justru dapat menjaga makan yang emosional atau makan akibat stres.

Banyak Melangkahkan Kaki
Dapatkan sendiri alat pengukur langkah dan secara bertahap tambahkan lebih banyak langkah hingga Anda mencapai 10.000 langkah per hari. Sepanjang hari, lakukan apa pun yang Anda bisa untuk menjadi lebih aktif, misalnya melangkah saat Anda berbicara di telepon, mengajak kucing jalan-jalan dan jalan di tempat selama ada iklan televisi. Kalau bisa, beli pedometer yang berfungsi sebagai motivator dan pengingat terus-menerus.

Memilih Makanan dan Makanan Ringan Berprotein
Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak untuk setiap makanan dan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit. Cobalah yogurt rendah lemak, sedikit kacang, selai kacang, telur, kacang, atau daging tanpa lemak.

Para ahli juga merekomendasikan untuk makan dalam porsi kecil dan sering setiap 3-4 jam, untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil dan untuk menghindari terlalu banyak minum.

Demikianlah beberapa tips atau cara menurunkan berat badan tanpa diet secara cepat dan drastis, tanpa olahraga dan tanpa obat obatan yang mungkin saja bisa tercapai dalam waktu seminggu bahkan 3 hari.

Sumber :
https://www.webmd.com/diet/features/10-ways-to-lose-weight-without-dieting
https://www.verywellfit.com/ways-to-lose-weight-without-going-on-a-diet-3496036

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top