Kebugaran Jasmani

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani


Bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani - Dalam pelajaran olahraga, ada materi pembelajaran tentang pelatihan kebugaran fisik. Tidak hanya permainan yang diajarkan, tetapi kebugaran fisik juga diberikan. Ini agar semua orang bisa menjaga kesehatannya agar tidak mudah sakit.

Menjaga kebugaran fisik dapat membantu Anda yang memiliki perut buncit, atau yang memiliki lemak yang menumpuk dan memiliki tubuh yang kelebihan berat badan, sehingga dapat dikurangi. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan melakukan beberapa bentuk pelatihan kebugaran fisik. Pada kesempatan ini saya akan membagikan bentuk-bentuk lengkap pelatihan kebugaran fisik.

Bentuk pelatihan kebugaran fisik adalah bahan utama dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Namun tidak sedikit orang mengenal berbagai jenis pelatihan kebugaran untuk kepentingan tubuh yang sehat.

Ini dilakukan bukan tanpa alasan karena dengan menjalankan berbagai bentuk pelatihan kebugaran fisik tubuh kita akan terlatih dan lebih sehat. Oleh karena itu ada banyak orang kebugaran yang menjalankan berbagai bentuk pelatihan kebugaran fisik dengan tujuan mendukung program latihan yang mereka jalani

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Menjaga tubuh Anda agar sehat dan tidak mudah sakit adalah kewajiban manusia. Ini dapat ditingkatkan dengan melakukan latihan kebugaran fisik. Bentuk-bentuk pelatihan kebugaran fisik dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti pelatihan kekuatan, pelatihan kecepatan, pelatihan fleksibilitas, dan latihan ketahanan. Di bawah ini adalah penjelasan dari setiap latihan kebugaran fisik.

Latihan kekuatan
Bentuk pertama dari pelatihan kebugaran fisik adalah melakukan latihan kekuatan. Bentuk latihan ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Kekuatan adalah energi yang ada di otot dalam bentuk kontraksi yang diperoleh dengan melakukan upaya maksimal.

Upaya ini bermanfaat untuk berurusan dengan tahanan luar. Latihan kekuatan untuk menjaga kebugaran fisik sangat diperlukan untuk mencegah dan menggerakkan tubuh agar terhindar dari cedera. Kekuatan otot menggerakkan tubuh untuk dapat melakukan setiap aktivitas yang ada.

Bentuk pelatihan kebugaran fisik ini memiliki peran penting dalam beberapa komponen serta kemampuan fisik lainnya seperti kecepatan, kekuatan, dan kelincahan. Latihan kekuatan secara teratur akan meningkatkan kinerja optimal dalam tubuh. Latihan kekuatan dapat dibagi lagi menjadi beberapa bentuk latihan. Bentuk-bentuk latihan kekuatan berikut dalam meningkatkan kebugaran fisik:

Latihan Push Up
Bentuk latihan kebugaran fisik dalam bentuk kekuatan yang pertama adalah latihan push up. Bentuk latihan kekuatan ini berguna untuk melatih kekuatan otot bahu dan lengan. Dengan latihan yang tepat akan membuat tubuh lebih kuat dan tetap sehat. Langkah-langkah untuk melakukan push up:

  • Lakukan posisi awal tubuh menghadap ke bawah dengan kedua kaki lurus dan kencang.
  • Sentuh kedua ujung kaki ke lantai (berlaku untuk pria), tetapi juga bisa dilakukan dengan menyentuh kedua lutut ke lantai (berlaku untuk anak perempuan).
  • Tempatkan kedua tangan di sebelah dada sehingga tubuh ditopang menggunakan tangan ini.
  • Tekuk siku dengan jari-jari Anda mengarah ke depan.
  • Angkat tubuh ke atas dengan posisi siku lurus dan posisikan kaki dan tubuh dalam garis lurus.
  • Kemudian turunkan tubuh lagi dengan posisi siku sedikit ditekuk tetapi postur dan kaki tidak menyentuh lantai.
  • Lakukan gerakan selama sekitar 30 detik, Anda juga dapat menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan Sit Up
Bentuk berikutnya dari pelatihan kebugaran fisik dalam bentuk kekuatan adalah latihan sit up. Bentuk latihan kekuatan ini berguna untuk melatih otot perut. Dengan latihan yang tepat akan membuat tubuh lebih kuat dan tetap sehat. Langkah-langkah untuk melakukan sit up:

  • Lakukan posisi awal tubuh pada punggung Anda dengan kedua kaki ditekuk.
  • Tempatkan tangan Anda di belakang kepala.
  • Angkat tubuh sampai posisi duduk, tetapi posisi tangan masih di belakang kepala.
  • Lakukan gerakan selama 30 detik, Anda juga bisa menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan Back Up
Ada juga bentuk latihan kebugaran fisik yang kuat dengan melakukan latihan back up. Bentuk latihan kekuatan ini berguna untuk melatih otot punggung Anda. Dengan latihan yang tepat akan membuat tubuh lebih kuat dan tetap sehat. Langkah-langkah untuk mencadangkan:

  • Lakukan posisi awal tubuh menghadap ke bawah dengan kedua kaki kencang.
  • Tempatkan tangan Anda di belakang kepala.
  • Setelah itu tubuh diangkat hingga dada tidak menyentuh lantai.
  • Posisi kaki tetap kencang.
  • Lakukan gerakan selama 30 detik, Anda juga bisa menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk latihan kebugaran fisik di atas bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh menggunakan berat badan Anda sendiri.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Tetapi bentuk latihan kekuatan juga bisa menggunakan beban dari luar. Latihan kekuatan dengan menggunakan beban eksternal bisa disebut weight training. Bentuk latihan ini menggunakan barbel besi atau beton yang cukup berat tergantung pada kemampuan Anda. Di bawah ini ada sejumlah latihan beban menggunakan beban eksternal:

Shoulder Press
Latihan kekuatan dengan menggunakan beban eksternal dapat dilakukan dengan menggunakan shoulder press. Bentuk pelatihan kebugaran fisik ini digunakan untuk melatih kekuatan otot bahu dan lengan. Langkah-langkah untuk melakukan penekanan bahu:

  • Siapkan alat dalam bentuk barbel sesuai kemampuan Anda.
  • Angkat barbel ke atas dengan kedua tangan hingga dalam posisi lengan lurus.
  • Setelah itu, turunkan barbel kembali ke dada.
  • Lakukan latihan berulang-ulang selama beberapa detik, Anda juga bisa menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Leg Squat
Latihan kekuatan menggunakan beban eksternal juga bisa dilakukan dengan jongkok kaki. Bentuk latihan kebugaran fisik ini digunakan untuk melatih kekuatan otot kaki. Langkah-langkah untuk melakukan squat:

  • Siapkan alat dalam bentuk barbel sesuai kemampuan Anda.
  • Angkat barbel dengan kedua tangan, lalu letakkan di bagian bawah leher.
  • Posisikan kaki ditekuk sehingga tubuh berada dalam posisi setengah jongkok.
  • Lakukan langkah selanjutnya dengan meluruskan lutut ke posisi semula.
  • Lakukan latihan berulang-ulang selama beberapa detik, Anda juga bisa menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Back Extension
Bentuk pelatihan kebugaran fisik ini dapat dilakukan melalui perpanjangan punggung. Bentuk latihan kekuatan ini berguna untuk melatih otot punggung Anda. Langkah-langkah untuk melakukan pelatihan :

  • Siapkan alat dalam bentuk barbel sesuai kemampuan Anda.
  • Posisikan tubuh tegak lalu angkat barbel ke atas dengan kedua tangan.
  • Setelah itu tubuh ditekuk hingga 90 derajat.
  • Tubuh didirikan kembali ke posisi semula.
  • Lakukan latihan berulang-ulang selama beberapa detik, Anda juga bisa menambahkan waktu sesuai dengan tingkat kekuatan tubuh.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Pelatihan kecepatan
Bentuk selanjutnya dari latihan kebugaran fisik adalah dengan melakukan latihan kecepatan. Pelatihan kecepatan berguna untuk melatih tubuh sehingga kemampuannya meningkat seperti memindahkan tempat dalam waktu sesingkat mungkin.

Pengertian kecepatan dalam kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan tubuh dalam waktu singkat. Pelatihan kecepatan ini berguna untuk atlet lari jarak pendek dan pemain sepak bola. Kecepatan manusia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti waktu reaksi, teknik, faktor keturunan, kemampuan untuk menghadapi resistensi eksternal, elastisitas otot, kesediaan seseorang dan konsentrasi tubuh. 

Kecepatan seseorang dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kecepatan reaksi, kecepatan bergerak dan kecepatan lari. Untuk mempraktikkan teknik kecepatan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:

  • Berlatih reaksi cepat dengan memainkan game hijau hitam.
  • Lari menaiki bukit atau tangga.
  • Lari menuruni bukit atau tangga.
  • Lari sprint dengan jarak sekitar 40 hingga 60 meter. Berlari dilakukan dalam posisi tegak dengan awal awal di belakang garis. Anda dapat mempercepat lari dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi. Setelah perintah berkata, lalu berlari cepat.
  • Pelatihan akselerasi.


Pelatihan Daya Tahan
Selanjutnya, ada bentuk pelatihan kebugaran fisik dalam bentuk pelatihan daya tahan. Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk tidak mengalami kelelahan atau rasa sakit meskipun ia telah melakukan gerakan tubuh menggunakan seluruh tubuh untuk waktu yang lama dan kecepatannya moderat dan bahkan cepat.

Diperlukan daya tahan agar saat berolahraga, tubuh tetap kuat dan tidak mengalami kelelahan otot. Pelatihan ketahanan dapat dibagi menjadi dua bentuk, yaitu dengan pelatihan ketahanan lokal dan pelatihan ketahanan umum. Berikut ini adalah penjelasan tentang bentuk pelatihan ketahanan:

Latihan Ketahanan Otot Lokal
Bentuk pertama dari pelatihan kebugaran fisik dapat dilakukan dengan melatih ketahanan otot lokal. Bentuk latihan ini bisa disebut daya tahan lokal atau daya tahan otot. Daya tahan otot lokal adalah kemampuan untuk mencampur sejumlah otot dalam melakukan pekerjaan mereka untuk waktu yang lama. Misalnya latihan beban, latihan pukulan gulat dan latihan tinju jab.

Pelatihan Ketahanan Umum
Selanjutnya, ada bentuk pelatihan kebugaran fisik dalam bentuk pelatihan ketahanan umum. Latihan ini bisa disebut daya tahan kardiorespirasi. Pelatihan ketahanan umum adalah latihan untuk meningkatkan kemampuan anggota tubuh untuk melakukan gerakan dalam waktu yang cepat dan lama.

Misalnya melakukan latihan renang, bersepeda, dan lari. Daya tahan ini merupakan faktor penting agar kebugaran fisik dapat dipertahankan. Di bawah ini ada beberapa bentuk pelatihan ketahanan umum:
- Berjalan
- Bersepeda
- Jogging
- Renang
- Naik dan Turun Tangga

Pelatihan Fleksibilitas
Bentuk terakhir dari pelatihan kebugaran fisik adalah pelatihan fleksibilitas atau kelenturan tubuh. Fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk bergerak lebih bebas, terutama pada otot sendi. Latihan kelenturan bermanfaat agar otot sendi dapat bergerak lebih bebas dan tidak mengalami kekakuan atau masalah persendian lainnya.

Bentuk latihan fisik ini dibutuhkan oleh banyak olahraga tetapi tergantung pada kebutuhan juga. Berikut ini beberapa bentuk fleksibilitas dalam tubuh:

  • Latihan lentur dapat dilakukan dengan cara tubuh berdiri tegak dengan kedua tangan lurus ke atas. Kemudian tubuh diputar ke kiri dan ke kanan selama 10 hingga 15 detik. Lakukan latihan ini berulang-ulang agar tubuh tetap kuat.
  • Latihan lentur sendi dapat dilakukan dengan meregangkan kedua tangan dan memutar ke depan atau ke belakang tetapi siku tetap dalam garis lurus. Lakukan latihan ini berulang-ulang agar tubuh tetap kuat.
  • Latihan fleksibilitas usus dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh duduk dengan kaki tegang. Lalu kedua lutut lurus. Posisikan tubuh ditekuk sampai mencium lutut. Kemudian posisi kedua tangan memegang ujung jari kaku. Tahan posisi ini selama 10 hingga 15 detik. Lakukan latihan ini berulang-ulang agar tubuh tetap kuat.


Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Kelincahan
Kelincahan adalah kemampuan manusia ketika menyesuaikan diri dengan semua pose posisi tubuh, misalnya bergerak dari depan ke belakang, atau dari kanan ke kiri. Berbagai bentuk olahraga itu mengandalkan kelincahan salah satunya sepakbola, dan bulu tangkis.

Bentuk-bentuk latihan untuk kebugaran fisik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kelincahan termasuk zig-zag dan naik turun tangga.

Koordinasi
Koordinasi adalah kemampuan manusia ketika menggabungkan berbagai gerakan tubuh yang berbeda menjadi gerakan yang sesuai dengan yang diinginkan. Keterampilan koordinasi seseorang dapat diasah dengan gerakan memantulkan benda ke dinding menggunakan hak dan menangkapnya lagi menggunakan tangan lain.

Jelas, koordinasi belajar membutuhkan keterampilan gerakan naluriah yang baik dan fokus yang tinggi.

Keseimbangan
Keseimbangan adalah keahlian dalam mengatur organ otot dan saraf sehingga kita dapat mengatur gerakan tubuh dengan baik dan benar. Salah satu bidang olahraga yang membutuhkan keterampilan keseimbangan adalah senam yang indah dan lompat.

Latihan kebugaran fisik yang dapat berguna untuk melatih keseimbangan tubuh termasuk melatih sikap lilin, berjalan di atas balok besi, dan berdiri dengan tangan yang digunakan untuk penyangga.

Akurasi
Akurasi adalah keterampilan saat menyusun gerakan sesuai target. Permainan panahan dan bola bowling adalah beberapa contoh olahraga yang mengandalkan presisi. Beberapa latihan yang bisa dilakukan agar bisa mempraktikkan akurasi atau akurasi, salah satunya adalah melempar benda ke keranjang atau target yang ditentukan.

Reaksi
Reaksi adalah keterampilan manusia ketika merespons rangsangan dari diri pribadi atau rangsangan yang dimulai dari seseorang. Berbagai jenis latihan dapat dilakukan untuk mengasah keterampilan reaksi dengan melemparkan tangkapan bola.

Setiap orang memiliki berbagai tingkat kebugaran fisik dan kekebalan. Dengan melakukan tes kebugaran fisik, Anda akan dapat menilai tingkat kebugaran individu dalam aktivitas. Nilai kebugaran seseorang dapat dinilai dengan berbagai urutan tes di bawah ini:

Jenis Gerakan
Mengukur nilai kebugaran fisik dapat dilakukan dengan membuat gerakan yang selaras dengan kemampuan fisik masing-masing individu. Ini bisa dimulai dengan bekerja pada gerakan yang mudah, maka tempo dan tingkat kecepatan gerakan meningkat.

Besarnya peningkatan tempo dan kesulitan bergerak dapat dilakukan dengan teknik melihat keterampilan tubuh. Jika keahlian fisik meningkat, tes harus dilakukan dengan menggunakan level yang semakin berat. Jika tidak, maka jenis gerakannya bisa dipermudah.

Frekuensi
Melakukan kebugaran fisik yang mudah dan dilakukan secara konsisten dapat membuat dampak yang baik pada fisik daripada latihan keras yang dilakukan secara tidak teratur atau terkadang. Frekuensi belajar yang teratur, misalnya, tiga kali dalam satu kemiri diperlukan untuk menjaga kualitas tubuh menjadi prima dan baik.

Waktu
Waktu dan lamanya berolahraga juga memengaruhi tingkat kebugaran fisik manusia. Waktu untuk berolahraga untuk kebugaran fisik diatur oleh tingkat resistensi yang dimiliki seseorang. Pada dasarnya, orang yang tidak terlalu rutin saat berolahraga disarankan untuk berolahraga tubuh minimal 30 menit per hari untuk menghindari cedera dan kelelahan ekstrem.

Kebugaran fisik tidak hanya memiliki manfaat untuk memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Tubuh kita juga dapat memperoleh manfaat dari manfaat kesehatan yang luar biasa dari kebugaran fisik yang Anda lakukan secara teratur. Berikut ini adalah tujuan dan keuntungan dari pelatihan kebugaran fisik yang dapat kita rasakan:

Mengurangi kemungkinan obesitas
Manusia yang setiap hari rajin melatih fisiknya untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau latihan keras nantinya bisa terbebas dari pengumpulan zat makanan berlemak yang bisa menghasilkan obesitas.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat membantu tubuh mengurangi kolesterol dan menggantinya dengan energi. Sehingga kolesterol tidak akan menumpuk di tubuh kita.

Cegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung dapat dikatakan sebagai salah satu kematian paling berbahaya di dunia. Untuk alasan ini, kami disarankan untuk menjaga kekuatan tubuh dengan rajin berlatih dan makan makanan bergizi dan sehat.

Berbagai jenis latihan kebugaran fisik dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi otot jantung, yaitu lari ringan. Semakin sering dilatih, maka otot jantung kita bisa bekerja dengan baik.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Jumlah tekanan darah dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, misalnya stroke dan penyakit jantung koroner. Olahraga harian dan konsumsi makanan yang tidak mengandung lemak dapat membantu kita mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Akibatnya tubuh menjadi sehat dan bebas dari penyakit mematikan lainnya.

Mengatasi Depresi
Pelatihan kebugaran fisik tidak hanya berguna untuk menghilangkan berbagai risiko penyakit. Depresi juga dapat dihilangkan dengan menggunakan latihan harian. Pikiran yang pusing dapat disebabkan oleh kurangnya aktivitas di luar ruangan.

Dengan hanya berolahraga ringan seperti jogging atau berjalan, kita tidak hanya bisa menyerap udara segar, tetapi juga pusing yang kita alami berkurang.

Melatih Kekuatan Tubuh
Manusia yang melatih kekuatan dan keterampilan tubuh mereka secara konsisten cenderung tidak mudah lelah. Hal-hal yang disebabkan oleh aktivitas fisik dapat membantunya meningkatkan kekuatan otot sementara pada saat yang sama memperlancar asupan oksigen ke dalam jaringan tubuh sehingga ia tidak mudah mengantuk dan mudah lelah.
 
Itulah jawaban dari pertanyaan sebutkan bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan untuk konsep kebugaran jasmani jangka panjang,  apa yang seharusnya dilakukan guna meningkatkan kebugaran jasmani beserta manfaat adanya latihan kebugaran jasmani.

Sumber :
http://www.penjasorkes.com/2017/09/bentuk-bentuk-latihan-kebugaran-jasmani.html#
https://psikologizone.com/berbagai-bentuk-latihan-kebugaran-jasmani-yang-harus-kamu-tahu/
https://magnetictime.com/macam-macam-bentuk-latihan-kebugaran-jasmani-yang-wajib-kamu-ketahui/

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : kebugaran jasmani
Back To Top