Kebugaran Jasmani

Tanda Kanker Payudara Stadium Awal


Kanker payudara telah menjadi salah satu penyebab utama tingginya angka kematian pada wanita. Pada 2015 saja, data dari Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa ada 507 ribu wanita yang meninggal karena kanker payudara. Menakutkan, tetapi sebenarnya jika tanda kanker payudara stadium awal dapat dideteksi, bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui karakteristik awal kanker payudara sedini mungkin.

Jika dilihat dari perkembangan sel kanker, kanker payudara dapat dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

Kanker payudara stadium nol
Stadium 0 adalah tahap awal ketika kanker didiagnosis di saluran payudara atau kelenjar susu, dan belum menyebar di mana pun atau ganas. Pada tahap ini, kemungkinan seseorang pulih jauh lebih besar karena banyak perawatan yang bisa dilakukan.

Ketika tahap ini terjadi, sel-sel kanker sudah ada dan berkembang. Namun perkembangannya masih hanya di saluran payudara. Tidak menyebar sama sekali.

Kanker payudara stadium satu
Stadium I, fase ketika kanker payudara disebut invasif, atau telah rusak dan mudah menyerang jaringan sehat. Tahap satu memiliki dua jenis diagnosis, yang disebut stadium IA dan tahap IB. Pada stadium IA, kanker telah menyebar ke jaringan lemak payudara.

Kanker payudara stadium IB, beberapa sel kanker, mungkin dalam jumlah kecil, telah memasuki kelenjar getah bening.

Kanker payudara stadium satu masih termasuk kanker payudara stadium awal. Ciri-ciri kanker payudara pada tahap ini adalah bahwa sel-sel kanker sudah mulai berkembang dan membesar di bagian payudara yang merupakan tempat untuk tumbuh. Namun, sel kanker belum menyebar dan ukurannya sekitar 2 cm.

Berikut ini adalah karakteristik kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda ketahui.

Munculnya benjolan di payudara
Benjolan di payudara adalah salah satu tanda pertama kanker payudara. Benjolan ini tidak selalu sakit. Namun, tidak semua benjolan yang muncul di payudara bersifat kanker. Benjolan ini bisa dirasakan saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

Perubahan warna kulit payudara
Perubahan warna ini terkadang disalahartikan oleh infeksi. Bahkan, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat Anda lebih waspada.

Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan karena iritasi, tekstur dan warna kulit seperti kulit jeruk, dan permukaan kulit area payudara yang terkena terlihat berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

Putingnya sakit
Karakteristik lain dari kanker payudara stadium 1 adalah munculnya perubahan pada puting dengan rasa sakit. Mungkin juga keluar cairan abnormal dari puting susu atau puting susu yang masuk.

Benjolan di ketiak muncul
Walaupun disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan di bawah ketiak yang Anda temukan tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara memanjang di bawah ketiak. Inilah sebabnya mengapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Kanker payudara stadium dua
Pada tahap ini, sel-sel kanker dapat berkembang dan tumbuh dalam beberapa cara. Pada kanker payudara stadium IIA, ukuran massa kanker kurang dari 2 cm tetapi telah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak.

Sedangkan pada kanker payudara stadium IIB, massa kanker memiliki lebih dari 5 cm tetapi sel kanker belum menyebar ke kelenjar yang berada di bawah ketiak.

Kanker payudara stadium tiga
Jika seseorang telah memasuki tahap ini, dapat dipastikan bahwa sel kanker dapat menyebar. Stadium IIIA adalah suatu kondisi di mana sel-sel kanker telah menyebar ke bagian lain dari jaringan tubuh. Padahal pertumbuhan sel kanker stadium IIIB telah mencapai permukaan kulit dan kelenjar getah bening yang ada di dalam payudara.

Sedangkan stadium IIIC berarti kanker telah ditemukan di 10 atau lebih kelenjar getah bening, atau telah menyebar di atas atau di bawah tulang selangka.

Kanker payudara stadium empat
Karakteristik kanker payudara stadium empat adalah perkembangannya lebih cepat dan semakin melebar ke organ lain. Tahap IV, adalah yang paling parah. Sel-sel kanker payudara telah menyebar jauh dari payudara dan kelenjar getah bening.

Tempat yang paling umum adalah tulang, paru-paru, hati, dan otak. tahap ini digambarkan sebagai "metastasis," yang berarti telah menyebar ke luar area tubuh jauh dari tempat pertama kali ditemukan.

Semakin dini tanda-tanda dan karakteristik kanker payudara tahap awal dikenali, semakin mudah sel-sel kanker dikeluarkan dari tubuh. Stadium nol sel kanker, biasanya tidak menunjukkan tanda atau karakteristik. Namun, Anda sudah bisa mengenali karakteristik kanker payudara stadium satu.

Karakteristik paling umum dari kanker payudara adalah munculnya benjolan di payudara. Sayangnya, tidak hanya kanker satu-satunya kelainan pada payudara yang dapat dideteksi oleh ada atau tidak adanya benjolan. Ini karena benjolan di payudara bisa dipicu oleh perubahan hormonal pada remaja hingga merusak jaringan lemak. Lalu, apa saja ciri-ciri benjolan kanker payudara?

Secara umum, karakteristik benjolan kanker payudara akan tampak memiliki tekstur keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaan yang tidak rata. Benjolan juga terus bertahan 8 hingga 10 hari setelah menstruasi. Jika benjolan dekat dengan puting, akan terlihat bahwa puting tertarik dan agak sulit bergerak.

Tanda Kanker Payudara Stadium Awal

Selain munculnya benjolan, tanda dan karakteristik kanker payudara stadium awal yang dapat Anda kenali adalah:
  • Perubahan ukuran, bentuk, atau penampilan payudara.
  • Perubahan bentuk pada puting.
  • Rasa sakit di payudara itu tidak pernah hilang, bahkan ketika Anda telah memasuki periode menstruasi bulan berikutnya. Meski begitu, beberapa wanita juga tidak mengalami rasa sakit atau nyeri di payudara mereka.
  • Putingnya mengeluarkan cairan bening, coklat, atau kuning.
  • Puting tiba-tiba berubah merah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.
  • Pembengkakan di sekitar ketiak disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  • Pembuluh vena terlihat di payudara, akibatnya vena di payudara terlihat jelas.
  • Pada stadium lanjut, tampaknya ada kelainan pada kulit payudara, seperti kulit jeruk atau kulit kemerahan, kadang-kadang kulit juga cekung seperti lesung karena tertarik oleh benjolan.

Jika Anda mengalami atau mencurigai salah satu gejala dan karakteristik kanker payudara stadium awal seperti yang disebutkan di atas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Ini dilakukan agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Dengan menjadi responsif terhadap karakteristik kanker payudara stadium awal, peluang Anda untuk menjadi lebih baik dari penyakit ini semakin besar.

Lalu bagaimana cara mendeteksi karakteristik kanker payudara stadium awal? Untuk mengetahui karakteristik awal kanker payudara, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

SADARI (Pemeriksan Payudara Sendiri)
Langkah termudah untuk mengetahui karakteristik awal kanker payudara, Anda bisa melakukan  pemeriksaan payudara sendiri. Pemeriksaan payudara sendiri adalah teknik pemeriksaan untuk wanita yang bisa dilakukan di rumah untuk memeriksa benjolan di payudara.

Pemeriksaan secara teratur akan membantu mengenali tekstur jaringan payudara yang normal, sehingga jika nantinya Anda merasakan sesuatu yang tidak biasa pada payudara, Anda bisa menyadarinya dan dapat segera memeriksakan diri ke dokter.

Cobalah membiasakan diri memeriksa payudara Anda sendiri setiap bulan. Dengan cara ini, Anda akan dapat dengan mudah mendeteksi karakteristik benjolan kanker payudara.

Waktu terbaik untuk memeriksa payudara Anda adalah beberapa hari setelah siklus menstruasi selesai. Karena perubahan hormon dapat memengaruhi bentuk dan perasaan Anda terhadap payudara, tes terbaik adalah ketika payudara Anda dalam keadaan normal.

Bagi wanita yang belum mengalami siklus menstruasi lagi, mereka harus memilih hari yang sama untuk melakukan tes, misalnya hari pertama setiap bulan. Sangat disarankan untuk menulis jurnal atau catatan tentang bagaimana payudara Anda terbentuk pada setiap pemeriksaan, untuk mengetahui apakah ada perubahan.

Mamografi
Selain melakukan pemeriksan sendiri, Anda bisa melakukan pemeriksaan mamografi secara rutin yang penting untuk mengetahui karakteristik awal kanker payudara. Mamografi adalah teknik pemindaian gambar menggunakan x-ray dosis rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara.

Mamogram umum dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan klinis rutin dan pemeriksaan payudara independen bulanan sebagai langkah penting dalam diagnosis dini kanker payudara. Wanita berusia 40 tahun ke atas wajib menjalani mammogram setiap satu hingga dua kali.

Jika Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat kanker payudara, dokter Anda dapat merekomendasikan memulai mammogram lebih awal, lebih sering, dan menambahkan beberapa pemindaian alternatif lainnya.

Saat melakukan prosedur ini, payudara Anda akan ditempelkan ke layar pemindai sinar-X. Kemudian, kompresor akan mendorong payudara Anda ke bawah untuk meratakan jaringan. Ini akan menunjukkan hasil gambar payudara Anda yang lebih jelas.

Dokter akan mengharuskan Anda menahan napas setiap kali Anda diambil gambar. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan prosedur ini, Anda mungkin merasa sedikit sakit atau tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, rasa sakit dan ketidaknyamanan ini tidak akan bertahan lama.

Selama prosedur, dokter akan memeriksa hasil gambar yang ditampilkan pada layar pemindai dan meminta teknisi radiologi untuk mengambil beberapa gambar tambahan jika hasil yang sudah tampak kurang jelas atau perlu pemeriksaan lebih lanjut. Jangan panik, ini adalah praktik umum.

Demikianlah informasi seputar tanda kanker payudara stadium awal. Baca juga info lainnya tentang :
- benjolan kanker payudara seperti apa
- ciri ciri kanker payudara yang mudah dikenali
- makanan penyebab kanker payudara
- cara mengenali gejala kanker payudara
- ciri ciri benjolan kanker
- makanan penyembuh kanker payudara
- apakah nyeri payudara tanda kanker
- cara mengobati kanker payudara stadium awal

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-awal/
https://www.alodokter.com/wanita-kenali-ciri-ciri-kanker-payudara-stadium-1-sebelum-terlambat
https://tirto.id/ciri-ciri-kanker-payudara-pada-perempuan-dari-stadium-0-sampai-4-c5E4

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kanker Payudara
Back To Top