Meningitis Adalah

Apa itu Meningitis? Meningitis didefinisikan sebagai suatu peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Ini disebabkan ketika membran pelindung di sekitar otak dan sumsum tulang belakang yang dikenal sebagai meninges terinfeksi. Sebenarnya ada beberapa jenis meningitis tapi meningitis bakteri dan virus yang 2 paling umum.

Meningokokus Meningitis dan Meningokokus Sepsis
Meningitis meningokokus terjadi ketika bakteri yang disebut meningokokus menginfeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang. Ketika bakteri yang sama masuk ke dalam aliran darah, mereka dapat menyebabkan kondisi serius lain yang dikenal sebagai sepsis meningokokus.

Penyakit meningokokus
Penyakit meningokokus, yang meliputi meningitis meningokokus dan sepsis meningokokus, didefinisikan sebagai infeksi yang disebabkan oleh meningokokus bakteri. Meskipun jarang, itu sangat serius dan berpotensi mengancam nyawa. Hal ini berpotensi dapat membunuh orang muda yang sehat dalam waktu 1 hari setelah gejala pertama muncul.

Penyakit meningokokus bisa sulit untuk mengenali, terutama pada tahap awal karena gejala meningitis yang mirip dengan penyakit virus yang lebih umum.

Sekitar 1 dari 5 orang yang bertahan hidup meningitis meningokokus dapat menderita konsekuensi permanen seperti :
- Amputasi tungkai, jari, atau kaki
- Jaringan parut yang parah
- Kerusakan otak
- Gangguan pendengaran
- Kerusakan ginjal

Siapa terkena risiko Meningococcal Meningitis?
Remaja dan dewasa muda lebih berisiko. Tapi siapa pun bisa mendapatkan meningitis, bahkan orang-orang yang biasanya sehat, seperti atlet atau mahasiswa.

Apakah Meningitis Menular?
Ya, bakteri yang menyebabkan hal itu dapat menyebar melalui pertukaran air liur, yang dapat terjadi selama kegiatan umum seperti :
- ciuman
- berbagi peralatan seperti gelas minum

Faktor risiko untuk meningitis meningokokus meliputi:
- Hidup dalam jarak dekat (yaitu, asrama)
- Merokok atau yang terpapar asap rokok

Lifestyle mungkin juga memainkan peran. Misalnya, tinggal keluar akhir dan kebiasaan tidur yang tidak teratur dapat membuat remaja merasa lari ke bawah dan mungkin juga menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk meningitis oleh melemahnya sistem kekebalan tubuh mereka.

Apa yang dapat Saya lakukan ?
Dapatkan remaja Anda divaksinasi. Karena Anda tidak dapat menonton remaja Anda setiap menit setiap hari, pilihan terbaik Anda adalah untuk berbicara dengan perawat sekolah anak Anda atau penyedia perawatan kesehatan lainnya tentang pentingnya vaksinasi.

Jika Anda pernah menduga bahwa anak Anda memiliki meningitis, pergi ke ruang gawat darurat segera, di mana ia dapat dievaluasi dan menerima perawatan medis yang segera.

Sumber :
http://www.voicesofmeningitis.org/what-is-meningitis.html

Tag : meningitis
Back To Top