Kebugaran Jasmani

Cara Memakai Minyak Zaitun Untuk Perawatan Rambut


Info Kesehatan - Tampaknya banyak sekali bahan rumahan yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Pembilasan dengan sari cuka apel bisa membuat rambut bersinar. Madu, mayones, dan alpukat bisa dipakai sebagai kondisioner.

Disamping itu, orang-orang telah menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut selama ribuan tahun. Banyak para pakar yang menyatakan bahwa penggunaan minyak zaitun akan menambah bersinarnya rambut, berisi, lembut, dan kuat. Hal ini karena adanya unsur kimia utama dalam minyak zaitun yakni asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Semuanya termasuk golongan emolien, yang berguna dalam memberikan kualitas kelembutan rambut.  Dalam faktanya, banyak sampo, kondisioner, dan minyak rambut yang juga mengandung emolien versi lab atau buatan.

Ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung popularitas minyak zaitun khususnya dalam perawatan rambut. Namun, beberapa penelitian tentang pengaruh minyak, yakni minyak kelapa khususnya, menunjukkan bahwa minyak memiliki efek sebagai pelembab. Minyak zaitun pun bisa menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan mempertahankan kelembaban. Adapun bersinarnya rambut dan dikaitkan dengan minyak zaitun, mungkin karena minyak zaitun ini bisa merapikan kutikula bagian luar rambut.


Cara menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner 


Ukuran
Jika Anda belum pernah bereksperimen sebelumnya dengan penggunaan minyak zaitun sebagai produk perawatan rambut, coba gunakan satu atau dua sendok makan saja untuk pengobatan pertama Anda.

Pijat
Oleskan minyak zaitun ke dalam rambut Anda selama beberapa menit. Anda juga dapat memijat kulit kepala Anda jika Anda memiliki kulit kepala kering. Untuk membuat efek lembab pada rambut,  yang paling efektif adalah membungkus rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan minyak meresap selama 15 menit atau lebih.

Bilas
Bilas dan keringkan rambut Anda untuk melihat hasilnya. Anda mungkin perlu keramas dua kali, tergantung pada seberapa banyak Anda menerapkannya. Tidak ada yang berbahaya tentang penggunaan minyak zaitun sebagai kondisioner. Jika rambut Anda cukup kering, maka akan membutuhkan perawatan pelembab ini setiap hari, jika rambutnya normal-normal saja, maka cukup menggunakannya seminggu sekali.


Cara Memakai Minyak Zaitun Untuk Perawatan Rambut


Siapa yang harus menggunakan minyak zaitun ?


Orang yang berambut tebal
Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk rambut tebal namun kering. Para pakar mengatakan bahwa minyak zaitun dapat menjaga rambut agar tetap lembab dan kuat. Sedangkan rambut dan kulit kepala yang berminyak tidak perlu memakai kondisioner.

Yang rambutnya lagi diproses
Rambut yang diproses misalnya rambut yang sedang diobati dengan menggunakan relaxers, perms, atau pemutih. Maka sebaiknya tunggu dulu setidaknya 72 jam setelah pengobatan awal sebelum Anda menggunakan minyak zaitun.

Yang punya rambut bercabang
Minyak zaitun dapat membantu perbaikan ujung rambut Anda yang rusak atau terbakar. Terapkan minyak zaitun pada ujung rambut sekitar dua inci dari ujung rambut yang rusak. Meskipun Anda hanya memakainya di bagian ujung, sebaiknya pakai penjepit rambut agar minyak zaitun tidak mengenai pakaian Anda. Untuk mengkondisikan rambut Anda seluruhnya, mulailah pengolesan dan pemijatan dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Manfaat minyak zaitun selain kondisioner


Menghilangkan kutu rambut
Minyak zaitun dapat membantu dalam menghilangkan kutu kepala, dan percayalah tidak ada pengobatan yang lebih efektif daripada pengobatan lainnya kecuali dengan minyak zaitun. Sangatlah penting untuk menggunakan sisir yang tepat dan memastikan bahwa Anda mendapatkan semua kutu tersebut hidup-hidup, begitu juga telurnya.

Mengurangi ketombe
Jika Anda mencoba untuk mengobati ketombe, harus diingat bahwa ketombe memiliki banyak penyebab, termasuk diantaranya karena jamur. Sejauh yang kami tahu, tidak ada obat untuk ketombe, dan penggunaan minyak zaitun berfungsi dalam mengurangi ketombenya saja tidak mengobati akar penyebabnya. Caranya, pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun lalu disisir agar serpih ketombenya terbuang. Biarkan minyak zaitun pada rambut tersebut dan kalau bisa tutup dengan shower cap untuk pengkondisian ekstra.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Rambut
Back To Top