Kebugaran Jasmani

Penyebab dan Gejala Penyakit Crohn


Info Kesehatan - Penyakit Crohn adalah jenis penyakit radang usus dimana respon sistem kekebalan tubuh yang abnormal menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan. Crohn sering sulit dibedakan dengan kolitis ulserativa, semacam radang usus serupa yang hanya mempengaruhi usus besar.

Menurut Crohn & Colitis Foundation of America, sekitar 1,4 juta orang Amerika terkena penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Dari jumlah tersebut, sekitar setengahnya menderita Crohn. Di antara tahun 1992 dan 2004, terjadi peningkatan kunjungan dokter karena penyakit Crohn sebanyak 74 persen dalam. Pada tahun 2004, penyakit Crohn adalah penyebab sekitar 57.000 orang dirawat inap.

Siapa yang bisa terkena Crohn ?
Siapapun dapat terkena penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Namun, radang usus ini biasanya terdiagnosa pada orang dewasa yang berusia antara 15 dan 30 tahun. Sedangkan anak-anak, dua kali lebih mungkin terdiagnosis kolitis ulserativa. Anak laki-laki, kemungkinan akan terkena radang usus lebih tinggi dibandingkan anak perempuan.

Di Amerika Serikat, laki-laki dan perempuan terkena Crohn pada tingkat yang sama. Sedangkan ras Kaukasia dan Yahudi Ashkenazi bisa terkena Crohn pada tingkat yang lebih tinggi dari etnis lainnya. Tingkat tertinggi terjadi di Kanada. Secara umum, orang-orang yang tinggal di lintang yang lebih tinggi, lebih mungkin untuk terkena Crohn daripada di lintang yang lebih rendah. Ketika relokasi dari lintang rendah ke daerah lintang tinggi, maka risiko terkena Crohn akan cocok dengan daerah lintang tinggi dalam satu generasi.

Penyebab
Pada penyakit Crohn, sistem imun keliru melakukan tugasnya sehingga menyerang bakteri sehat di saluran pencernaan. Peradangan kronis bisa menyebabkan penebalan dinding usus, yang memicu berbagai gejala. Alasan yang tepat kenapa hal ini bisa terjadi, masih belum jelas, tetapi kemungkinan karena adanya faktor keturunan.  Risiko ini lebih tinggi pada Crohn daripada ulcerative colitis, dan lebih tinggi bila kedua orang tuanya terpengaruh.

Mungkin juga ada unsur lingkungan. Tingkat penyakit Crohn lebih tinggi di negara-negara maju, daerah perkotaan, dan iklim utara. Stres dan diet dapat memperburuk penyakit Crohn, tetapi keduanya diduga bukan sebagai penyebab utama. Kemungkinan besar bahwa Crohn disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor.

Gejala
Gejala penyakit ini bervariasi antara tiap orang, tergantung pada jenis Crohn. Bentuk yang paling luas disebut ileocolitis, yang mempengaruhi akhir dari usus kecil (ileum) dan usus besar. Gejalanya adalah nyeri di bawah atau tengah bagian perut. Diare dan penurunan berat badan yang umum. Colitis hanya mempengaruhi ileum, tetapi menyebabkan gejala yang sama.

Penyakit saluran cerna Crohn bisa terlihat pertama kali pada bagian awal usus kecil (duodenum) dan perut. Gejala utama adalah hilangnya nafsu makan, mual, dan muntah, yang dapat mengakibatkan hilangnya berat badan. Jejunoileitis menyebabkan daerah peradangan di bagian atas usus kecil (jejunum). Hal ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah dan kram, terutama setelah makan. Gejala lain adalah diare.

Ketika Crohn hanya mempengaruhi usus besar, maka hal itu disebut kolitis granulomatosa Crohn. Sejenis Crohn yang menyebabkan diare dan pendarahan anus. Pasien dapat terkena abses dan bisul di daerah anus. Gejala lainnya diantaranya nyeri sendi dan kulit luka.

Gejala umum lainnya dari Crohn adalah kelelahan, demam, dan berkeringat di malam hari. Beberapa pasien sering mengalami keinginan mendesak untuk buang air besar. Sembelit juga bisa menjadi masalah. Perempuan mungkin memiliki gangguan dalam siklus menstruasi mereka. Anak-anak kecil mungkin memiliki perkembangan yang tertunda.

Kebanyakan pasien Crohn memiliki riwayat aktivitas penyakit yang diikuti akhirnya oleh pengurangan gejala. Stres yang terlalu berkobar dapat menyebabkan kecemasan dan penarikan sosial.


Penyebab dan Gejala Penyakit Crohn


Diagnosa dan pengobatan
Tidak ada tes tunggal yang secara positif dapat mendiagnosa penyakit Crohn. Jika Anda memiliki gejala-gejala tadi, dokter mungkin akan menjalankan serangkaian tes untuk menyingkirkan kondisi lainnya. Tes diagnostik dapat mencakup :

  • tes darah untuk mencari infeksi atau anemia (kurang sel darah merah)
  • tes tinja untuk melihat apakah ada darah dalam tinja Anda
  • kapsul endoskopi atau double-balon endoskopi, dua prosedur yang memungkinkan pandangan yang lebih baik dari usus kecil
  • sigmoidoskopi fleksibel, prosedur yang membantu dokter melihat bagian terakhir dari usus besar
  • kolonoskopi untuk memungkinkan dokter mendapatkan tampilan yang baik di seluruh panjang usus dan menghapus sampel untuk analisis (biopsi). Kehadiran sel-sel inflamasi dapat membantu mendiagnosis Crohn.
  • Tes pencitraan seperti computerized tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) untuk mendapatkan detil gambar dari daerah perut dan usus
Tidak ada obat untuk Crohn. Pengobatan biasanya melibatkan pendekatan kombinasi. Imunosupresan dapat membantu mengontrol sistem respon inflamasi kekebalan tubuh. Berbagai obat dapat digunakan untuk mengobati gejala individu. Crohn & Colitis Foundation of America memperkirakan bahwa sekitar 70 persen pasien Crohn akhirnya memerlukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan atau menghapus obstruksi. Kadang-kadang, sebagian dari usus harus dihilangkan. Sekitar 30 persen pasien bedah akan memiliki kondisi flare-up (penampilan mendadak atau memburuknya gejala suatu penyakit atau kondisi) dalam waktu tiga tahun.

Komplikasi
Crohn dapat menyebabkan retakan/belahan atau rasa perih pada lapisan anus. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan nyeri. Sebuah komplikasi umum dan serius adalah ketika peradangan dan jaringan parut memblokir usus. Crohn dapat menyebabkan borok di dalam usus. Komplikasi serius lainnya adalah pembentukan fistula, ruang abnormal yang menghubungkan organ dalam tubuh. Penyakit Crohn juga dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Hidup dengan penyakit Crohn juga bisa membuat emosional berkepanjangan. Merasa malu atas masalah yang berhubungan dengan kamar mandi ini dapat mengganggu kehidupan sosial Anda dan karir Anda. Anda mungkin merasa perlu untuk mencari konseling atau bergabung dengan kelompok pendukung untuk orang yang terkena masalah yang sama.


Biaya
Crohn adalah penyakit mahal. Dalam sebuah penelitian tahun 2008, biaya medisnya bisa tembus   $ 18.022 s.d  $ 18.932 per pasien per tahun di Amerika Serikat. Sebesar 53-67 persen dari biaya tersebut berasal dari rawat inap. Biaya akan lebih tinggi untuk pasien dengan tingkat penyakit yang lebih parah. Pada tahun 2004, Amerika Serikat menghabiskan $ 1,84 milyar untuk menangani Crohn dan kolitis ulserativa.

Semoga di Indonesia, penyakit semacam ini tidak separah di negara negara adi daya, dan semoga saja kita bebas dari penyakit semacam ini.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Penyakit
Back To Top