Kebugaran Jasmani

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan


Di pasaran, banyak ditemukan berbagai macam obat asam urat, baik itu obat asam urat resep dokter maupun obat asam urat racikan sendiri. Yang dari dokter tentunya pakai obat konvensional yang bahan bakunya bahan kimia yang sayangnya bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh. Sedangkan kalau kita bikin ramuan sendiri dari alam terutama tumbuhan sebagai bahan bakunya, maka tentunya akan-akan aman saja asal dosisnya tepat.

Nah, bagi yang punya asam urat, baik yang sudah tua maupun yang masih gagah perkasa, nggak salahnya toh untuk membuat obat asam urat alami dengan ramuan sendiri yang berasal dari tumbuhan alias memakai pengobatan herbal. Sebentar, Anda tahu nggak apa itu asam urat ? Baiklah Saya ulas sedikit. Asam urat itu semacam senyawa turunan dari purina. Purina berkadar tinggi itu ditemukan biasanya dalam daging dan olahannya serta organ dalam hewan seperti ginjal sapi, hati, sarden, daging hewan buruan, otak, kerang dan lain sebagainya.  Jika kadar asam urat di dalam tubuh kita terlalu tinggi, maka hal ini bisa menimbulkan batu ginjal dan tumpukan asam urat di persendian. Inilah yang dinamakan penyakit asam urat.

Tumpukan itu terjadi akibat ginjal tidak mampu mengeluarkannya karena terlalu banyak sehingga terbentuklah kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya sudah pasti, sendi akan terasa nyeri dan bengkak. Itulah sebabnya, mengapa orang yang punya asam urat dilarang memakan-makanan yang mengandung zat purin. Apa saja makanan yang mengandung zat purin selain yang disebutkan di atas ? Selain jeroan dan makanan laut, yang harus dijauhi bagi penderita asam urat adalah olahan daging semisal abon dan dendeng, ikan sungai, daging atau ikan kalengan, daging kerbau, kambing, kuda, angsa, bebek, kalkun, kacang-kcangan, kol, bayam, asparagus, jamur, daun singkong, kangkung, daun pepaya, cabe lombok, es krim, kuah, durian, nanas, air kelapa, gorengan, makanan bersantan dan bermargarin dan alkohol. Untuk membuang purin berlebih, banyak minum akan membantu.

Kalau Anda sudah positif terkena penyakit asam urat, disamping menghindari makanan pemicu asam urat, maka obat asam urat sudah tentu dibutuhkan. Dan kali ini Saya akan menjelaskan apa saja obat asam urat alami yang bisa menyembuhkan asam urat tersebut. Simak tulisan dari tim blog info kesehatan berikut ini :

Jahe
Saya yakin Anda sudah tahu bentuk jahe. Cara membuat ramuannya, siapkan jahe sebanyak 2 ruas ibu jari lalu dipotong-potong kemudian sedikit diremukkan. Selanjutnya rebus jahe remuk tadi dalam air sebanyak 1 gelas ditambah sedikit gula dan kalau mau bisa pula ditambah madu murni. Jika sudah mendidih, segera dinginkan dan diminum setiap hari secara teratur agar hasil yang diberikan bisa maksimal.

Cengkeh
Untuk membuat ramuannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh yang dicampur dengan jahe dengan takaran yang sama. Setelah halus, kasih sedikit air sehingga menyerupai masker. Gunakan dengan cara dioleskan pada bagian yang terasa sakit.

Kulit manggis
Kulit manggis ternyata mampu memecah kristal asam urat pada persendian menjadi bagian paling kecil. Kristal asam urat yang telah dipecah-pecah tadi dapat dibuang melalui urin atau kotoran. Selain itu, Xanthone dalam kulit manggis juga bersifat sebagai anti peradangan dan meredakan nyeri sehingga peradangan dan nyeri akibat asam urat dapat segera diatasi. Cara bikinnya, kulit manggis yang telah dicuci bersih diiris tipis-tipis lalu dijemur sampai kering. Selanjutnya, masukkan ke dalam gelas lalu seduh dengan menggunakan air panas. Tunggulah sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

Kumis kucing
Sifat diuretik atau peluruh kencing yang terdapat pada tanaman kumis kucing ternyata sangat mujarab untuk membuang kelebihan asam urat yang dibuang melalui air seni. Selain itu. kumis kucing mengandung garam kalium yang bisa digunakan untuk menghancurkan batu pada saluran kencing. Cara buat ramuannya, sediakan 20 gram daun kumis kucing, 20 gram meniran, 20 gram sawi tanah, 30 gram jahe merah yang dimemarkan dan 10 gram kapulaga kering. Rebus dengan satu liter air sampai tersisa setengahnya lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Daun salam
Daun salam mengandung senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang sangat bermanfaat untuk obat asam urat dan kolesterol. Cara bikinnya, rebuslah 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum sehari 2 kali dengan dosis setengah gelas sekali minum.

Sambiloto




Sambiloto mengandung senyawa alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga kalium, natrium, dan kalsium yang bisa digunakan sebagai obat asam urat. Bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman. Caranya, rebus 10 gram sambiloto kering ditambah rimpang temulawak 10 gram, komfrey 10 gram dan buah lada 1 garam dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas saja.  Diminum 3 kali sehari 1 jam sebelum makan atau 2 jam seseudah makan.

Meniran



Selain sebagai penambah kekebalan tubuh, sifat diuretik tanaman meniran ternyata mampu mengobati asam urat.

Anting-anting 



Selain bisa dimanfaatkan sebagai anti radang, pembersih hati dan penambah nafsu makan, tanaman yang punya istilah lain kokosan ini juga memiliki sifat diuretik sehingga mampu membantu dalam penyembuhan asam urat. Bikinnya, sediakan 7 potong akar anting-anting lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum saja sekaligus dan lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Sidaguri



Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya adalah alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, lubrikan, steroid dan aphredine. Sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya. Cara buat ramuannya, rebus 60 gram sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum 3 kali sehari dengan sekali dosis setengah gelas saja.

Daun sirsak
Daun sirsak mengandung senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, dan alkaloid murisine yang dipercaya mampu mengatasi asam urat. Daun sirsak memiliki efek diuretik yang membuat sekresi asam urat melalui urine dapat berjalan lancar sehingga asam urat yang menumpuk di persendian  akan terbuang.

Itulah beberapa resep obat asam urat alami yang bisa Anda praktekkan untuk mengurangi dan menyembuhkan penderitaan akibat tingginya kadar asam urat.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Obat
Back To Top