Tips Diet Ibu Menyusui Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Ketika kita membahas masalah ibu menyusui, ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan diet ibu menyusui, karena diet mereka memiliki efek langsung pada anak mereka. Pada artikel ini, kita akan melihat dari dekat apa saja yang merupakan makanan  sehat khusus untuk ibu menyusui.

Pilar utama dari bayi  sehat adalah diet ibunya yang seimbang. Ibu menyusui harus menghindari menghitung jumlah kalori atau mengikuti diet pada  kelompok makanan tertentu. Sederhananya, bayi Anda membutuhkan kalori dan tidak ada ukuran atau batasan untuk jumlah kalori yang diperlukan oleh ibu menyusui. Jadi, penting juga bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, protein dan lemak sehingga tubuh berenergi cukup dan bayi pun bisa mengkonsumsi berbagai nutrisi melalui ASI.

Berikut ini ada beberapa hal yang mesti diketahui perihal makanan yang seharusnya dikonsumsi dan juga dihindari, agar ibu tetap sehat, begitu juga bayinya pun ikut sehat.


diet ibu menyusui


Makanan ibu menyusui  harus mencakup kandungan protein, kalsium dan makanan kaya zat besi, sayuran berdaun hijau, buah-buahan yang beraneka, makanan yang banyak mengandung vitamin C, karbohidrat kompleks, air atau jus segar dan makanan yang kaya akan omega untuk kesehatan otak bayi. Aturlah dan campurlah kelompok makanan ini agar bayi Anda terjamin nutrisinya yang sangat penting untuk pertumbuhan.

Dan idealnya bahwa ibu menyusui harus menghindari kafein dan minuman beralkohol. Selain itu, hindari makanan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan hiu dan juga makarel.

Selanjutnya ibu harus benar-benar mencuci semua sayuran dan buah-buahan untuk menghindari terkonsumsinys pestisida dan bahan kimia yang tertinggal di daun ataupun buah.

Hindari juga lemak jahat seperti lemak hewani dan lemak trans. Sebagai gantinya Anda bisa memilih lemak yang ada pada  minyak zaitun, biji wijen dan minyak ikan.

Tips lainnya adalah hanya mengkonsumsi daging tanpa lemak, membuang semua lemak dari unggas atau daging merah.

Pastikan Anda banyak mengkonsumsi air murni.

Dan terakhir jangan lupa untuk mendapatkan banyak vitamin D.

Tag : Ibu Menyusui
Back To Top