Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Manusia


Artikel kesehatan kali ini akan membahas hal yang berhubungan dengan manfaat alpukat. Banyak manfaat alpukat bagi kesehatan manusia yang tidak kita sadari dapat membantu mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat dari buah alpukat ini sangat banyak sekali, baik untuk penyakit yang ringan maupun penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker.

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia, seperti yang Saya kutip dari laman web Manfaat.

Manfaat alpukat itu antara lain :

Menjaga kesehatan kardiovaskular
Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi.

Berdasarkan sejumlah penelitian yang telah teruji, buah alpukat adalah sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang  dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Menurunkan berat badan
Masih banyak masyarakat Indonesia yang sangat terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini dianggap baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi studi telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal amat baik dipakai sebagai pembakar energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Energi pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan anda rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang diet.

Mengurangi resiko diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Jika anda merasa sering lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter.

Dalam hal ini, alpukat berperan dalam mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Menjaga kecukupan kolesterol ini benar-benar sangat membantu dalam mengurangi resiko terjadinya penyakit gula.

Mengurangu radang sendi dan encok
Penyakit ini lebih sering menyerang anda yang sudah mulai berumur, Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

Mencegah penyakit kanker
Buah alpukat sangat kaya dengan fitokimia yang berdasarkan hasil studi bisa membantu dalam mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”

Mencegah tekanan darah tinggi
Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Membuang radikal bebas
Manfaat antioksidan dalam tubuh kita adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu hingga kanker. Alpukat merupakan buah yang menjadi sumber antioksidan tinggi yang benar-benar sangat baik bagi tubuh dalam mengeluarkan toksin melalui keringat atau air seni kita.

Membantu kesehatan mata
Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal untuk membantu melindungi kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Mengurang resiko stroke
Kandungan asam folat dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Hasil studi telah membuktikan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung banyak folat akan mendapat resiko yang lebih rendah terserang stroke.

Sebagai anti inflamasi
Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak diragukan lagi dalam dunia medis, karena telah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi Alpukat terbagi menjadi lima kategori dasar:
  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
  • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten
  • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng
  • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)
  • alkohol lemak polyhydroxylated (PSA)

Artikel kesehatan tentang Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Manusia


Sementara itu, lama Cara Khasiat Manfaat, menambahkan beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan yaitu :

Mengurangi resiko Alzheimer
Alpakat adalah salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Kandungan Omega 3 dan juga vitamin E yang terdapat di dalam buah alpukat sudah terbukti secara ilmiah mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal. 

Membantu memperbaiki penyerapan nutrisi
Ternyata, mengkonsumsi buah avocado bisa meningkatkan jumlah senyawa karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali. Karotenoid adalah termasuk beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan. Adanya peningkatan karotenoid ini dapat terjadi akibat nutrisi dan enzim yang terdapat dalam buah alpukat bisa bekerja dalam mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Anda bukan saja hanya mendapatkan energi dari nutrisi dari buah alpukat, nami juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang Anda pilih untuk dimakan bersama alpukat.

Menurunkan jumlah kolesterol
Sebuah penelitian sudah menemukan adanya penurunan kadar jumlah kolesterol sebanyak 17% pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Ilmuwan telah mempercayai bahwa hal ini dikarenakan adanya beta sitosterol dalam alpukat  yang pada awalnya telah diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, blog Manfaat Buah Kesehatan menambahkan beberapa manfaat dari alpukat yaitu :
Mencegah kanker prostat
Apukat mampu mencegah dan menekan pertumbuahn kanker prostat. 

Mencegah kanker mulut
Selain itu, manfaat buah alpukat yang sangat luat biasa lagi adalah dapat mencegah kanker mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa zat tertentu pada apokat dapat menemukan dan mematikan sel penyebab kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.

Mencegah kanker payudara
Alpukat juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara seperti halnya minyak olive yang mengandung banyak asam oleat yang juga apat mencegah kanker payudara menurut beberapa studi.

Menurunkan nilai tekanan darah
Mengkonsumsi buah alpukat ini disinyalir dapat membantu dalam mengurangi dan juga mengendalikan nilai tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

Mencegah aneka peradangan
Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa buah alpukat juga mengandung nutrisi yang dapat membantu dalam mencegah peradangan. Nutrisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah berbagai risiko penyakit yang ada hubungannya dengan peradangan pada tubuh.

Mengobati sariawan
Ambil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan.

Mengobati sakit gigi berlubang
Ambil satu biji alpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Pakailah hanya sedikit bubuk biji saja dan cobala untuk memasukkan ke dalam gigi Anda yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang.

Mengobati bengkak karena peradangan 
Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan manfaatnya ? Demikianlah uraian mengenai manfaat alpukat bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga anda. 


Tag : manfaat alpukat
Back To Top