Kebugaran Jasmani

Cara Menghilangkan Jaringan Parut Bekas Jerawat



Jerawat membandel yang tumbuh sejak remaja biasanya meninggalkan bekas. Rasanya hampir setiap laki-laki yang remaja yang beranjak dewasa mengalami hal demikian. Mulai dari komedo hingga jerawat membandel yang hingga kini menghilangkan bekas.

Kabar baiknya ada beberapa cara yang dapat diandalkan untuk menghilangkan bekas luka. Namun, kabar buruknya, jika Anda tidak menyadarinya sejak dini dan merawatnya dengan hati-hati, itu akan menyebabkan bekas luka permanen. Lebih parah lagi, bekas jerawat tidak seperti bekas luka lainnya.

Menurut American Academy of Dermatology, bekas jerawat mungkin memiliki karakteristik yang sangat kompleks. Dengan kata lain, untuk menghilangkannya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit, untuk mengetahui pengobatan apa yang sesuai untuk jenis kulit Anda.

Bekas jerawat atau jaringan bekas jerawat, mungkin disebabkan karena proses penyembuhan abnormal yang menyebabkan kelebihan atau kekurangan kolagen di tempat jerawat. Untuk mengatasi bekas jerawat bisa dilakukan dengan cara:

  • Batasi paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya atau gunakan aksesoris pelindung tambahan seperti penutup.
  • Cuci muka Anda 2 kali sehari jika kondisi kulit Anda cenderung kering lalu hindari menggunakan produk pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan aseton sehingga wajah tidak kering namun jika kondisi kulitnya, sebaiknya untuk menggunakan produk pembersih wajah yang bebas minyak kemudian bilas dengan air hangat.
  • Hindari memencet jerawat.
  • Asupan cairan yang cukup.
  • Menggunakan krim, salep, suplemen yang mengandung vitamin E namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lebih lanjut. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti pada biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat seperti keripik kentang, makanan pedas/cabai, kue, soda, dan makanan olahan susu.
  • Tidak merokok dan konsumsi minuman alkohol.

Untuk cara menghilangkan parut akibat jerawat berlubang di wajah secara alami, tidak bisa menuai hasilnya dengan cepat misalnya dalam masa seminggu, tapi membutuhkan waktu yang tidak instan sehingga Anda harus tetap konsisten dan teratur dalam perawatan wajah secara alami. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan antara lain :
- Lidah buaya
- Es batu
- Jus lemon
- Kayu cendana
- Baking soda
- Madu

Jika keluhannya belum membaik, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang benar.

Selain cara sederhana diatas, ada cara lain yang lebih canggih. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah yang harus Anda diskusikan sebelumnya dengan dokter.

Peleburan dengan laser
Bekas jerawat bisanya akan gatal sampai Anda ingin terus menggaruknya. Saat itu serat kolagen di tengah membentuk jaringan baru, mengakibatkan gatal pada luka. Serat baru yang terbentuk lebih kuat, tidak fleksibel dan tidak memiliki struktur lain seperti kelenjar keringat dan folikel rambut yang sebelumnya ada di kulit.

Peleburan dengan laser bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka. Dengan kata lain, epidermis kulit akan diangkat, sedangkan dermis dan bagian lainnya akan sembuh dari dalam. Biaya pengobatan minimal 2.000 sampai 5.000 dollar AS. Yang lebih murah tentunya kurang efektif. Awalnya, wajah disengat oleh sinar laser. Rasa terbakar terasa selama kurang lebih satu minggu. Setelah itu mulai mengupas dan jaringan baru mulai terbentuk.

Microo-needling
Penderita kulit gelap cenderung terhindar dari laser, karena mempengaruhi pigmen kulit. Solusinya? Menggunakan cara microo-needling. Micro-needling adalah solusi lain yang cocok untuk semua jenis kulit. Pasalnya, prosesnya tidak merusak jaringan seperti laser. Pastinya tidak seefektif laser, tapi biasanya cara ini dipilih dan kemudian dipadukan dengan hal lain untuk membuatnya maksimal.

Salah satu kombinasi ideal adalah PRP atau platelet rich plasma. Trombosit itu sendiri adalah bagian dari darah yang kaya akan bahan terbaik untuk membantu pertumbuhan sel. Dokter yang Anda referensikan dapat menambahkan sampel atau sampel darah Anda dan menyuntikkannya ke luka selama proses micro-needling.

Subcision
Subcision dilakukan untuk menangani bekas luka dengan mengeluarkan lapisan luar kulit beserta bekas luka yang berada di bawahnya. Dalam prosesnya darah akan menggumpal di daerah luka dan membentuk jaringan ikat. Dasi baru yang terbentuk adalah yang akan mendudukkan bekas luka (bekas luka) dengan permukaan kulit lainnya.

Memotong kulit
Terkadang bekas jerawat sangat dalam sehingga yang bisa Anda lakukan adalah memotongnya. Yang dimaksud dengan pemotongan adalah mengangkat 2 sampai 4 milimeter kulit beserta jaringan parut (jaringan parut) dan diakhiri dengan jahitan kecil. Jahitan akan mengering dan menyembuhkan dirinya sendiri selama satu minggu. Biaya itu sendiri berkisar antara 1.500 sampai 3.000 dollar AS.

Dengan filler
Bagaimana jika luka itu tidak terlalu dalam? Nantinya, telah ada penggunaan disetujui FDA oleh Bellafill. Isinya berlangsung sampai lima tahun, tidak seperti kebanyakan pengisi yang bertahan hanya 8 sampai 18 bulan.

Bellafill mengandung kolagen sapi atau kolagen yang diperoleh dari sapi untuk memperbaiki jaringan parut (bekas luka) jerawat. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk perawatan terakhir ini adalah sekitar 1.000 sampai 1.400 dolar AS.

Itulah beberapa cara dari yang sederhana secara alami sampai yang termahal (modern dengan masa yang cepat kurang seminggu) dalam menghilangkan jaringan parut bekas jerawat berlubang pada wajah. Nantikan pula artikel lain tentang :
- cara menghilangkan parut di kaki


Sumber :
https://gaya.tempo.co/read/893505/5-cara-hilangkan-parut-bekas-luka-jerawat-kulit-kembali-mulus
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/cara-menghilangkan-luka-parut-dan-bekas-jerawat

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top