Kebugaran Jasmani

Daun Binahong dan Khasiatnya


Orang Cina menamai daun binahong sebagai Deng san chi. Binahong adalah tumbuhan merambat seperti gendola yang biasa merambat di pagar atau gerbang.

Daun binahong biasa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit. Namun, batang dan umbi juga memiliki khasiat sebagai ramuan obat. Senyawa nutrisi yang terdapat di dalam daun binahong ini lumayan banyak diantaranya ada fenol, asam arkobat, antioksidan, dan protein yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Kandungan Zat Daun Binahong

  • Zat antioksidan: Mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya zat karsinogenik pemicu sel kanker. Mengkonsumsi daun binahong, bisa mengurangi risiko kanker.
  • Zat alkoloid: Biasa digunakan pada penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Saponin: Memberikan penurunan kadar kolesterol. 

Khasiat daun binahong sudah dikenal orang sejak dahulu kala. Walaupun tanaman binahong belum banyak penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya, namun orang menggunakannya untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti untuk menyembuhkan luka dan terkena senjata atau goresan benda tajam.

Dari berbagai informasi yang bisa ditemukan di internet, dikatakan bahwa daun Binahong terbukti bisa mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Di antara penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun binahong adalah sebagai berikut:
- Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, persalinan, khitan, semua luka di dalam kolitis.
- Menghaluskan dan menormalkan sirkulasi dan tekanan darah.
- Mencegah stroke, bisul, asam urat.
- Menambah dan mengembalikan vitalitas stamina.
- Wasir
- Lancar buang air kecil, buang air besar.
- Diabetes
- Sariawan yang parah
- Pusing
- Sakit perut
- Mimisan
- Gatal-gatal
- Panas tubuh
Daun Binahong dan Khasiatnya

Daun Binahong dan Khasiatnya

Berikut ini Saya tulis beberapa metode atau cara dalam memanfaatkan daun binahong untuk mengobati berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat.

Mengobati luka berdarah
Tumbuk atau kunyah daun Binahong secukupnya sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan sesering mungkin saat luka masih kondisi basah atau luka parah.

Mengobati jerawat
Ambil 5 lembar atau lebih daun binahong dan hancurkan sampai halus. Langsung terapkan pada wajah Anda secara teratur. Ada baiknya jika Anda menggunakannya pada malam hari sebelum tidur. Ulangi sampai wajah terlihat baik. Kalau hasilnya pingin maksimal,coba siapkan 5-6 lembar daun binahong lalu direbus dengan air sejumlah 2 gelas sampai tersisa satu gelas. Bisa menambahkan madu secukupnya.

Mengobati memar
Untuk pemakaian luar, daun dan batangnya ditumbuk halus lalu diolesi pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbakar api (panas), rheumatik, nyeri pegal, saraf skiatik.

Menjaga kesehatan wajah
Tips ini cukup efektif menghilangkan keriput dan jerawat di wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup gunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 lembar daun binahong kemudian oleskan pada wajah setiap sebelum tidur.

Mencegah kanker
Daun binahong ini bisa berkhasiat dalam mengurangi risiko terkena kanker sebab daun binahong mengandung sumber antioksidan kuat yang dapat mencegah radikal bebas membentuk kanker. Selain itu, kandungan vitamin C pada daun binahong juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka
Daun binahong juga mempunyai kandungan asam askorbat dan minyak atsiri yang sangat berkhasiat dalam menutup luka dan menjadi antiseptik alami. Untuk mendapatkan khasiat khusus dalam mempercepat penyembuhan luka dari daun ini, Anda cukup menumbuk beberapa lembar daun binahong sampai halus, lalu oleskan pada yang terluka.

Memulihkan stamina tubuh
Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun binahong pun ternyata dapat membantu mengembalikan stamina dan energi tubuh Anda setelah seharian beraktifitas. Untuk pemakaiannya, Anda mesti merebus daun binahong dengan 2 gelas air mendidih sampai tersisa satu gelas. Lalu minum ramuan itu secara teratur.

Mencegah diabetes
Kandungan zat alkoloid di daun binahong dapat membantu memulihkan kesehatan penderita diabetes. Ini karena zat alkoloid memiliki sifat hipoglikemik yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Membantu mencegah dan mengobati asma
Daun binahong juga sangat manjur dalam mencegah terjadinya sesak nafas. Dimana daun yang sehat bisa membantu kelancaran sistem pernafasan Anda, sehingga performa paru akan menjadi lebih baik. Karena itu, manfaat daun bihanong sangat cocok untuk digunakan oleh penderita asma.

Mencegah tekanan darah rendah
Daun binahong sering digunakan dalam pengobatan tradisional atau herbal untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah. Dimana tekanan darah rendah bisa membuat tubuh Anda mudah merasa lelah dan lemah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun binahong secara teratur untuk menormalkan tekanan darah.

Meredakan sakit batuk
Daun binahong bisa meringankan gejala batuk serta sangat efektif dalam menghentikan pendarahan pada waktu batuk yang parah atau batuk berdarah.

Mengobati maag
Manfaat binahong daun berikutnya yang bisa menjadi obat untuk mengobati maag. Anda hanya perlu merebus daun binahong sebanyak sepuluh lembar  sampai mendidih dan tersisa menjadi satu gelas air. Air rebusan daun binahong itu bisa anda konsumsi tiga kali sehari.

Untuk mengobati penyakit berat
Umtuk membuat ramuan berbagai penyakit yang agak berat seperti :

  • Batuk atau muntah darah: 10 daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Paru : 10 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Diabetes: 11 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Sesak nafas: 7 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Ulkus akut (kronis): 12 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Patah tulang: 10-20 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Darah rendah: 8 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Peradangan ginjal : 7 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Kulit gatal atau eksim : 10-15 lembar daun binahong, rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Gegar otak ringan atau berat: 10 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
Untuk mengobati penyakit ringan
Umtuk membuat ramuan berbagai penyakit yang agak berat seperti :

  • Disentri : 10 lembar daun binahong, rebus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Ambeyen Berdarah : 16 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Hidung mimisan: 4 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Setelah bedah operasi : 20 lembar, daun binahong direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Luka bakar: 10 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Kecelakaan / kena benda tajam: 10 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
  • Jerawat: 8 lembar daun binahong, direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
Artikel terkait daun binahong dan khasiatnya :
- cara mengolah daun binahong
- manfaat daun binahong merah
- efek samping daun binahong
- manfaat daun binahong untuk wajah
- manfaat daun binahong untuk asam urat
- nama lain daun binahong
- ciri ciri daun binahong
- binahong kapsul

Sumber :

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : daun binahong
Back To Top