Kebugaran Jasmani

Jam Olahraga Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan


Tentu saja ada durasi tertentu dan jam olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini jelas akan mendukung keberhasilan dalam menjalankan program penurunan berat badan secara efektif.

Dilansir dari Solo Pos, waktu yang tepat berolahraga untuk menurunkan berat badan lebih cepat adalah saat malam hari. Hal ini karena konsumsi oksigen cenderung lebih rendah pada malam hari, sehingga membuat berat badan Anda lebih cepat turun.

Alasan lainnya adalah olahraga pada malam hari juga dapat mengurangi rasa lapar sehingga dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Meski begitu, waktu bukanlah parameter utama keberhasilan seseorang menurunkan berat badan. Hal yang utama adalah membiasakan tubuh untuk aktif bergerak alias berolahraga jauh lebih baik dari pada waktu melakukannya.

Berbeda dengan penelitian di India, sejumlah penelitian menjelaskan waktu yang tepat berolahraga untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Dianjurkan untuk berolahraga di pagi hari untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Saat Anda berolahraga, metabolisme tubuh Anda akan meningkat seiring waktu. Padahal, setelah Anda selesai berolahraga, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama baik di pagi maupun sore hari.

Profesor dari University of New England, Clara Carlson mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan lebih banyak terbakar. Tekanan darah Anda bisa lebih stabil dan Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Berbeda dengan pagi hari, olahraga yang dilakukan pada malam hari dapat meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot serta membantu mengendurkan tubuh setelah beraktivitas seharian, asalkan dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kemampuan tubuh kita.

Tubuh akan mengalami dehidrasi dan menjadi sulit bagi kita untuk tidur jika berolahraga secara berlebihan.

Sementara itu menurut Klik Dokter, kapan waktu yang tepat berolahraga untuk menurunkan berat badan menjadi fokus studi yang baru saja dipublikasikan di jurnal medis "Obesity".

Dalam studi yang meneliti 375 partisipan dewasa yang berhasil mempertahankan berat badannya dan melakukan aktivitas fisik intensitas sedang hingga berat, mayoritas melaporkan konsistensi waktu olahraga, yakni pagi hari.

Studi ini juga menemukan bahwa konsistensi waktu olahraga dikaitkan dengan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi, terlepas dari apakah waktunya pagi, siang atau malam, atau malam.

Para peneliti berharap temuan studi ini dapat berlanjut ke studi eksperimental untuk menentukan apakah konsistensi waktu olahraga dapat membantu seseorang mencapai dan mempertahankan aktivitas fisik tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, penting juga untuk menentukan apakah ada waktu tertentu yang lebih menguntungkan bagi individu dengan tingkat aktivitas fisik awal yang rendah untuk mengembangkan kebiasaan olahraga.

Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang dimuat dalam jurnal "Current Biology" tahun lalu. Ini menyatakan bahwa ritme sirkadian mempengaruhi pembakaran kalori.

Pada ritme yang normal (terjaga di siang hari dan istirahat di malam hari), peneliti menemukan bahwa tubuh membakar kalori 10 persen lebih banyak di sore hari dibandingkan di pagi, siang, atau malam hari.

Jadi, kapan waktu latihan terbaik? Waktu paling populer bagi seseorang untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari. Jika Anda masih bingung menentukan waktu olahraga terbaik, penjelasan di bawah mungkin bisa membantu Anda memutuskan.

Jam Olahraga Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Keuntungan dan kerugian berolahraga di pagi hari

Pagi hari merupakan pilihan waktu yang tepat bagi Anda yang kesulitan menjaga konsistensi dalam berolahraga. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih bisa melakukan pola olahraga ini secara rutin. Rutinitas ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Olahraga pagi juga bisa meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Olah raga di pagi hari menjaga kelancaran peredaran darah sepanjang hari, sehingga pada malam hari bisa langsung istirahat tanpa terganggu aktivitas lainnya.

Kekurangannya, pada pagi hari metabolisme tubuh dan otot cenderung lambat dan kaku, sehingga tubuh membutuhkan tahap pemanasan yang lebih lama.

Keuntungan dan kerugian berolahraga di malam hari

Jika sulit bangun pagi, lakukan olahraga pada malam hari. Namun sebaiknya Anda selalu menjaga konsistensi dalam berolahraga. Pasalnya, aktivitas sepanjang hari atau tergoda tawaran makan bersama teman bisa menggeser, atau bahkan menggagalkan, jadwal olahraga yang sudah Anda buat.

Jika Anda berolahraga di malam hari, tubuh Anda sudah melakukan pemanasan sepanjang hari, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah melanjutkan olahraga. Namun, ketahuilah bahwa olahraga malam hari dapat meningkatkan sistem tubuh karena meningkatnya kadar hormon adrenalin dan stres.

Akibatnya tubuh butuh waktu lebih lama untuk rileks kembali sebelum akhirnya bisa istirahat. Beberapa orang melaporkan tidurnya terganggu pada malam hari.

Menentukan waktu terbaik berolahraga untuk menurunkan berat badan harus memperhatikan beberapa hal, misalnya aktivitas dan kondisi tubuh. Dari jumlah kalori yang dibakar, olahraga pagi dan sore tidak jauh berbeda, tergantung kebiasaan Anda mengalokasikan energi dalam sehari.

Pemilihan waktu terbaik untuk berolahraga antar individu untuk menurunkan berat badan dapat bervariasi. Jika Anda merasa memiliki banyak energi di malam hari, tentunya olahraga di malam hari akan lebih maksimal, begitu pula sebaliknya.

Yang penting disiplin disertai pola hidup sehat untuk manfaat yang optimal. Namun, jika Anda berolahraga untuk keperluan kompetisi atau atlet, lebih baik diskusikan dengan dokter olahraga Anda.

Berapa lama olahraga yang dianjurkan setiap hari?

Menurut Tribun Kaltim, umumnya Anda bisa berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Jika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan atau untuk tujuan kebugaran tertentu, Anda mungkin perlu menambah waktu latihan Anda.

Jika Anda sudah berolahraga selama 30 menit setiap hari, tetapi berat badan Anda masih bertambah, Anda perlu menambah waktu latihan Anda menjadi masing-masing 60 menit untuk mencegah penambahan berat badan.

Dan batasnya adalah 90 menit per hari untuk orang-orang yang kelebihan berat badan, telah kehilangan banyak berat badan, dan mempertahankan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Jadi, jika Anda memiliki berat badan normal, Anda hanya perlu melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Jika ingin mengontrol berat badan, disarankan agar Anda melakukan olahraga selama 60 menit setiap hari.

Sedangkan jika ingin menurunkan berat badan, perlu dilakukan lebih banyak olahraga yaitu selama 90 menit setiap hari. Ingat, jangan lebih dari ini karena berolahraga terlalu lama juga tidak baik.

Melakukan olah raga setiap hari dapat membuat tubuh menjadi bugar dan juga dapat mengurangi resiko Anda terserang penyakit kronis di masa dewasa. Olah raga harian bermanfaat untuk menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar tubuh Anda, sehingga olah raga juga bermanfaat untuk menjaga berat badan Anda.

Namun, berolahraga terlalu lama justru bisa berdampak negatif. Berolahraga terlalu lama dapat membuat tubuh Anda stres dan bahkan dapat menyebabkan latihan berlebihan.

Demikian waktu atau jam olahraga seumpama jogging yang baik dan tepat untuk membakar lemak demi mengecilkan perut dan menurunkan berat badan yang bisa dilakukan dirumah.


============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Menurunkan Berat Badan
Back To Top