Kebugaran Jasmani

Cara Mengobati Radang Gusi


Gingivitis atau radang gusi adalah bentuk yang sangat umum dan ringan dari penyakit gusi. Gingivitis pada dasarnya adalah infeksi ringan pada gusi. Siapapun dapat terkena gingivitis dan banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang memilikinya.

Gejala umum meliputi iritasi, kemerahan, pembengkakan dan bengkak pada gusi. Gejala lain diantaranya bau mulut, gigi longgar, gusi surut, dan gusi yang menjadi lembut dan berdarah, terutama saat menyikat atau flossing.

Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan plak terbentuk pada gigi. Plak sendiri  tak terlihat, lapisan tipis yang lengket terdiri dari bakteri yang dapat mengiritasi gusi serta gigi.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko gingivitis adalah merokok berlebihan, penggunaan tembakau, usia, diabetes, obat-obatan tertentu, gigi bengkok, restorasi gigi tidak pas, tambalan yang rusak, kehamilan, genetika, kekebalan, mulut kering dan pola makan yang buruk.

Jika tidak diobati, radang gusi dapat menjadi serius dan menyebabkan infeksi parah yang dikenal sebagai periodontitis dan bahkan kehilangan gigi.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) dan National Institute of Dental and Craniofacial Research, gingivitis juga dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes, serangan jantung dan penyakit paru-paru. Hal ini juga meningkatkan risiko kelahiran prematur pada ibu hamil.

Menjaga kesehatan mulut dengan melakukan kebiasaan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, flossing setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin bisa membantu mencegah radang gusi. Dokter gigi dapat merekomendasikan tips menjaga kesehatan mulut tambahan yang khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengiringi kebersihan mulut yang baik, Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan tradisional dan sederhana untuk mengobati dan mencegah radang gusi.


Cara Mengobati Radang Gusi


Berikut ini adalah 10 cara untuk mengobati radang gusi.

Garam 
Garam adalah obat yang sangat efektif untuk gingivitis karena sifat antiseptik dan antibakteri di dalamnya. Garam dapat membantu mengobati gusi bengkak dan meradang dan menarik infeksi keluar dari setiap abses dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Caranya, tambahkan 1/2 sendok teh garam untuk segelas air hangat suam-suam kuku. Gunakan air ini untuk membilas mulut Anda setiap pagi dan setiap malam sampai pembengkakan gusi Anda berkurang.
Atau bisa juga campurkan 1/2 sendok teh garam dengan minyak mustar secukupnya untuk membuat pasta. Gunakan pasta ini untuk memijat gusi menggunakan gerakan melingkar selama 1 atau 2 menit. Kumur dengan air hangat. Ulangi perawatan ini 2 atau 3 kali sehari selama beberapa hari.

Kunyit 
Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Curcumin secara efektif dapat mengurangi plak, nyeri, pembengkakan dan peradangan pada gusi serta dapat mengurangi aktivitas bakteri untuk mencegah infeksi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology juga menemukan bahwa kunyit bisa dijadikan obat kumur yang efektif  untuk mengontrol pembentukan plak untuk mencegah plak dan radang gusi, berkat dari sifatnya yang anti-plak, sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sebanding dengan obat kumur chlorexidine.

Caranya, buatlah pasta dari 1 sendok teh bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh garam dan minyak mustard. Oleskan pada gigi dan gusi dan pijat dua kali sehari. Atau, campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air atau sedikit minyak vitamin E, untuk membuat paket permen karet. Terapkan pada gusi Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ikuti perawatan ini setidaknya sekali sehari selama beberapa minggu. Pilihan lain adalah membuat pasta gigi dari bubuk kunyit dengan sedikit air. Simpan pasta tadi pada sikat gigi berbulu lembut lalu sikat gigi Anda dengan itu. Lakukan ini dua kali sehari selama setidaknya dalam beberapa minggu.

Oil pulling
Oil pulling adalah ramuan minyak populer yang dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan radang gusi,  mengurangi plak, menguatkan gusi dan membantu menjaga kesehatan mulut.

Caranya, masukan 1 sendok makan minyak wijen atau minyak kelapa ke mulut Anda. Kumur-kumur dalam mulut dan mengenai gigi Anda selama 15 sampai 20 menit. Bilas mulut Anda  dengan air hangat.
Lakukan ini setiap pagi sebelum menggosok gigi selama sekitar satu bulan. Tapi jangan berkumur atausampai menelan minyak.

Baking Soda 
Baking soda adalah obat tradisional populer rumah untuk radang gigi. Baking soda bisa menetralkan asam di mulut, sehingga mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Baking soda juga bekerja sebagai antiseptik alami untuk membantu mencegah infeksi.

Caranya, campur 1/4 sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke gusi. Biarkan selama 1 atau 2 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Jus lemon
Lemon mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu mengobati penyakit gusi serta mengandung vitamin C, yang dapat membantu melawan infeksi.

Campur jus lemon dalam segelas air hangat. Pakai resep ini sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Lakukan ini dua kali sehari untuk menenangkan pendarahan pada gusi  yang disebabkan oleh radang gusi. Pilihan lain adalah dengan mencampur sedikit garam dengan 1 sendok makan jus lemon segar untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada gusi Anda dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ulangi proses 4 atau 5 kali sehari sampai Anda melihat perbaikan.

Aloe Vera 
Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang sangat efektif terhadap radang gusi. Lidah buaya dapat mencegah akumulasi bakteri penyebab plak yang menyebabkan radang gusi serta mengurangi rasa sakit dan menenangkan gigi dan gusi meradang.

Caranya, potonglah daun lidah buaya dan ambil ekstraknya. Gosokan gelnya langsung pada gusi yang terkena. Biarkan selama 10 menit dan kemudian kumur dengan air dingin. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai kondisi mereda.

Daun jambu
Daun jambu biji dianggap efektif untuk memberikan pertolongan untuk sakit gigi dan penyakit gusi karena kandungan antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba, dan sifat analgesik di dalamnya. Selain itu, kandungan guaijaverin di daun jambu biji juga bertindak sebagai agen antiplak.

Caranya, bilas dan bersihkan beberapa daun jambu biji secara menyeluruh. Lalu kunyahlah dan kemudian dimuntahkan. Lakukan ini dua kali sehari selama setidaknya beberapa minggu. Pilihan lain adalah dengan menggiling daun jambu lembut dan menggunakannya sebagai pasta gigi. Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang mengandung ekstrak daun jambu biji.

Cengkih
Anda juga dapat menggunakan cengkeh untuk mengobati radang gusi karena sifat antiseptik, anti-inflamasi, antioksidan dan analgesik yang kuat di dalamnya.

Caranya, cukup mengunyah 2 atau 3 siung, 3 kali sehari untuk mengobati radang gusi. Anda juga dapat menggosok minyak cengkeh pada gusi Anda, biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari. Pilihan lain adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur 2 atau 3 kali sehari. Ikuti salah satu dari obat ini setiap hari sampai Anda puas dengan hasilnya.


Harus dicatat bahwa wanita hamil, anak-anak kecil dan orang yang memakai obat pengencer darah harus menghindari menggunakan cengkeh atau minyak cengkeh.

Pepermint
Karena mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik, peppermint juga digunakan dalam pengobatan radang gusi sehingga bisa mengurangi peradangan dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Caranya, rendam beberapa daun peppermint yang telah dipotong-potong dalam air selama 30 menit dan kemudian menggunakan solusi untuk membilas mulut Anda 2 atau 3 kali sehari. Atau, siapkan secangkir teh peppermint dan gunakan di antara waktu makan dan menggunakannya sebagai obat kumur. Anda juga dapat menggunakan peppermint rasa pasta gigi untuk menyikat gigi dua kali sehari.

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antibiotik dan anti-inflamasi, maka dianjurkan untuk mengobati gingivitis kronis karena dapat memberikan pertolongan yang cepat dari gusi teriritasi dan meradang.

Gunakan  minyak pohon teh sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi Anda setiap hari. Jika pasta gigi tersebut tidak tersedia, tambahkan setetes minyak pohon teh ke pasta gigi biasa Anda setiap kali Anda menyikat gigi. Anda juga dapat menggunakan gel pohon teh  yang mengandung minyak. Tapi, jangan menelan minyak pohon teh karena dapat menyebabkan iritasi lambung, termasuk diare.

Tips tambahan untuk mengobati radang gusi
  • Dapatkan check-up gigi secara reguler.
  • Gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat gigi dua kali sehari.
  • Ganti sikat gigi Anda setidaknya setiap 3 sampai 4 bulan.
  • Gunakan pasta gigi yang memiliki antibakteri dan antiseptik untuk menjaga kesehatan mulut.
  • Benangi gigi Anda dengan mengikis lidah Anda setidaknya sekali sehari.
  • Berhenti menggunakan tembakau karena dapat menyebabkan kerusakan besar untuk gigi serta gusi Anda.
  • Gunakan obat kumur antibakteri yang baik dua kali sehari untuk mengurangi plak dan radang gusi.
  • Untuk gigi dan gusi yang lebih kuat, makan lebih banyak makanan yang kaya kalsium.
  • Vitamin C merupakan antioksidan yang menjaga kesehatan mulut. Makanlah makanan yang kaya vitamin C atau suplemen.
  • Bilas mulut Anda dengan air dan juga minum air sehabis makan.
  • Makan buah-buahan renyah dan sayuran seperti apel, wortel dan lobak untuk merangsang air liur dan membantu menjaga mulut Anda bersih.
  • Jauhi makanan dengan kandungan gula tinggi karena bakteri berbahaya berkembang pada permen.
  • Makan keju dan yoghurt untuk membantu mengendalikan dan mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda.
  • Vitamin D juga membantu mengurangi risiko penyakit gusi dengan cara mengkonsumsi suplemen vitamin D setiap hari.
  • Minum sekitar 4 ons jus cranberry setiap hari untuk membantu mencegah bakteri menempel pada gigi Anda.
Konsultasikan dengan dokter Anda jika gejala tidak membaik atau malah nambah rasa sakit dan ketidaknyamanan.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kesehatan Mulut
Back To Top