Kebugaran Jasmani

Cara Mengobati Rambut Rontok Pada Wanita


Baik wanita-wanita muda maupun yang sudah berumur, khususnya wanita pasca menopause, sangat rentan terhadap kerontokan rambut. Bahkan seringkali kaum perempuan mengalami rambut rontok sementara karena hamil, tapi rambut rontok semacam ini  akan selesai sendiri saat kehamilan berakhir. Selain itu, ada juga rambut rontok permanen yang disebabkan oleh faktor keturunan, perawatan rambut yang berbahaya, perlakuan panas (meluruskan dan keriting rambut) atau kondisi medis lainnya. hal ini bisa menjadi pukulan telak bagi harga diri wanita. Untungnya, ada berbagai obat-obatan dan perawatan medis yang dapat memberikan solusi untuk rambut rontok permanen. Artikel ini menawarkan beberapa pilihan pengobatan ditambah beberapa taktik untuk menyamarkan rambut rontok sementara. Ikuti langkah-langkah berikut ini :


Cara Mengobati Rambut Rontok Pada Wanita


Memahami bagaimana rambut tumbuh 
Setiap rambut tumbuh dalam jangka waktu 2-6 tahun (anagen), berjalan melalui periode dorman singkat (catagen) dan kemudian rontok ketika folikel mendorong dengan rambut baru (telogen). Ketika rambut baru tidak menggantikan rambut yang lama yang rontok, inilah penyebab kekhawatiran kita.

Ketahuilah bahwa rambut rontok pada wanita berasal dari berbagai penyebab, bisa penyebab sementara maupun permanen
  • Penyebab sementara diantaranya  kehamilan, kecemasan dan stres, terlalu banyak melakukan perawatan yang berhubungan dengan pewarna atau bleaching, terlalu banyak memanipulasi, penyakit dan infeksi kulit kepala. Sebagai contoh, Anda dapat mengalami kebotakan yang dikenal sebagai traksi alopecia karena konsisten memakai gaya rambut tertentu seperti pig tails atau corn rows. Tipe lain dari rambut rontok adalah telogen effluvium yang terjadi tiba-tiba dan dapat mengakibatkan rontoknya segenggam rambut sekaligus. 
  • Pola rambut rontok permanen pada wanita (alopecia androgenetic) terjadi sebagai akibat dari faktor keturunan dan perubahan hormonal. Wanita biasanya mengalami rambut rontok mulai dari beberapa daerah tertentu dan kemudian meluas. Pola kebotakan wanita bisa terjadi terutama di daerah depan,  kemudian terjadi rambut rontok secara keseluruhan, sehingga terjadi penipisan terus-menerus pada seluruh kepala sehingga kulit kepala menjadi lebih terlihat jelas.
Coba salah satu perawatan atau pengobatan yang disarankan berikut ini

Metode menyambung rambut
Sambungkan rambut tambahan nerupa rambut sintetis untuk menyembunyikan rambut rontok. Solusi ini cocok untuk rambut rontok sementara atau permanen. Tapi bagi muslim, jangan pakai rambut manusia atau orang lain seperti yang sekarang ini sedang ngetrend, karena kita tidak tahu apakah rambut yang kita pakai rambut wanita atau pria karena jika sekiranya yang kita pakai rambut wanita, maka itu sama saja dengan melihat aurat wanita tersebut. Pilihlah rambut buatan. Seorang penata rambut profesional dapat menambahkan rambut tersebut lebih permanen dengan menggunakan tenun, mengepang atau mengikat dengan lem.

Menggunakan minoxidil untuk rambut rontok permanen karena faktor keturunan
Minoxidil adalah jenis pengobatan untuk wanita yang memiliki rambut yang sudah mulai menipis di bagian depan. Namun, sadar akan risiko kesehatan akibat minoxidil yang menyebutkan bahwa minoxidil sebagai obat iritan dan alergen, maka Anda harus konsultasi dulu dengan dokter Anda dengan segera jika timbul salah satu efek samping yang terjadi saat memakai minoxidil. Efek samping itu diantaranya denyut jantung berdetak cepat atau tidak teratur, peningkatan berat badan lebih cepat, nyeri dada, sesak napas, kembung,  kemerahan pada kulit dan pembengkakan kaki atau kaki bagian bawah.

Metode operasi
Konsultasikan dahulu dengan dokter bedah yang mengkhususkan diri dalam prosedur transplantasi rambut untuk rambut rontok permanen. Prosedur ini mungkin cocok bagi wanita yang memiliki rambut rontok akibat faktor keturunan, luka bakar atau trauma. Transplantasi rambut melibatkan hilangnya ratusan folikel rambut dan pencangkokan pada daerah-daerah yang botak. Rambut yang dicangkokkan akan rontok sebelum tumbuh kembali. Operasi penutupan kulit kepala melibatkan hilangnya sebagian dari kulit kepala yang sehat dan menempatkannya di daerah botak. Operasi pengurangan kulit kepala melibatkan hilangnya porsi botak pada kulit kepala dan peregangan yang berdekatan, kulit kepala normal di atas area yang hilang.

Metode perawatan alami
Anda mungkin ingin mencoba melakukan perawatan alami, coba deh lakukan beberapa tips di bawah ini :
  • Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh area tubuh, termasuk kulit kepala. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa peningkatan sirkulasi darah ke kulit kepala dapat membantu dalam stimulasi folikel untuk mulai menghasilkan rambut lagi.
  • Ada beberapa herbal alami seperti cassia auriculata, kembang sepatu, pacar, nimba, kelopak mawar, dan minyak obat, yang sebagian besar adalah topikal, yaitu dengan cara menerapkannya secara langsung pada kulit kepala dengan efek membuka folikel tertutup dan meningkatkan kesempatan untuk produksi rambut. Cara ini memiliki berbagai tingkat keberhasilan, tergantung pada individu.
Herbal alami yang Saya maksud diantaranya adalah :
  • Minyak telur (Eyova). Minyak telur mengandung omega-3 asam lemak, anti-oksidan dan kolesterol dan merupakan solusi lengkap untuk masalah rambut seperti rambut rontok, rambut abu-abu dan rambut keriting.
  • Cassia auriculata. Alasan untuk menggunakan Cassia auriculata atau Senna auriculata atau Tanner cassia sebagai bahan utama dalam produk rambut herbal adalah bahwa bahan ini merangsang pertumbuhan rambut alami dengan meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga mencegah rambut rontok. Obat ini merupakan ramuan ini antibakteri terutama ketika terjadi gangguan kulit kepala dan bertindak sebagai tonik untuk membuat rambut hitam, mengkilap, tebal dan penuh dengan aroma yang indah.
  • Hibiscus rosa-sinensis. Hibiscus umumnya dikenal sebagai mawar China dan cocok digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bunga obat ini bekerja secara ajaib dalam pencegahan rambut rontok dan rambut beruban serta membantu dalam mengobati gangguan kulit kepala. 
  • Henna, dikenal juga sebagai mehandi. Henna telah digunakan dari beberapa dekade oleh ratu dan raja-raja untuk pewarnaan rambut, pembersihan,  dan memberikan penampilan yang mengkilap. Henna juga menenangkan kulit kepala, mengurangi rambut rontok dan menambah volume pada rambut. Namun terlalu sering menggunakan henna dapat mempercepat rambut rambut dan menyebabkan dermatitis, jadi gunakan tidak lebih dari tiga kali setahun.
  • Daun kari, tidak hanya menambah rasa untuk makanan, tetapi juga dapat memperbaiki rambut Anda. Penuh dengan nutrisi penting untuk meremajakan rambut dengan memperkuat folikel rambut. Bertindak sebagai natural anti-oksidan dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru. 
  • Akar wangi, tanaman ini merangsang sistem peredaran darah dan memelihara batang rambut.
  • Kelopak mawar, besifat menenangkan, bernutrisi dan membuang kulit yang terkelupas dari kulit kepala. Juga meningkatkan aliran darah, mengurangi rambut rontok dan menambah volume pada rambut. 
  • Neem (Azadirachta indica). Selama ribuan tahun, nimba telah digunakan dalam pengobatan rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak tinggi yang membantu dalam promosi kesehatan rambut tersebut
Itulah beberapa cara dalam mengobati rambut rontok pada wanita, semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.wikihow.com/Treat-Female-Hair-Loss

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Rambut
Back To Top