Kebugaran Jasmani

Pengertian Kesehatan Reproduksi Wanita Menurut WHO


Saya yakin sobat sering mendengar istilah reproduksi. Dalam hubungannya dengan kesehatan, sobat tentu pernah mendengar pula istilah kesehatan reproduksi. Apa itu pengertian kesehatan reproduksi ?

Pengertian dari kesehatan reproduksi menurut WHO adalah suatu kondisi kesehatan yang sempurna, baik itu secara fisik, mental, dan sosial, tidak hanya semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan lain yang berhubungan dengan sistem reproduksi tubuh, baik fungsi maupun prosesnya.

Pengertian kesehatan reproduksi tersebut meliputi hal-hal yang berhubungan dengan :
  • Hak setiap orang untuk bisa memperoleh kehidupan seksualnya yang aman serta memuaskan, dan mempunyai kapasitas untuk bereproduksi.
  • Kebebasan untuk memutuskan kapan atau seberapa banyak bisa melakukannya.
  • Hak laki-laki dan wanita untuk mendapat informasi serta memperoleh aksebilitas yang aman, efektif, terjangkau baik secara ekonomi maupun budaya.
  • Hak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai sehingga wanita memiliki peluang untuk menjalani proses kehamilan secara aman dan nyaman.

Pengertian Kesehatan Reproduksi


Ada beberapa faktor yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan repoduksi yaitu :
  • Faktor sosial-ekonomi dan demografi terutama masalah kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan ketidaktahuan tentang perkembangan seksual dan proses reproduksi, serta lokasi tempat tinggal yang terpencil. 
  • Faktor budaya dan lingkungan, misalnya  praktek tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi, kepercayaan banyak anak banyak rejeki dan informasi tentang fungsi reproduksi yang membingungkan karena saling berlawanan satu dengan yang lain. 
  • Faktor psikologis, misalnya dampak pada keretakan orang tua, depresi karena ketidakseimbangan hormonal dan juga rasa tidak berharga wanita pada pria yang membeli kebebasannya secara materi.
  • Faktor biologis, seperti cacat sejak lahir dan cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual.
Itulah sedikit pengertian kesehatan reproduksi dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi yang mungkin berguna bagi pembaca setia blog tips kesehatan.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Reproduksi
Back To Top