Kebugaran Jasmani

Definisi, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Pneumonia


Pneumonia adalah kondisi peradangan paru-paru yang mempengaruhi kantung udara mikroskopis yang dikenal sebagai alveoli.  Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan mikroorganisme lainnya,  obat-obatan tertentu dan kondisi lain seperti penyakit autoimun.

Tanda-tanda dan gejala umum diantaranya batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas. Alat diagnostik yang digunakan diantaranya x-ray dan pengambilan kultur dahak. Vaksin untuk mencegah beberapa jenis pneumonia ini sekarang sudah tersedia. Pengobatannya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Pneumonia yang diduga akibta bakteri bisa diobati dengan antibiotik. Jika pneumonianya parah, orang yang terkena umumnya harus dirawat di rumah sakit.

Pneumonia telah menjangkiti sekitar 450 juta orang di seluruh dunia per tahun, tujuh persen dari populasi, dan sekitar 4 jutaan akhirnya mengalami kematian, terutama di negara-negara berkembang. Meskipun pneumonia dianggap oleh William Osler di abad ke-19 sebagai "pemimpin kematian" namun munculnya terapi antibiotik dan vaksin di abad ke-20 ini telah melihat ada perbaikan dalam daya tahan hidup. Namun demikian, di negara-negara berkembang, khususnya pada orang yang sangat tua, yang sangat muda, dan sakitnya kronis, pneumonia masih merupakan penyebab utama kematian.

Ciri ciri dan gejala pneumonia

Orang yang terkena infeksi pneumonia sering mengalami batuk- produktif, demam disertai menggigil, sesak napas, nyeri dada yang menusuk ketika bernapas dalam-dalam, dan peningkatan laju pernapasan. Pada orang tua, kebingungan mungkin merupakan tanda yang paling menonjol. Adapun tanda-tanda yang khas dan gejala pada anak balita adalah demam, batuk, dan cepat atau sulit bernapas.

Demam tidak spesifik, seperti halnya yang terjadi pada banyak penyakit umum lainnya, bahkan mungkin tidak terlihat pada mereka yang punya penyakit berat, kekurangan gizi atau pada orang tua. Selain itu, batuk pun sering tidak nampak pada anak-anak yang berusia kurang dari 2 bulan. Tanda dan gejala yang lebih parah diantaranya kulit biru-biruan, penurunan rasa haus, kejang, muntah terus-menerus, temperatur yang ekstrem, atau penurunan tingkat kesadaran.

Kasus bakteri dan virus pneumonia biasanya timbul dengan gejala yang sama. Beberapa penyebab memang terkait dengan terapi karakteristik klinis klasik, tetapi tidak spesifik. Pneumonia yang disebabkan oleh Legionella dapat terjadi dengan munculnya sakit perut, diare, atau kebingungan, sementara pneumonia yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dikaitkan dengan dahak berwarna karat,  dan pneumonia yang disebabkan oleh Klebsiella mungkin memiliki dahak berdarah . Dahak berdarah atau dikenal juga sebagai hemoptisis dapat juga terjadi pada TB, pneumonia gram-negatif, dan abses paru-paru serta lebih sering dijumpai pada bronkitis akut. Pneumonia mycoplasma  dapat terjadi bersama dengan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, nyeri sendi, atau infeksi telinga tengah. Pneumonia viral  menyajikan lebih umum disertai dengan mengi daripada pneumonia bakteri. Pneumonia secara historis dibagi menjadi "khas" dan "atipikal" didasarkan pada aspek yang diduga.  Namun, bukti tidak mendukung perbedaan ini, sehingga tidak lagi ditekankan.


Definisi, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Pneumonia


Penyebab penyakit pneumonia

Pneumonia terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan juga oleh jamur dan parasit. Meskipun ada lebih dari 100 strain agen infeksi yang sudah diidentifikasi, hanya sedikit yang bertanggung jawab pada sebagian besar kasus. Infeksi campuran karena virus dan bakteri dapat terjadi sampai dengan 45% dari infeksi pada anak-anak dan 15% dari infeksi pada orang dewasa. Agen penyebabnya tidak dapat diisolasi pada sekitar setengah dari kasus meskipun pengujian dilakukan secara berhati-hari.

Istilah pneumonia  kadang-kadang lebih luas diterapkan untuk kondisi apapun yang mengakibatkan radang paru-paru (yang disebabkan misalnya oleh penyakit autoimun, luka bakar kimia atau reaksi obat). Namun, peradangan ini lebih akurat disebut sebagai pneumonitis.


Kondisi dan faktor-faktor risiko yang mempengaruhi pneumonia diantaranya merokok, immunodeficiency, alkoholisme, penyakit paru obstruktif kronik, asma, penyakit ginjal kronis, dan penyakit hati. Penggunaan asam penekan obat seperti inhibitor pompa proton atau H2 blocker ternyata dikaitkan dengan peningkatan risiko pneumonia. Risiko juga meningkat pada usia tua.

Diagnosa

Pneumonia biasanya didiagnosis berdasarkan kombinasi tanda-tanda fisik dan rontgen dada. Namun, penyebab bisa sulit untuk didiagnosa, karena tidak ada tes definitif yang bisa membedakan antara bakteri dan non-bakteri. Organisasi Kesehatan Dunia telah mendefinisikan pneumonia pada anak secara klinis berdasarkan batuk atau kesulitan bernapas dan tingkat pernapasan yang cepat,  atau penurunan tingkat kesadaran. Tingkat pernapasan cepat didefinisikan jika lebih besar dari 60 napas per menit pada anak-anak di bawah usia 2 bulan, 50 napas per menit pada anak-anak berusia 2 bulan sampai 1 tahun, atau lebih besar dari 40 napas per menit pada anak-anak berusia 1 sampai 5 tahun.


Secara umum, pada orang dewasa, penyelidikan tidak diperlukan ketika kasusnya ringan.  Ada risiko yang sangat rendah dari pneumonia jika semua tanda-tanda vital dan auskultasi kelihatan normal. Pada orang yang membutuhkan rawat inap, oksimetri pulsa, radiografi dada dan tes darah, termasuk jumlah darah lengkap, elektrolit serum, tingkat protein C-reaktif, dan tes fungsi hati, sangat direkomendasikan untuk dijalankan. Diagnosis seperti pada penyakit influenza dapat t terlihat berdasarkan tanda-tanda dan gejalanya. Namun, konfirmasi infeksi influenza membutuhkan pengujian. Dengan demikian, pengobatan sering didasarkan pada adanya influenza atau tes influenza cepat.

Pencegahan penyakit pneumonia pada anak

Pencegahan bisa dilakukan melalui vaksinasi, tindakan lingkungan dan perawatan yang tepat dari masalah kesehatan lainnya  Hal ini diyakini bahwa, jika langkah-langkah pencegahan yang tepat dilembagakan secara global, maka angka kematian di kalangan anak-anak bisa dikurangi sampai dengan 400.000 orang,  dan jika perawatan yang tepat juga tersedia secara universal, maka kematian anak bisa berkurang sampai dengan 600.000 orang.

Pengelolaan dan pengobatan pneumonia 

Antibiotik oral, istirahat, analgesik sederhana, dan cairan yang cukup bisa untuk resolusi lengkap. Namun, orang-orang dengan kondisi medis lainnya, orang tua, atau orang-orang yang kesulitan bernapas, mungkin memerlukan perawatan yang lebih lanjut. Jika gejala memburuk, pneumonia tidak bisa diatasi dengan pengobatan di rumah, atau jika terjadi komplikasi, maka rawat inap mungkin diperlukan. Di seluruh dunia, sekitar 7-13% kasus pneumonia pada anak-anak mengakibatkan harus rawat inap,  sedangkan di negara maju antara 22 dan 42% dari orang dewasa penderita pneumonia, harus dirawat.  Skor CURB-65  berguna untuk menentukan kebutuhan perawatan inap pada orang dewasa. Jika skor 0 atau 1, orang biasanya dapat dikelola di rumah,  jika skor 2, rumah sakit atau tindak lanjut diperlukan; jika skornya 3-5, rawat inap dianjurkan. Pada anak-anak dengan pernapasan tertekan atau oksigen saturasi kurang dari 90%, maka harus dirawat di rumah sakit.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Penyakit
Back To Top