Kebugaran Jasmani

Ciri Ciri Sakit Demam Berdarah


Fakta Demam Berdarah

  • Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk.
  • Gejalanya diantaranya sendi parah dan nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, demam, kelelahan, dan ruam. Adanya demam, ruam, dan sakit kepala  adalah karakteristik dari demam berdarah.
  • Demam dengue ini lazim terjadi di daerah tropis dan subtropis.
  • Karena demam dengue disebabkan oleh virus, maka tidak ada obat tertentu atau antibiotik untuk mengobatinya. Untuk demam berdarah, pengobatan diarahkan terhadap penurunan gejala (pengobatan simtomatik).
  • Fase akut penyakit dengan demam dan nyeri otot berlangsung sekitar satu hingga dua minggu.
  • Demam berdarah dengue (DBD) adalah sindrom tertentu yang cenderung mempengaruhi anak-anak di bawah usia 10 tahun. Hal ini menyebabkan sakit perut, perdarahan, dan syok.
  • Pencegahan demam berdarah memerlukan kontrol atau pemberantasan nyamuk yang membawa virus penyebab demam berdarah.
  • Vaksin pertama untuk demam berdarah tersedia pada bulan Desember 2015 dan telah disetujui untuk digunakan di daerah dengue-endemik di Meksiko, Filipina, dan Brasil.

Ciri Ciri Sakit Demam Berdarah


Apa itu demam berdarah ?

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk. Ini termasuk penyakit akut mendadak yang biasanya diikuti gejala seperti sakit kepala, demam, kelelahan, otot parah dan nyeri sendi, pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati), dan ruam. Kehadiran demam, ruam gatal, dan sakit kepala adalah karakteristik dari dengue. Tanda-tanda lain dari demam berdarah adalah gusi berdarah, sakit parah di belakang mata, dan telapak tangan dan telapak kaki berwarna merah.

Dengue dapat menyerang siapa saja tetapi cenderung lebih gampang menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena disebabkan oleh salah satu dari lima serotipe virus dengue, maka mungkin bisa saja mengalami demam berdarah beberapa kali. Namun, serangan demam berdarah bisa menghasilkan kekebalan untuk seumur hidup untuk yang serotipe virus tertentu yang mengenai pasien.

Korban demam berdarah sering memiliki sebutan lain tergantung gejalanya. Karena sakit sendi yang intens, otot, dan nyeri tulang, maka demamnya dinamakan breakbone. Budak di Hindia Barat yang terjangkit DBD dikatakan demam dandy karena postur dan gaya berjalan mereka.

Gejala demam berdarah dengue diantaranya sakit kepala, demam, ruam, dan perdarahan di dalam tubuh. Petechiae (kecil bintik-bintik merah atau bercak-bercak ungu atau lecet di bawah kulit), perdarahan di hidung atau gusi, tinja berwarna hitam, atau mudah memar adalah semua tanda-tanda kemungkinan terjadinya perdarahan. Bentuk demam berdarah dapat mengancam jiwa dan dapat berkembang menjadi bentuk yang paling parah dari yakni penyakit dengue shock syndrome.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Demam Berdarah
Back To Top