Kebugaran Jasmani

Penyebab Kanker Serviks


Penyebab kanker serviks - Kanker serviks terjadi jika sel-sel abnormal pada leher rahim tumbuh di luar kendali. Leher rahim adalah bagian bawah rahim yang terbuka menuju ke dalam vagina. Kanker serviks bisa diobati ketika terdeteksi lebih awal. Caranya biasanya melalui tes Pap.

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Tapi di Amerika Serikat dan negara-negara lain di mana proses skrining kanker serviks selalu rutin dilakukan, kanker ini bukan penyakit nomor 1.

Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh virus yang disebut human papillomavirus atau HPV. Anda bisa terkena HPV jika melakukan kontak seksual dengan seseorang yang memilikinya. Ada banyak jenis virus HPV. Tidak semua jenis HPV bisa menyebabkan kanker serviks karena ada yang menyebabkan kutil kelamin, tetapi jenis lain mungkin tidak menimbulkan gejala apapun.

Kebanyakan orang dewasa telah terinfeksi HPV dalam waktu yang telah lama. Infeksi bisa hilang sendiri. Tapi kadang-kadang dapat menyebabkan kutil kelamin atau menyebabkan kanker serviks. Itulah mengapa penting bagi wanita untuk memiliki melakukan Pap Smear secara teratur. Tes Pap dapat menemukan perubahan yang terjadi pada sel leher rahim sebelum berubah menjadi kanker. Jika Anda mengetahui perubahan sel ini, Anda dapat segera mencegah kanker serviks.

Perubahan sel serviks yang abnormal jarang menimbulkan gejala. Tapi mungkin akan memperlihatkan gejala jika perubahan-perubahan sel tumbuh menjadi kanker serviks. Gejala kanker serviks meliputi:

  • Perdarahan dari vagina yang tidak normal, seperti perdarahan antara periode menstruasi, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.
  • Nyeri di perut bagian bawah atau panggul.
  • Nyeri saat berhubungan seks.
  • Keputihan yang tidak normal.

Ketika melakukan tes Pap, dokter akan menggores sampel kecil dari sel-sel dari permukaan leher rahim untuk mencari perubahan sel. Jika tes Pap menunjukkan perubahan sel yang abnormal, dokter mungkin melakukan tes lain untuk mencari sel-sel prakanker atau kanker pada leher rahim Anda.

Dokter Anda mungkin juga melakukan tes Pap dan mengambil sampel jaringan (biopsi) jika Anda memiliki gejala kanker serviks, seperti perdarahan setelah berhubungan seks.

Pengobatan untuk sebagian besar tahapan kanker serviks meliputi:

  • Operasi, seperti histerektomi dan pengangkatan kelenjar getah bening panggul dengan atau tanpa pengangkatan kedua ovarium dan tuba fallopi.
  • Kemoterapi.
  • Terapi radiasi.

Tergantung pada seberapa banyak kanker telah tumbuh, Anda mungkin memiliki satu atau lebih perawatan. Dan Anda mungkin memiliki kombinasi perawatan. Jika Anda memilih histerektomi, Anda tidak akan dapat memiliki anak lagi. Tapi histerektomi tidak selalu diperlukan, terutama ketika kanker ditemukan lebih dini.

Setelah mengetahui jika Anda memiliki kanker, maka harus mengubah pola hidup Anda. Anda mungkin merasa dunia seperti telah terbalik dan Anda telah kehilangan semua kontrol. Berbicaralah dengan keluarga, teman, atau konselor yang benar-benar dapat membantu.

Tes Pap adalah cara terbaik untuk menemukan perubahan sel serviks yang dapat menyebabkan kanker serviks. Lakukan Pap Smear secara teratur untuk mengetahui adanya perubahan sel ini sebelum mereka berubah menjadi kanker. Sangat penting untuk menindaklanjutinya pada dokter Anda setelah melakuikan tes Pap yang abnormal sehingga Anda dapat mengobati perubahan sel abnormal itu sehingga hal ini dapat membantu mencegah kanker serviks.

Jika Anda berusia 26 atau lebih muda, Anda bisa mendapatkan vaksin HPV, yang melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Virus yang menyebabkan kanker serviks menyebar melalui kontak seksual. Cara terbaik untuk menghindari infeksi menular seksual adalah tidak berhubungan seks. Namun jika Anda ingin kebelet seks, praktekkanlah seks aman, seperti menggunakan kondom dan membatasi jumlah mitra seks.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : kanker
Back To Top