Kebugaran Jasmani

Manfaat Jus Jambu Biji untuk Diet


Manfaat jambu biji untuk kesehatan diantaranya untuk pengobatan diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan dan penyakit kudis.

Anda mungkin telah merasakan bagaimana lezatnya buah ini atau setidaknya pernah melihat atau mendengar tentang jambu biji. Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, tapi semakin tersedia di negara barat, terutama karena banyak manfaat untuk kesehatan yang mulai terungkap. Jambu biji berbentuk buah pir agak bulat dengan warna kulitnya hijau muda, kuning, atau merah marun apabila sudah matang. Jambu biji memiliki daging putih atau merah marun dengan banyak biji kecil yang sulit dikunyah. Jambu biji bisa dimakan mentah langsung ketika sudah matang atau setengah matang atau biasa juga dimakan dalam bentuk jus, selai dan jeli.

Buah populer ini adalah sumber nutrisi. Jika ada pepatah tradisional mengatakan bahwa "Mengkonsumsi satu buah apel sehari akan membuat dokter pergi"  maka peribahasa tersebut mungkin berubah menjadi "Mengkonsumsi beberapa jambu biji akan membuat dokter pergi untuk setahun. Nama ilmiah jambu biji adalah Psidium Guajava.

Selain itu, yang membuat jambu biji  istimewa adalah bahwa buah ini tidak memerlukan penggunaan pestisida kimia berlebihan seperti dalam buah anggur, apel, dan lainnya.


Manfaat Jus Jambu Biji untuk Diet


Manfaat  jambu biji untuk kesehatan

Beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan ini sangat  mengejutkan dan bisa dilihat di bawah ini.

Menurunkan berat badan
Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat. Jambu biji sangat tinggi serat dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, tetapi tidak memiliki kolesterol dan sangat rendah karbohidrat. Jambu biji adalah makanan ringan yang cepat mengisi perut. Jambu biji juga memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu sebagai menu makan siang Anda maka Anda tidak akan merasa lapar lagi sampai malam. Hal ini tentu dapat membantu badan menjadi ramping. Apabila dikonsumsi dalam bentuk jus, maka jus jambu ini berfungsi sebagai jus pembakar lemak.

Mengobati diabetes
Jambu biji juga dapat membantu pasien yang menderita diabetes. Tingginya serat dalam jambu biji akan membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

Meningkatkan kesehatan mata
Jambu biji merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, yang dikenal sebagai pendorong untuk kesehatan mata. Dengan demikian, hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan masalah kesehatan mata umumnya. Jadi,  tidak hanya dapat mencegah degradasi penglihatan, tetapi juga untuk peningkatan penglihatan setelah daya pandang mulai menurun.

Mencegah kanker
Salah satu manfaat paling terkenal dan penting menambahkan jambu biji untuk diet Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang efek jambu ini terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Minyak daun jambu biji ternyata diakui sebagai zat anti-proliferasi, dan telah terbukti lebih efektif daripada obat-obatan modern yang terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu biji juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang telah terbukti sangat efisien dalam mengurangi risiko kanker prostat. Bahwa antioksidan yang sama juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meskipun percobaan manusia masih perlu dilakukan.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, empat kali lebih tinggi dari kandungan vitamin C yang ditemukan dalam jeruk sehingga memberikan sistem kekebalan tubuh yang cukup besar (antioksidan). Antioksidan adalah garis utama pertahanan terhadap proliferasi radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama dari kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, menambahkan jambu untuk menu Anda, akan membantu Anda tetap sehat dan bebas kanker.

Mengobati kudis
Jambu dapat mengalahkan buah-buahan lainnya termasuk jeruk dalam hal konsentrasi vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, dan asupan vitamin C adalah satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit berbahaya.

Mengobati diare dan disentri 
Jambu biji sangat kaya astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau menggunakan pasta gigi berbahan jambu, maka mulut terasa lebih sehat, dan astringent juga dapat mengurangi gejala diare. Astringent ini adalah alkali di alam dan memiliki desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu untuk menyembuhkan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra dari usus. Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan kalium, akan memperkuat sistem pencernaan sekaligus desinfektan. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis untuk alasan yang sama seperti dinyatakan di atas.

Untuk kesehatan tiroid
Jambu biji merupakan sumber tembaga, yang merupakan bagian penting dalam mengatur metabolisme tiroid dengan membantu untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan Anda.

Mengobati sembelit
Jambu biji merupakan buah yang terkaya akan serat. Bijinya, jika tertelan utuh atau dikunyah, akan menjadi pencahar yang sangat baik. Sifat jambu membantu pembentukan gerakan usus yang sehat, dan membantu tubuh dalam mempertahankan air dan pembersihan usus dan sistem ekskresi  secara tuntas. Dikatakan bahwa sembelit saja dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, sehingga mengobati sembelit akan menguntungkan. kesehatan secara total terutama yang ada hubungannya dengan pencernaan dan ekskresi.

Untuk kesehatan otak
Manfaat  yang luar biasa lainnya dari jambu biji adalah adanya vitamin B3 dan B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang penting untuk fungsi otak dan saraf. Oleh karena itu, makan jambu biji dapat membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam fokus dalam berfikir.

Mengobati batuk dan demam
Jus jambu biji mentah dan belum matang atau rebusan daun jambu biji sangat membantu dalam mengurangi batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, desinfektan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi diantara buah-buahan lainnya, dan keduanya terbukti mencegah flu dan infeksi virus. Namun. jambu biji matang harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk dan demam, karena dapat memperburuk masalah, dan kita juga harus menghindari minum air secara tiba-tiba setelah makan jambu biji karena dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Untuk perawatan kulit
Jambu biji dapat meningkatkan tekstur kulit Anda dan membantu Anda terhindar dari masalah kulit. Hal ini terutama karena banyaknya kandungan astringents dalam buah (banyak terdapat dalam jambu biji yang belum matang) dan daunnya. Kulit Anda bisa mendapatkan keuntungan yang baik dengan makan buah ini karena bisa membantu mengencangkan otot-otot kulit. Selain astringents, jambu biji sangat kaya akan vitamin A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik dan detoxifiers, yang menjaga kulit Anda bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput dan gangguan kulit lainnya.

Mengobati tekanan darah tinggi
Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) bisa menambah tekanan darah, karena cepat mengkonversi menjadi gula. Jambu biji sangat kaya serat dan hipoglikemik di alam sehingga membantu mengurangi tekanan darah.

Sesungguhnya ada begitu banyak manfaat jambu biji untuk kesehatan, namun untuk sementara, itulah yang bisa Saya haturkan buat Anda semua, semoga bermanfaat. Selanjutnya baca : fungsi tes kebugaran jasmani

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Back To Top