Kebugaran Jasmani

Obat Sakit Gigi Alami


Sakit gigi adalah di bagian atas dari daftar penyakit yang menyebabkan orang tak bisa tertawa, tetapi ada beberapa solusi obat sakit gigi alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Gigi berlubang sering menyebabkan sakit gigi, dan gigi berlubang ini oleh bakteri dalam mulut yang berkembang akibat makanan bergula dan bertepung yang melekat pada gigi dan gusi. Bakteri menghasilkan asam yang merusak gigi Anda, dan ketika kerusakan mencapai saraf, itulah klimaknya penderitaan. Namun bisa ada penyebab lain seperti gigi lepas, gigi retak, abses (kantong infeksi di gusi ), atau kondisi sinus. Infeksi yang mencapai akar gigi pasti menimbulkan rasa sakit.

Sakit gigi biasanya berdenyut yang menyiksa, tetapi jika pergi ke dokter gigi yang ahli, maka rasa sakitnya akan berumur pendek. Jika Anda tidak bisa pergi ke dokter dengan segera, Anda dapat pergi ke apotek untuk mencari gel penghilang rasa sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit yang umum, Anda juga dapat memakai aspirin atau acetaminophen (Tylenol) dan mencoba pendekatan berikut.


Obat Sakit Gigi Alami


Solusi alami untuk sakit gigi

  • Oleskan sedikit minyak cengkeh langsung pada gigi yang sakit. Minyak cengkeh memiliki sifat yang luar biasa dalam membunuh bakeri dan juga memiliki efek mati rasa. Kita tahu bahwa ekstrak ini berasal dari tunas cengkeh yang mengandung eugenol, yang bertindak sebagai anestesi lokal. Minyak mungkin menyengat pada awalnya, tapi hasilnya akan membuat penderita bahagia.
  • Anda bisa mendapatkan efek mati rasa yang sama dari bagian cengkeh lainnya. Coba simpan beberapa butir cengkeh di mulut Anda, biarkan terbasahi sampai melunak, memarkan/gigit sedikit di antara geraham untuk mengeluarkan minyaknya, kemudian simpan bagian yang telah melunak pada gigi yang sakit sampai setengah jam.
  • Jika Anda tidak memiliki cengkeh, buatlah pasta dari jahe bubuk dan lada merah (cayenne). Tuang bahan tadi di bagian bawah cangkir, kemudian tambahkan setetes atau dua tetes air untuk membuat pasta. Gulung bola kapas ke dalam pasta dan letakkan di gigi yang sakit. (Ini dapat mengiritasi gusi, sehingga kapas harus diletakaan pas pada gigi.) Selain menggunakan campuran rempah-rempah tadi, Anda dapat mencobanya satu-satu secara terpisah. Salah satu dapat membantu meringankan sakit gigi.
  • Bilas mulut Anda dengan tingtur mur. Efek astringentnya membantu menyembuhkan peradangan, dan mur menawarkan manfaat tambahan dalam membunuh bakteri. Didihkan 1 sendok teh mur bubuk dalam 2 gelas air selama 30 menit. Saring dan biarkan dingin. Bilaslah gigi dengan 1 sendok teh larutan dalam air setengah cangkir 5-6 kali sehari.
  • Teh Peppermint memiliki rasa yang baik dan punya kekuatan mematikan. Masukan 1 sendok teh daun peppermint kering dalam 1 cangkir air dan didihkan selama 20 menit. Setelah teh mendingin, kumur-kumur di dalam mulut, kemudian meludahkannya atau menelan. Ulangi sesering mungkin.
  • Untuk membantu membunuh bakteri dan menghilangkan ketidaknyamanan, kumur-kumur dengan seteguk 3% larutan hidrogen peroksida. Hal ini dapat menjadi obat sementara jika sakit gigi disertai dengan demam dan bau busuk dalam mulut (tanda-tanda infeksi), tapi seperti obat sakit gigi lainnya, itu hanya tindakan sementara sampai Anda pergi ke dokter gigi dan mengobati sumber infeksi dengan obat sakit gigi berlubang resep dokter. Larutan hidrogen peroksida hanya digunakan untuk membilas, lalu bilas beberapa kali dengan air biasa.
  • Aduk satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan bilas hingga 30 detik sebelum Anda meludahkannya. Air garam membersihkan daerah sekitar gigi dan mengeluarkan cairan yang menyebabkan pembengkakan. Ulangi perawatan ini sesering mungkin.
  • Tempatkan es batu kecil di kantong plastik, bungkus dengan kain tipis dan menerapkannya pada gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf. Atau, bisa juga disimpan di pipi Anda, selama gigi sakit.
  • Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.  Jika Anda memiliki masalah dengan menyusutnya gusi, pasta gigi ini bisa meringankan rasa sakit yang mungkin dialami akibat memakan makanan panas atau dingin. Ketika gusi menyusut, maka dentin di bawah permukaan enamel gigi Anda terkena, dan bahan ini sangat sensitif.
  • Beralih ke sikat berbulu lembut dapat membantu melestarikan jaringan gusi dan mencegah lebih menyusut lagi.
  • Jika gigi telah rusak atau berlubang, Anda dapat meredakan rasa sakit dengan menutup area yang terkena dengan permen karet lunak. Untuk menghindari ketidaknyamanan lebih lanjut, hindari mengunyah apa pun dengan gigi sampai gigi Anda diperbaiki.
  • Cobalah teknik akupresur untuk menghentikan sakit gigi dengan cepat. Dengan ibu jari Anda, tekan titik di punggung tangan Anda yang lain sekitar pangkal ibu jari di sela-sela antara jari telunjuk. Lakukan tekanan selama sekitar dua menit. Hal ini membantu memicu pelepasan endorfin, hormon penyebab rasa senang.

Pengobatan rumah ini dapat memberikan bantuan sementara, tetapi dokter gigi Anda perlu melakukan beberapa eksplorasi dan mencari tahu apa yang menyebabkan sakit gigi ini. Kemungkinannya, Anda memiliki masalah yang memerlukan pengobatan. Jika Anda tidak mengetahui apa yang menyebabkan sakit, maka itu hanya akan menambah rasa sakit.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : sakit gigi
Back To Top