Kebugaran Jasmani

Ciri Ciri Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening


Ciri ciri atau gejala penderita penyakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma sangat mirip dengan penyakit akibat virus atau pilek, sehingga hal ini dapat menyebabkan diagnosis tertunda.

Perbedaannya adalah gejala penyakit kanker kelenjar getah bening akan bertahan lebih lama setelah terjadinya infeksi virus.

Gejala yang muncul biasanya berupa pembengkakan yang menyakitkan di daerah kelenjar getah bening, bisa di leher atau ketiak. Pembengkakan juga dapat terjadi di daerah pangkal paha dan perut, meskipun tidak setiap orang mengalami pembengkakan pada semua bagian tubuh tersebut.

Anda mungkin sudah akrab dengan tanda ini, karena bagian kelenjar getah bening yang ada di leher bisa menjadi bengkak juga selama Amda terkena flu, tapi pada flu pembengkakan bisa mereda, sedangkan pada kanker, bengkaknya tidak mereda.

Kelenjar yang membesar dapat menekan organ lain seperti tulang dan struktur lain sehingga menyebabkan rasa sakit, tapi rasa sakit ini mirip dengan penyebab penyakit ringan lainnya seperti sakit punggung ringan sehingga membuat limfoma susah didiagnosa.

Siapapun yang mengalami pembengkakan kelenjar dan tidak ujung mereda dalam waktu yang singkat, maka harus segera memeriksakan diri kepada dokter.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan limfatik dan bisa ditemukan di seluruh tubuh, namun pembengkakan pada limfoma bisa terlihat.

Gejala lain yang bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami limfoma meliputi :

  • Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki
  • Kram dan kembung perut
  • Keluar keringat di malam hari
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Gatal
  • Kelelahan atau kekurangan energi
  • Nyeri
  • Kehilangan selera makan
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Pembesaran amandel
  • Sakit kepala
Ciri Ciri Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening
Sumber gambar dari sehatalamiku.com


Gejala nyeri biasanya tidak terlihat pada tahap awal limfoma. Bahkan, pembengkakan dan rasa nyeri pada kelenjar getah bening hampir sama dengan tanda-tanda lain dari infeksi biasa.

Pembengkakan disertai rasa sakit pada kelenjar getah bening merupakan gejala umum pada limfoma, termasuk juga kelemahan dan kelumpuhan jika kelenjar getah bening yang membesar tersebut menekan saraf tulang belakang.

Siapa pun yang mengalami gejala-gejala tersebut harus segera mencari perhatian medis dengan segera. Beberapa orang mungkin juga akan mengalami getah nyeri setelah minum alkohol.

Limfoma adalah jenis kanker yang berasal dalam kelenjar getah bening, tetapi bisa menyebar dengan cepat ke bagian lain dalam tubuh melalui sistem limfatik. Limfosit kanker akan menyebar ke jaringan lain dan ini dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Limfoma dapat mengakibatkan sejumlah gejala lain yang berbeda yang bisa menandakan berbagai kondisi lainnya. Oleh karena itu Anda harus selalu berkonsultasi menanyakan gejala tersebut kepada dokter.

Limfoma Hodgkin adalah sejenis kanker dari limfosit atau sejenis kanker sel darah putih. Kanker jenis ini mempengaruhi kelenjar getah bening sehingga jaringan limfatik terhubung ke seluruh tubuh, dan memudahkan akses untuk sel-sel kanker melakukan perjalanan dari lokasi asli menyebar ke jaringan lain termasuk yang di luar sistem limfatik.

Dalam limfoma Hodgkin, penyebaran ini biasanya terjadi secara berurutan, mempengaruhi  kelenjar getah bening satu demi satu. Dalam limfoma non-Hodgkin, tumor mungkin timbul di kelenjar getah bening yang berbeda dan menyebar secara melompat-lompat.

Itulah beberapa gejala kanker kelenjar getah bening yang bisa Saya sampaikan yang Saya dapat dari laman Medical News Today. Baca juga : cara menyembuhkan kanker kelenjar getah bening.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Kanker Getah Bening
Back To Top