Kebugaran Jasmani

Pengobatan Ewing Sarkoma


Informasi Umum Tentang Ewing Sarkoma

Sekilas tentang Ewing Sarkoma yang Saya ambil dari laman Cancer.
  • Ewing sarkoma adalah jenis tumor yang terbentuk di tulang atau jaringan lunak.
  • Tanda dan gejala Ewing sarkoma diantaranya adanya pembengkakan dan rasa sakit di dekat tumor tersebut.
  • Tes pemeriksaan tulang dan jaringan lunak digunakan untuk mendiagnosa dan mengetahui stadium Ewing sarkoma.
  • Biopsi dilakukan untuk mendiagnosis Ewing sarkoma.
  • Faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi prognosis (kesempatan pemulihan).

Pengertian Ewing sarkoma

Ewing sarkoma adalah jenis tumor yang terbentuk dari jenis  sel tertentu dalam tulang atau jaringan lunak. Ewing sarkoma dapat ditemukan dalam tulang kakitungkai, lengan, kaki, tangan, dada, panggul, tulang belakang, atau tengkorak. Ewing sarkoma juga dapat ditemukan dalam jaringan lunak dari badan, lengan, kaki, kepala dan leher, rongga perut, atau daerah lain. Ewing sarkoma paling sering menyerang remaja.

Ewing sarkoma juga telah disebut tumor peripheral primitive neuroectodermal, tumor Askin (Ewing sarkoma dinding dada), extraosseous Ewing sarcoma (Ewing sarcoma pada jaringan selain tulang), dan keluarga tumor Ewing sarcoma.

Tanda dan gejala Ewing sarkoma 

Ini dalah tanda dan gejala lainnya yang disebabkan oleh Ewing sarkoma atau kondisi lain. Periksalah segera kepada dokter anak Anda jika anak Anda memiliki gejala berikut:
  • Nyeri dan atau pembengkakan, biasanya di lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul.
  • Ada terasa sebuah benjolan (yang mungkin terasa lembut dan hangat) di lengan, kaki, dada, atau panggul.
  • Demam tanpa alasan yang diketahui.
  • Adanya tulang yang memecah tanpa alasan yang diketahui.

Tes pemeriksaan tulang dan jaringan lunak

Prosedur pemeriksaan tulang dan jaringan lunak dan sekitarnya akan membantu mendiagnosa Ewing sarkoma dan menunjukkan seberapa jauh kanker tersebut telah menyebar. Proses yang digunakan untuk mengetahui apakah sel kanker telah menyebar di dalam dan di sekitar tulang dan jaringan lunak disebut stadium.

Untuk merencanakan pengobatan, penting untuk diketahui dimana kanker berada pertama kali terbentuk atau jika telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tes dan prosedur untuk mendeteksi, mendiagnosa, dan fase Ewing sarkoma biasanya dilakukan pada waktu yang sama.

Tes dan prosedur berikut dapat digunakan untuk mendiagnosa fase Ewing sarkoma:

Pemeriksaan fisik dan riwayat
Proses uji tubuh untuk memeriksa tanda-tanda kesehatan secara umum, termasuk memeriksa tanda-tanda penyakit, seperti adanya gumpalan atau hal lain yang tampaknya tidak biasa. Riwayat kesehatan pasien dan penyakit masa lalu dan perawatan juga akan digunakan sebagai data.

MRI (Magnetic Resonance Imaging)
Sebuah prosedur pemeriksaan yang menggunakan magnet, gelombang radio, dan komputer untuk membuat serangkaian gambar detail dari bagian dalam tubuh, seperti daerah di mana tumor terbentuk. Prosedur ini juga disebut nuklir magnetic resonance imaging (NMRI).


Pengobatan Ewing Sarkoma


CT scan 
Sebuah prosedur membuat serangkaian gambar detail dari bagian dalam tubuh, seperti daerah di mana tumor terbentuk atau dada, yang diambil dari sudut yang berbeda. Gambar-gambar dibuat oleh komputer yang terhubung ke mesin x-ray. Sebuah pewarna mungkin disuntikkan ke pembuluh darah atau ditelan untuk membantu organ-organ atau jaringan muncul lebih jelas. Prosedur ini juga disebut tomografi komputer, computerized tomography, atau komputerisasi aksial tomografi.



PET scan (positron emission tomography scan)
Suatu prosedur untuk menemukan sel-sel tumor ganas dalam tubuh. Sejumlah kecil glukosa radioaktif (gula) disuntikkan ke pembuluh darah. PET scanner berputar di sekitar tubuh dan membuat gambar di mana glukosa sedang digunakan dalam tubuh. Sel-sel tumor ganas muncul terang dalam gambar karena mereka lebih aktif dan mengambil lebih banyak glukosa dibandingkan sel normal. Scan PET dan CT scan sering dilakukan pada waktu yang sama. 




Bone scan 
Sebuah prosedur untuk memeriksa apakah ada pertumbuhan sel-sel dengan cepat seperti sel-sel kanker dalam tulang. Sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke pembuluh darah dan berjalan melalui aliran darah. Bahan radioaktif mengumpul di tulang dengan kanker dan dideteksi oleh scanner.



Aspirasi tulang sumsum dan biopsi
Pengangkatan sumsum tulang dan sepotong  tulang kecil dengan memasukkan jarum ke dalam tulang pinggul. Sampel dikeluarkan dari kedua tulang pinggulnya. Seorang ahli patologi memperhatikan sumsum tulang dan tulang di bawah mikroskop untuk melihat apakah kanker telah menyebar.

Sinar X
Sinar X adalah jenis energi yang dapat melewati tubuh dan membentuk film, membuat gambar dari bagian dalam tubuh, seperti dada atau daerah dimana tumor terbentuk.

Hitung darah lengkap (CBC)
Sebuah prosedur di mana sampel darah diambil dan diperiksa. Yang dicek adalah jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit, jumlah hemoglobin (protein pengangkut oksigen) dalam sel darah merah.

Studi kimia darah
Sebuah prosedur di mana sampel darah diperiksa untuk mengukur jumlah zat tertentu, seperti laktat dehidrogenase (LDH), dilepaskan ke darah oleh organ dan jaringan dalam tubuh. Jumlah yang tidak biasa (lebih tinggi atau lebih rendah dari jumlah normal) dari suatu zat, bisa menjadi tanda adanya penyakit.


Mendiagnosis Ewing sarkoma dengan biopsi

Sampel jaringan dikeluarkan selama biopsi sehingga mereka dapat dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi untuk memeriksa tanda-tanda kanker. Hal ini akan membantu jika biopsi dilakukan pada pusat yang sama di mana pengobatan akan diberikan.
  • Biopsi jarum. Untuk biopsi jarum, jaringan akan diambil menggunakan jarum. Jenis biopsi jarum dapat dilakukan jika memungkinkan untuk membuang sampel jaringan yang cukup besar yang untuk digunakan untuk pengujian.
  • Biopsi insisi: Untuk biopsi insisi, sampel jaringan akan diambil melalui sayatan di kulit.
  • Biopsi eksisi: Pengangkatan seluruh benjolan atau area dari jaringan yang tidak terlihat normal.
Spesialis (ahli patologi, ahli onkologi radiasi, dan ahli bedah) yang akan memperlakukan pasien biasanya bekerja sama untuk memutuskan di mana jarum harus ditempatkan atau sayatan biopsi harus dilakukan. Hal ini dilakukan agar biopsi tidak mempengaruhi pengobatan di kemudian hari seperti pembedahan untuk mengangkat tumor atau terapi radiasi.

Jika ada kesempatan bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, satu  kelenjar getah bening atau lebih dapat dibuang dan diperiksa untuk mengetahui tanda-tanda kanker.

Tes berikut ini dapat dilakukan pada jaringan yang dibuang:
  • Analisis sitogenetik: Sebuah uji laboratorium di mana sel-sel dalam sampel jaringan dilihat di bawah mikroskop untuk melihat perubahan tertentu dalam kromosom.
  • Imunohistokimia: Sebuah tes yang menggunakan antibodi untuk memeriksa antigen tertentu dalam sampel jaringan. Antibodi biasanya terkait dengan zat radioaktif atau pewarna yang menyebabkan jaringan menerangi di bawah mikroskop. Jenis tes dapat digunakan untuk membedakan antara berbagai jenis kanker.
  • Arus cytometry: Sebuah uji laboratorium yang mengukur jumlah sel-sel dalam sampel, persentase sel hidup dalam sampel, dan karakteristik tertentu dari sel, seperti ukuran, bentuk, dan kehadiran penanda tumor pada permukaan sel. Sel-sel yang diwarnai dengan pewarna sensitif cahaya, ditempatkan dalam cairan, dan dilewatkan dalam aliran sebelum laser atau jenis cahaya. Pengukuran didasarkan pada bagaimana pewarna peka cahaya bereaksi terhadap cahaya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan pemulihan

Faktor-faktor yang mempengaruhi prognosis (kesempatan pemulihan), berbeda sebelum dan setelah pengobatan.

Sebelum pengobatan, prognosis tergantung pada:
  • Apakah tumor telah menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh yang jauh.
  • Di sebelah mana tumor mulai tumbuh.
  • Apakah tumor terbentuk di tulang atau jaringan lunak.
  • Berapa besar tumor di saat tumor didiagnosis.
  • Apakah tingkat LDH dalam darah lebih tinggi dari normal.
  • Apakah tumor memiliki perubahan gen tertentu.
  • Apakah usia anak lebih muda dari 15 tahun.
  • Jenis kelamin pasien
  • Apakah anak telah melakukan pengobatan untuk kanker yang berbeda sebelum Ewing sarcoma.
  • Apakah tumor baru saja didiagnosis atau sudah berulang (kembali).
Setelah pengobatan, prognosis dipengaruhi oleh:
  • Apakah tumor itu benar-benar dihilangkan dengan operasi.
  • Apakah tumor merespon kemoterapi atau terapi radiasi.
Jika kanker berulang setelah pengobatan awal, prognosis tergantung pada:
  • Apakah kanker datang kembali lebih dari dua tahun setelah pengobatan awal.
  • Di mana letak tumor kembali.
  • Jenis pengobatan awal yang diberikan.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : kanker
Back To Top