Kebugaran Jasmani

Penyebab Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya


Apa penyebab terjadinya penyakit asam lambung dan bagaimana cara mengatasinya ? Itulah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang mengalami sakit asam lambung.

Menurut laman Alo Dokter, penyebab sakit asam lambung adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati dan rasa panas terbakar pada dada.

Kita tahu bahwa kerongkongan adalah media saluran cerna antara mulut dan lambung. Di bagian bawah kerongkongan ada semacam pintu otomatis atau katup yang bertugas membuka dan menutup. Katup itu akan membuka apabila ada makanan atau minuman yang masuk ke lambung dan segera menutup kembali untuk mencegah naiknya atau masuknya apa yang ada di dalam lambung ke atas atau ke kerongkongan. Di dalam lambung sendiri terdapat asam lambung dan makanan.

Jika saja pintu itu mengalami kerusakan, maka otomatis dia tidak akan menutup sempurna ketika ada makanan masuk sehingga asam lambung yang ada di lambung berpeluang ke luar dan masuk ke area kerongkongan. Kondisi yang tidak normal inilah yang dinamakan penyakit asam lambung.

Penyebab utama terjadinya ketidaknormalan pada pintu otomatis tersebut adalah kelebihan berat badan, banyak mengkonsumsi makanan berlemak serta kondisi hamil. Dengan demikian, untuk mengatasi penyakit asam lambung terebut, haruslah diketahui dengan pasti penyebab asalnya apa, barulah menentukan jenis pengobatannya. Untuk mengetahui penyebab asalnya, dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh dokter, termasuk dengan pemeriksaan endoskopi.

Sebagai contoh, jika penyebab utamanya adalah makanan berlemak, maka cara mengatasinya adalah dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan beralih ke makanan dengan nutrisi gizi yang tinggi dan sehat. Jika karena berlebihan berat badan, maka tentunya harus melakukan pembatasan makanan dengan melakukan diet dan memilih makanan bergizi atau bernutrisi tinggi.


Penyebab Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya


Jika saja cara mengatasi asam lambung dengan pembatasan makanan masih tak bisa membuahkan hasil, maka tidak ada cara lain kecuali harus memakai obat dengan resep dokter tentunya. Jika Anda ingin menggunakan herbal, tetap harus berkonsultasi dahulu dengan ahlinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Memang di internet banyak dijual bebas, obat-obatan khusus untuk mereka yang menderita penyakit asam lambung. Banyak pula tersedia resep untuk membuat obat herbal dari bahan-bahan tradisional khusus untuk penyakit asam lambung, tapi tentunya melakukan konsultasi dahulu dengan ahlinya, akan lebih baik untuk meminimalisir hal-hal yang memang tidak harus terjadi.

Selain dengan cara di atas, mengatasi masalah asam lambung bisa dengan mengurangi kadar asam lambung yang ada di dalam lambung itu sendiri. Kita tahu bahwa asam lambung, bagaimana pun sangat diperlukan untuk mencerna makanan. Semakin banyak yang harus dicerna, maka otomatis asam lambungnya pun akan naik. Jadi agar asam lambungnya tak berlebih, kurangi kerja lambung dengan mengunyah makanan di mulut sampai halus.

Selain itu, beberapa makanan juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu tingginya asam lambung. Makanan pemicu tingginya asam lambung diantaranya adalah makanan pedas, bersoda, rasa masam, berlemak tinggi, kopi dan juga alkohol.

Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang bisa mengontrol asam lambung seperti susu, oatmeal, jahe, lidah buaya, cuka sari apel dan teh chamomile.

Nah, itulah penjelasan umum tentang penyebab penyakit asam lambung beserta cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat buat Anda semua. Jika berkenan, silahkan dishare saja, anggap saja sedekah ilmu.

============================

LAGI PROMO

Kapsul Daun Kelor
Pengurus Badan Flimty Fiber
Gel Diet
Alat Pengecil Perut
Alat Bantu Sit Up
==========================
Tag : Asam Lambung
Back To Top